10 Bangunan Modern di Malang, Dulunya Tempat Apa Ya?

oleh Tetalogi
10:00 AM on Oct 17, 2015

Kota Malang sudah berdiri sejak sebelum zaman penjajahan. Seiring dengan masuknya VOC ke wilayah Malang dalam usahanya untuk menangkap para pemberontak, maka kota ini pun akhirnya dikembangkan menjadi sebuah tempat tinggal yang nyaman mengingat cuaca kotanya yang sejuk.

Baca Juga : Mengulik Sejarah Kota Malang di Era Kolonial

Baca Juga
8 Danau Biru yang Indahnya Bikin Mata Hati Adem Ini Jadi Bukti Kalau Indonesia Memang Kepingan Surga
Uji Nyalimu Dengan Tur Wisata Lokasi Film Pengabdi Setan Plus Praktek Memotret Makhluk Tak Kasat Mata, Berani Ikut?

Nah, karena sudah dibangun sejak zaman dulu, maka tidak heran kalau ada banyak bangunan tua yang masih bisa ditemukan di kota Malang. Yah, meskipun sebagian sudah banyak yang tergantikan oleh bangunan modern sih. Tapi, pernah nggak sih kamu bertanya-tanya beberapa bangunan di kota Malang itu dulunya apa? Berikut ini ulasannya.

1. Rumah Sakit Saiful Anwar

Setelah kemunduran kerajaan Mataram, maka Belanda lewat VOC mulai menguasai kota Malang. Nah, untuk mempertahankan kota Malang, maka didirikanlah sebuah benteng pertahanan atau loji. Dari kata Loji ini kemudian sering pula disebut dengan kelojian. Dari sinilah nama Klojen terbentuk.

Rumah Sakit Saiful Anwar [Image Source]
Rumah Sakit Saiful Anwar ini dulunya adalah benteng Belanda [Image Source]
Benteng pertahanan ini didirikan di tempat yang kini menjadi Rumah Sakit Saiful Anwar atau RSSA di daerah Klojen. Selanjutnya, bangunan ini menjadi rumah sakit militer tentara Belanda dengan nama rumah sakit Celaket.

Rumah sakit Saiful Anwar yang dulunya dibuat rumah sakit militer Belanda
Rumah sakit Saiful Anwar yang dulunya dibuat rumah sakit militer Belanda [imagesource]
Itulah mengapa sampai sekarang masih banyak yang menyebut rumah sakit ini sebagai Celaket. Pada masa penjajahan Jepang, rumah sakit ini diambil alih oleh Jepang dan fungsinya tetap sebagai rumah sakit militer. Barulah pada tahun 1947 dijadikan rumah sakit umum dan rumah sakit militer pindah ke Sukun.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA