10 Bangunan Islam Paling Menakjubkan di Dunia

oleh Rahma Muliani
08:00 AM on May 7, 2015

Begitu banyak bangunan-bangunan peninggalan sejarah Islam yang tersebar di seluruh dunia. Mulai dari masjid, benteng, jembatan bahkan istana. Kesemuanya itu berdiri dengan begitu kokoh, unik dan terlihat begitu megah. Tak jarang tempat-tempat ini menjadi pusat perhatian dunia.

Seperti yang dilansir list25.com, masing-masing dari bangunan itu ternyata memiliki cerita tersendiri. Bahkan beberapa diantaranya menjadi situs warisan dunia. Sekarang kita cari tahu yuk, seperti apa saja bangunan yang megah itu. Mari kita simak penelusurannya di bawah ini.

Baca Juga
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal

1. Masjid Selimiye – Edirne, Turki (Merupakan Karya Terbaik)

Masjid Selimiye didirikan pada tahun 1568 – 1574 oleh seorang arsitek bernama Mimar Sinan. Bangunan megah yang dibangun atas dasar perintah  Sultan Selim II ini merupakan sebuah peninggalan Ottoman di kota Edirne Turki. Sangat indah dengan empat buah kubahnya.

Masjid Selimiye - Edirne, Turki
Masjid Selimiye – Edirne, Turki (c) list25.com

Bangunan ini dianggap sebagai karya terbaik dan mencapai penghargaan tertinggi dari arsitektur islam. Masjid Selimiye masuk kedaftar situs warisan dunia oleh UNESCO. Selain itu, gambar masjid ini juga terdapat pada pecahan uang kertas 10.000 lira Turki.

2. Jembatan Si-o-se Pol –  Isfahan, Iran (Terdapat 33 Buah Lengkungan)

Si-o-se Pol adalah sebuah jembatan yang begitu terkenal di kota Isfahan, Iran. Nama lainnya adalah Jembatan Allah-Verdi Khan. Jembatan ini termasuk dari sebelas jembatan yang ternama di negara ini dan memiliki lengkungan pada dindingnya sebanyak 33 buah.

Jembatan Si-o-se Pol -  Isfahan, Iran
Jembatan Si-o-se Pol – Isfahan, Iran (c) list25.com

Bangunan ini dibangun sejak tahun 1599 dan terbuat dari batu dan batu bata. Jembatan yang berdiri dengan kokok dan terbentang di atas aliran Sungai Zayandeh. Panjang dari jembatan ini sekitar 297,76 meter dan memiliki lebar seluas 13,75 meter.

3. Masjid Suleiman – Istanbul, Turki (Kubahnya Bertingkat-Tingkat)

Masjid Suleiman yang berada di Istanbul ini juga dikenal sebagai “Blue Mosque”, karena jika dilihat dari dekat kubahnya berwarna biru. Bangunan ini didirikan pada tahun 1603 – 1617, ketika pemerintahan Sultan Ahmed I berlangsung dan menjadi sebuah bangunan yang tiada bandingannya di Turki.

Masjid Suleiman - Istanbul, Turki
Masjid Suleiman – Istanbul, Turki (c) list25.com

Masjid Suleiman memiliki enam buah menara dan kubah yang bertingkat-tingkat. Disekeliling bangunan ini dihiasi dengan taman yang sangat indah. Jemaah yang sering beribadah di sini kebanyakan berasal dari seluruh dunia.  Selain untuk tempat beribadah, tempat ini juga digunakan sebagai pusat agama dan budaya.

4. Masjid Rüstem Pasha – Istanbul, Turki (Berdiri Di Atas Pilar Segi Delapan)

Masjid ini dirancang oleh Ottoman Mimar Sinan untuk mengenang patih Rutem Pasha yang meninggal pada Juli 1561. Bangunan ini rampung dibangun pada tahun 1563 dan sangat terkenal akan ubin Izniknya yang dibentuk dengan pahatan bentuk bunga dan geometri.

Masjid Rüstem Pasha - Istanbul, Turki
Masjid Rüstem Pasha – Istanbul, Turki (c) list25.com

Meski tidak terlalu besar, Masjid ini tetap terlihat begitu kokoh dan megah. Di dalam bangunan yang berdiri di atas pilar-pilar dengan formasi segi delapan ini, terdapat pintu-pintu yang diukir dengan indahnya. Sampai saat ini, masjid Rustem Pasha masih digunakan untuk sholat  setiap harinya.

5. Benteng Agra – Agra, India (Tersimpan Kekayaan Negara Di Dalamnya)

Benteng ini sering juga disebut Benteng Merah atau Lal Qila. Didirikan oleh Kaisar Akbar dari kerajaan Mugha. Bangunan ini berlokasi di Agra, India, sekitar 2,5 kilometer dari Taj Mahal. Bangunan yang terlihat megah ini berwarna merah karena terbuat dari batu bata.

Benteng Agra - Agra, India
Benteng Agra – Agra, India (c) list25.com

Agra merupakan benteng yang paling penting di India. Di dalamnya tersimpan berbagai kekayaan negara. Selain itu, benteng ini juga sering dikunjungi oleh para pelancong, duta negara asing dan orang-orang penting lainnya. Wajar saja jika bangunan ini diterima sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

6. Masjid Al-Azhar – Kairo, Mesir (Terdapat Lima Buah Menara)

Masjid Al-Azhar dibangun oleh Panglima Jauhar Assiqilli di tahun 359-361 Hijriah. Masjid yang begitu megah dan fenomenal ini berlokasi di Kairo, Mesir. Dinamakan Al-Azhar  ini sebagai isyarat kepada Zahra, julukan putri Rasulullah yang bernama Fatimah az-Zahra.

Masjid Al-Azhar - Kairo, Mesir
Masjid Al-Azhar – Kairo, Mesir (c) list25.com

Masjid yang memiliki lima menara ini kemudian berfungsi sebagai Universitas dan tepat pada tahun 1961 sudah memiliki banyak fakultas. Disana juga terdapat sebuah perpustakaan yang sangat besar. Al-Azhar diangggap sebagai pusat pemikiran Islam, politik dan ilmu-ilmu agama di Mesir dan dunia.

7. Masjid Raya Xi’an – Shaanxi, China (Umurnya Lebih Dari 1000 Tahun)

Bangunan ini merupakan masjid yang pertama kali berdiri di Tiongkok, China. Masjid Xi’an didirikan ditahun pertama Kaisar Tia Bo dari dinasti Tang dan merupakan masjid tertua di provinsi ini. Umurnya sudah lebih dari 1000 tahun lamanya dan masih berfungsi dengan baik.

Masjid Raya Xi’an - Shaanxi, China
Masjid Raya Xi’an – Shaanxi, China (c) list25.com

Masjid yang kini ditetapkan sebagai warisan sejarah dunia ini dibuka setiap harinya mulai pukul 08.00. Untuk pengunjung yang non-muslim tidak bisa masuk kedalam ruangan masjid, tetapi masih diperbolehkan untuk melihat-lihat dari luar masjid saja.

8. Chinli Kiosk – Istanbul, Turkey (Digunakan Juga Sebagai Museum Seni)

Bangunan megah yang satu ini dibangun oleh Ottoman Sultan Mehmed II sebagai istana kebahagiaan. Istana yang merupakan salah satu bangunan islam termegah di negaranya ini berlokasi di Istanbul, Turki.  Eksteriornya terbuat dari batu bata yang mengkilap dengan indahnya.

Chinli Kiosk - Istanbul, Turkey
Chinli Kiosk – Istanbul, Turkey (c) list25.com

Sekitar tahun 1953, bangunan ini digunakan sebagai museum seni Islam dan Turki. Dengan nama Museum of Islamic Art, tempat bersejarah ini dibuka untuk umum setiap harinya pada pukul 09.00 sampai pukul 17.00. Tempat ini tidak beroperasi pada hari Senin.

9. Istana Alhambra – Granada, Spanyol (Dindingnya Berwarna Merah)

Alhambra merupakan sebuah kompleks istana sekaligus benteng yang sangat megah di Granada, Spanyol bagian selatan. Istana ini dibangun pada saat kekhalifahan bani ummayyah dan dijadikan tempat tinggal para khalifah serta para pembesarnya.

Istana Alhambra - Granada, Spanyol
Istana Alhambra – Granada, Spanyol (c) list25.com

Istana yang menjadi bukti sejarah kejayaan Islam di Spanyol ini dihiasi dengan ubin-ubin dan bata-bata berwarna merah. Alhambra didirikan oleh kerajaan Bani Ahmar atau bangsa Moor dari daerah Afrika Utara, sang penguasa kerajaan Islam terakhir yang berkuasa di Andalusia, Spanyol.

10. Masjid Sultan Hassan – Kairo, Mesir (Pintunya Adalah Yang Terbesar)

Mesjid Sultan Hassan yang berada di Kairo ini dibangun pada tahun 1356 masehi, dimana saat itu kepemimpinan oleh Sultan bin Hassan Al-Nashir Muhammad bin Qalawun dari dinasti mamlukiyah. Pembangunannya berlangsung selama tujuh tahun.

Masjid Sultan Hassan - Kairo, Mesir
Masjid Sultan Hassan – Kairo, Mesir (c) list25.com

Keistimewaan dari bangunan ini terdapat pada pintunya. Menurut para sejarawan, masjid ini mempunyai pintu masuk yang paling besar dan terluas dibandingkan bangunan Islam lainnya di negara Mesir. Dinding-dinding pada bangunan megah ini juga memiliki arsitektur yang luar biasa indahnya.

11. Taj Mahal – Agra, India (Dibangun Untuk Istrinya)

Taj Mahal merupakan sebuah monumen yang dibangun atas keinginan Kaisar Mughal Shah Jahan sebagai sebuah musoleum untuk mengenang istri ketiganya, Mumtaz Mahal. Masa pembangunan tempat menakjubkan ini berlangsung selama kurang lebih 23 tahun, yakni sejak tahun 1630-1653.

Taj Mahal - Agra, India
Taj Mahal – Agra, India (c) list25.com

Istri dari kaisar ini meninggal pada saat melahirkan anak ke-14 mereka. Sepeninggalnya Mumtaz, sang kaisar pun berjanji akan membangun makam termegah diatas kuburannya. Sejak tahun 1983 silam, Taj Mahal diterima sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Itulah tadi beberapa bangunan kuno yang sangat bersejarah di dunia. Ternyata meskipun sudah lama didirikan, bangunan ini masih tetap berdiri dengan megah dan digunakan sebagaimana mestinya. Memang sudah sepatutnya tempat ini kita jaga sebaik-baiknya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA