Bangunan-Bangunan Bawah Air yang Bikin Kagum

oleh Alfry
07:45 AM on May 16, 2015

Makin berkembangnya ilmu arsitektur memungkinkan manusia mampu membuat bangunan di tempat-tempat yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan dapat digunakan untuk membangun sebuah gedung. Di dalam air misalnya, hampir mustahil untuk membuat bangunan di dalamnya namun bangunan-bangunan di bawah ini benar-benar berada di bawah air.

Sensasi yang mendebarkan, rancang bangun yang mengagumkan serta pemandangan bawah air yang indah, itulah sekelumit gambaran tentang bangunan bawah air. Dengan konsep yang unik serta tempat yang tak lazim, membuat orang-orang penasaran dan ingin merasakan sensasi berada di dalam bangunan bawah air. Berikut 10 bangunan bawah air yang mengagumkan.

Baca Juga
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal

1. Ithaa Undersea Restaurant – Maladewa

Ithaa Undersea Restaurant adalah restoran bawah laut yang terletak di Maladewa. Restoran ini telah melayani traveler sejak tahun 2005. Makan siang hingga makan malam adalah sajian utama di restoran Ithaa. Uniknya restoran mewah ini tidak berada di daratan melainkan berada 5 meter di dasar laut.

Foto via Lolwot
Foto via Lolwot

Pada tahun 2014, Ithaa Undersea Restaurant dianugerahi gelar sebagai restoran paling indah di dunia oleh New York Daily News. Pemandangan bawah laut 180 derajat adalah atraksi yang paling ampuh untuk menarik pelanggan agar datang ke restoran ini. Restoran buka setiap hari mulai pertengahan hari hingga tengah malam.

2. Sea.Fire.Salt.Sky. Restaurant – Maladewa

Menjadi bagian dari Anantara resor di Maladewa, Sea.Fire.Salt.Sky. Restaurant merupakan restoran bawah air yang mengagumkan. Restoran terdiri dari empat lantai di dasar Samudera Hindia yang menawarkan suasana dan tema yang berbeda di setiap lantainya.

Foto via Lolwot
Foto via Lolwot

Sea.Fire.Salt.Sky. Restaurant akan memberikan pengalaman bersantap yang berbeda dengan pemandangan bawah laut yang luar biasa indah. Restoran ini juga memiliki gudang anggur berkualitas tinggi. Bagi tamu yang ingin makan di restoran ini harus bersabar sebab restoran baru buka setelah jam 12 siang.

3. H2OME – Amerika Serikat

Pernah bermimpi suatu saat nanti Anda akan memiliki rumah di bawah laut? US Submarine Structures bisa mewujudkan mimpi Anda. Ini adalah perusahaan konstruksi yang membangun rumah mewah di bawah air yang disebut dengan H2OME.

Foto via Lolwot
Foto via Lolwot

Rumah berbentuk tabung akan diletakkan di dasar laut sedalam 20 meter. Rumah mewah ini terdiri dari dua lantai dengan luas total 150 meter persegi yang berisi dua kamar tidur, sebuah lounge, dan ruang makan.Satu-satunya kekurangan dari rumah mewah bawah laut ini adalah harganya yang selangit. Calon pemilik harus membayar USD 10 juta atau Rp. 130 milyar untuk dapat memilikinya.

4. Jules’ Undersea Lodge – Amerika Serikat

Awalnya bangunan ini merupakan sebuah laboratorium kelautan yang dioperasikan oleh seorang ilmuwan bernama Ian Koblick. Sebelum akhirnya difungsikan sebagai salah satu hotel bawah air, semula bangunan ini bernama La Chalupa.

Foto via Lolwot
Foto via Lolwot

Berbeda dengan bangunan bawah air lainnya yang memiliki lorong khusus untuk menuju ke bangunan utama, di hotel ini calon tamu harus memiliki sertifikat menyelam sebab satu-satunya akses menuju ke hotel adalah dengan menyelam. Hotel terdiri dari dua kamar tidur, kamar mandi dan beberapa ruang lainnya.

5. MarineLab – Amerika Serikat

Masih di Amerika Serikat, berada tidak jauh dari Jules’ Undersea Lodge terdapat sebuah fasilitas penelitianbawah laut bernama MarineLab. Bangunan bawah air yang ini memiliki fungsi lain dari daftar bangunan bawah air sebelumnya. Tempat ini tidak diperuntukkan bagi kepentingan komersil namun untuk penelitian.

Foto via Lolwot
Foto via Lolwot

MarineLab sudah beroperasi sejak tahun 1984 dan menjadi salah satu fasilitas bawah air terbesar di Amerika. Fungsinya sebagai pusat penelitian bagi para ilmuwan sekaligus tempat belajar bagi para calon ilmuwan.

6. Shanghai Ocean Aquarium – China

Beralih ke Asia di sana ada Shanghai Ocean Aquarium, sebuah akuarium raksasa yang di dalamnya terdapat terowongan yang bisa digunakan para pengunjung untuk melihat biota laut langsung di bawah air. Akuarium raksasa ini berada di Shanghai, China.

Foto via Lolwot
Foto via Lolwot

Shanghai Ocean Aquarium didesain oleh Advanced Aquarium Technologies. Ini merupakan sebuah lorong bawah air sepanjang 120 meter dimana pengunjung dapat melakukan perjalanan melalui berbagai lingkungan laut seperti teluk hiu, gua bawah laut dan berbagai terumbu karang.

7. Cancun Underwater Museum – Meksiko

Mengunjungi museum di daratan mah sudah biasa, di Meksiko para traveler akan diajak berkunjung ke museum yang berada di bawah air, namanya Cancun Underwater Museum. Museum ini dibangun oleh Direktur Marine Park Meksiko bernama Jaime Gonzalez Canto dan dibantu pematung Jason deCaires Taylor.

Foto via Lolwot
Foto via Lolwot

Koleksi utama dari museum ini adalah patung-patung karya Canto sebanyak 400 buah yang ditenggelamkan di dasar laut. Traveler yang ingin berkunjung harus menyelam sebab museum ini berada di area terbuka dasar laut. Tujuan pembangunan museum ini tidak lain untuk mempromosikan dan melindungi terumbu karang di Meksiko.

8. Aquarius Reef Base – Amerika Serikat

Berada 30 meter di bawah permukaan laut di lepas pantai Florida, Aquarius Reef Base merupakan sebuah laboratorium bawah laut yang diisi dengan peralatan penelitian yang canggih. Laboratorium ini sudah menjadi rumah bagi para ilmuwan selama 29 tahun.

Foto via Lolwot
Foto via Lolwot

Pertama dibangun tahun 1986, Aquarius Reef Base memiliki fungsi sebagai tempat yang memungkinkan para ahli biologi kelautan untuk mengeksplorasi terumbu karang, dan berbagai biota laut. Laboratorium ini sangat istimewa sebab dilengkapi dengan teknologi sirkulasi udara yang canggih sehingga para peneliti bisa berada di dasar laut dalam waktu yang lama.

9. Poseidon Undersea Resort – Fiji

Dibangun oleh perusahaan konstruksi yang sama dengan H2OME, Poseidon Undersea Resort digadang-gadang akan menjadi hotel bawah air pertama di dunia. Tidak seperti fasilitas bawah air lainnya yang hanya beberapa bagian saja yang berada di dalam air, keseluruhan bangunan hotel ini dirancang berada di dasar laut.

Foto via Lolwot
Foto via Lolwot

 

Poseidon Undersea Resort berada di Fiji mulai melakukan reservasi untuk umum pada tahun 2008. Namun sayang kabarnya hingga kini pembangunan hotel ini masih mangkrak. Hotel akan terdiri dari restoran, bar, perpustakaan, ruang rapat, spa, kolam renang, dan sebuah kapel pernikahan.

10. Red Sea Star Restaurant / Nymphas Show Bar – Israel

Bangunan bawah air yang terakhir ada di Israel bernama Red Sea Star Restaurant. Restoran bawah air ini berada di Eilat di mana di dalam restoran ini terdapat bar dan juga observatorium.

Foto via Lolwot
Foto via Lolwot

Tapi bagi yang penasaran ingin makan di sana siap-siap kecewa sebab restoran ini sudah ditutup sejak tahun 2013 dengan alasan yang tidak diketahui. Sedikit informasi yang ada, pada masa jayanya para tamu bisa ke restoran hanya dengan menyeberangi jembatan pendek dan turun melalui tangga kecil untuk sampai di dalam restoran.

Konsep yang unik ternyata bisa berdampak besar terhadap minat wisatawan untuk berkunjung. Mungkin bangunan-bangunan bawah air ini dapat diwujudkan di Indonesia suatu saat nanti.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA