Tanpa Bangsa Yunani Kuno, 7 Hal ini Tak Mungkin Ada di Dunia

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Oct 13, 2015

Mendengar kata Yunani apa yang langsung Anda pikirkan? Hmm, dewa-dewi yang banyak? Atau Olimpiade pertama? Well, semuanya benar, Yunani  memang terkenal akan hal itu. Tapi yakinkah Anda jika Yunani hanya masalah legenda yang banyak difilmkan? Jawabannya adalah tidak! Bangsa Yunani, atau lebih tepatnya Bangsa Yunani Kuno adalah bangsa pembawa peradaban dunia.

Kenapa bisa dibilang pembawa peradaban dunia? Karena tanpa bangsa itu, dunia tak akan sehebat sekarang. Ada beberapa hal yang tak mungkin ada sekarang jika bangsa Yunani Kuno hanya sebuah legenda saja.

Baca Juga
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Bikin Netizen Geram

Inilah tujuh hal paling penting di bumi yang ditemukan bangsa Yunani Kuno. Tanpa hal ini kita tak akan ada apa-apanya sekarang!

1. Logika

Logika adalah sebuah pemikiran yang pertama kali dikembangkan Aristoteles. Logika adalah sesuatu yang penting sejak zaman Yunani Kuno, bahkan bertahan hingga sekarang. Logika yang diciptakan oleh Aristoteles mampu menjembatani ilmu setelahnya seperti Matematika dan Fisika.

Logika [image source]
Logika [image source]
Salah satu ilmu yang kerap diajarkan Aristoteles adalah mengenai hipotesis menggunakan silogisme, dan induksi logis. Saat ini kita masih mempelajari itu. Bahkan terus berkembang hingga menjalar ke banyak ilmu. Hayo, kalau tak ada logika maka pesawat pun juga enggak mungkin bisa terbang. Ilmu Fisika yang dikuasai Pak Habibie didasari oleh kekuatan logika.

2. Komputer Analog dan Kalkulator Pertama

Terdengar aneh dan enggak masuk akal kan? Tapi ini benar dan sebuah fakta. Bangsa Yunani Kuno mengembangkan apa yang namanya “the Antikyther mechanism” atau lebih dikenal dengan komputer analog. Alat ini digunakan sebagai sebuah alat untuk melakukan perhitungan astronomi.

Komputer Analog dan Kalkulator Pertama [image source]
Komputer Analog dan Kalkulator Pertama [image source]
Dengan alat ini kita bisa melihat di mana saja posisi dari benda langit. Misal letak Merkurius, Venus, Mars, hingga Jupiter. Alat ini juga mampu digunakan untuk memprediksi adanya gerhana bulan dan matahari dengan sangat akurat. Tanpa alat ini penelitian tentang astronomi tak mungkin semaju sekarang.

3. Robot

Jauh sebelum manusia mengenal mekanika dalam fisika dan merakit robot, Yunani Kuno sudah memiliki robot. Benda ini dikenal dengan “the Automatic servant of Philon” atau robot menyerupai manusia yang digunakan untuk melayani para petinggi dan tamu.

Robot [image source]
Robot [image source]
Jika ada sebuah acara besar, robot pelayan ini akan berjajar di halaman. Jika ada tamu yang menaruh wadah di bawah guci, maka dengan cekatan robot akan menuangkan air. Bagaimana? Hebat sekali kan ribuan tahun lalu sudah ada robot.

4. Teater

Kata teater yang sering kita sebutkan berasal dari turunan kata “theatron”. Dan memang benar, teater pertama kali dilakukan di Yunani Kuno. Orang di masa itu sangat menyukai pertunjukan yang dilakukan di panggung. Entah untuk acara pernikahan, ritual keagamaan, atau bahkan upacara kematian.

Teater [image source]
Teater [image source]
Aktor akan melakukan peran dengan dandanan tertentu lalu melakukan aksi. Sampai saat ini teater kuno di Yunani masih ada. Jika orang Yunani tak menyukai teater belum tentu sekarang ada seni pertunjukan yang hebat itu. Ya, nggak?

5. Termometer

Termometer yang sering kita pakai untuk mengetahui suhu ternyata pertama kali dikembangkan orang Yunani. Tepatnya dua ribu tahun lalu seorang bernama Philo mengamati adanya pengembangan udara jika terkena panas.

Termometer [image source]
Termometer [image source]
Teknik ini akhirnya dikembangkan lagi oleh Galileo beberapa tahun kemudian. Galileo akhirnya memberikan konsep skala dalam proses termometernya. Tanpa benda itu mungkin kita tak tahu jika suhu 15 derajat Celcius itu dingin dan suhu 36 derajat Celcius itu panas.

6. Crane

Ingatkah Anda dengan insiden Crane yang menyebabkan banyak korban jiwa di Mekah beberapa saat lalu. Crane atau katrol yang sangat membantu banyak orang ini ternyata dibuat oleh orang Yunani Kuno.

Crane/Katrol [image source]
Crane/Katrol [image source]
Konsepnya mungkin masih sangat sederhana karena berasal dari abad ke-6 sebelum masehi. Tapi dari konsep itu, manusia modern bisa menggunakannya untuk bekerja. Terutama di bidang bangunan yang memerlukan alat untuk mengangkat.

7. Peta

Anaximander adalah seorang yang sangat berjasa membuat peta untuk pertama kalinya di dunia. Ia berasal masa sebelum Socrates hidup dan hebat dengan filsafatnya. Peta yang pertama kali dibuat akhirnya diperkenalkan ke beberapa negara seperti Mesir dan negara Timur Tengah.

Peta [image source]
Peta [image source]
Peta yang dibuat tentu tak sehebat Google Maps. Tapi cukup hebat di masanya. Ada beberapa petunjuk arah, kota, jalan, serta arahan-arahan yang cukup detail. Inovasi yang yang dibuat oleh Anaximander membuatnya menjadi salah satu orang hebat di Yunani Kuno, bahkan dunia.

Meski dalam beberapa tahun ini Yunani mengalami krisis di dalam negeri, tapi di masa lalu mereka orang hebat. Bahkan penemuan-penemuan penting banyak terjadi di sana. Bangsa Yunani adalah bangsa yang maju. Bahkan jika kebudayaan di masa lalu itu terus berkembang, Yunani Modern akan jadi sumber inovasi.

Well, tidakkah kita ingin Indonesia sehebat itu?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA