Cegah Kegemukan, Bangku Halte Diubah Jadi Timbangan

oleh Alfry
11:40 AM on Oct 21, 2014

Semakin hari, semakin tinggi kesadaran akan pentingnya memiliki tubuh sehat. Banyak negara yang langsung menyoroti kesehatan warganya, terutama masalah kegemukan dan obesitas yang sering dianggap sebagai pemicu berbagai penyakit. Tidak hanya pemerintah Jepang yang sangat peduli, pemerintah di Moskow bahkan menggunakan cara ekstim untuk mengontrol berat badan warganya.

Dengan maksud baik agar warganya sadar terhadap berat badan, pihak berwenang dari Moskow melakukan cara ekstrim dengan mengubah bangku tunggu di halte bus menjadi timbangan. Kampanye sehat yang sama sudah pernah dilakukan di Belanda. Cara yang dipakai adalah dengan melekatkan panel elektronik besar di bangku yang tersambung ke panel. Saat seseorang duduk ketika menunggu bus, angka berat badannya langsung tertera di layar, dilansir oleh odditycentral.com.

Baca Juga
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Bikin Netizen Geram

Bangku tunggu di sebuah halte di kota Moskow yang disulap jadi timbangan
Bangku tunggu di sebuah halte di kota Moskow yang disulap jadi timbangan

Saat seseorang duduk di bangku tunggu, secara otomatis panel akan bekerja dan langsung memamerkan berat badan orang yang sedang duduk. Tidak tanggung-tanggung, angka hasil timbangan dipamerkan sangat besar di layar dengan warna merah yang menarik perhatian. Hingga akhir tahun nanti, diperkirakan ada 20 bangku yang akan disebar di berbagai tempat umum.

Artikel Seru Lainnya: 6 Teori Konspirasi Paling Populer di Dunia

Kampanye ini mau tidak mau membuat para warga mengontrol berat badannya. Ada banyak orang yang malu jika ketahuan angka timbangannya, apalagi ini sampai dipajang di layar tempat umum dan semua orang bisa melihat. Kepala media dan periklanan Moskow, Vladimir Chernikov mendukung proyek ini agar kesadaran masyarakat lebih baik mengenai berat badannya. Bahkan kabarnya, bangku-bangku lain di tempat umum akan diganti semua menjadi bangku timbangan.

Bangku timbangan ini dibuat untuk mencegah obesitas
Bangku timbangan ini dibuat untuk mencegah obesitas

Ada warga yang mendukung gerakan ini, ada juga yang tidak suka. Memamerkan angka berat badan di depan banyak orang dianggap sebagai membongkar rahasia dan privacy seseorang. Kalau cara ini diterapkan di Indonesia, bagaimana jadinya ya?

Baca Juga Yuk: 9 Fakta Mengejutkan Tentang Adolf Hitler, Sang Diktaktor NAZI

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA