in

Sritex, Produsen Baju Tempur Langganan Militer Dunia yang Asli Indonesia

Sritex

Selain Pindad, Indonesia masih memiliki satu pabrik yang kemampuannya diakui oleh dunia internasional. Tidak main-main, NATO yang merupakan pakta pertahanan atlantik utara banyak menggunakan produk dari perusahaan bernama Sritex ini. Mereka mempercayakan pakaian dari para tentaranya untuk dibuat di Indonesia yang notabene sangat jauh dari Eropa.

Sritex berdedikasi tinggi dalam dalam menghadirkan produk pakaian atau kain mereka. Setiap hari mereka berinovasi sehingga menghasilkan sesuatu yang baru dan juga unik. Berikut profil dari Sritex yang merupakan produsen baju militer terbaik di dunia dan jadi langganan puluhan negara.

Awal Mula Berdirinya Sritex

Pendiri dari Sritex adalah Lukminto, beliau membangun usaha tekstil dari bawah pada tahun 1966. Sebelum mendirikan sebuah usaha tekstil, Lukminto hanyalah seorang pedagang di Pasar Klewer dan menjadi juragan Batik. Setelah lama berjualan dan cukup memiliki modal, beliau mendirikan sebuah perusahaan yang akhirnya terus berkembang pesat hingga sekarang.

Lukminto [image source]
Lukminto [image source]
Meski sekarang beliau sudah meninggal dunia, Sritex terus berjalan dengan baik. Setiap tahun pabrik ini melakukan inovasi dengan cepat sehingga mampu menyesuaikan diri. Salah satu bukti dari adaptasi yang hebat dari Sritex adalah mampunya perusahaan ini bertahan dari krisis 1998. Bahkan, setelah krisis berakhir, Sritex mengantongi keuntungan hingga tujuh kali lipat dibandingkan tahun 1992.

Dipercaya oleh Satuan Militer Dunia

Dalam pikiran Lukmito, beliau tidak pernah berpikir akan memiliki perusahaan sebesar ini. Bahkan jaringan dari Sritex Grup sudah banyak bermunculan dengan melakukan investasi ke sektor lain. Salah satu prestasi terbesar dari Sritex adalah dipercaya oleh NATO sebagai penyuplai pakaian militer yang digunakan oleh para tentara yang akan bertarung.

pakaian perang [image source]
pakaian perang [image source]
Pakaian yang diproduksi oleh Sritex bukanlah sembarang pakaian. Perusahaan tekstil ini juga memproduksi pakaian anti peluru, anti radiasi, anti inframerah, dan ati api. Saat ini, Sritex juga memproduksi pakaian yang bisa beradaptasi dengan lingkungan. Tentara yang memakai pakaian ini bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan. Mirip kulit dari bunglon lah!

Dipercaya Lini Fashion Terkenal Dunia

Awalnya Sritex hanya memproduksi pakaian jadi atau kain yang di pasaran di Indonesia. Setela mendapatkan sertifikat dari NATO, ketenaran dari perusahaan ini makin menanjak. Selain membuat pakaian yang digunakan oleh para anggota militer di 30 negara dunia. Sritex juga mengerjakan banyak pakaian dari brand ternama dunia seperti Zara, Guess, dan Timberland.

Zara [image source]
Zara [image source]
Pakaian yang dibuat di Sritex akan akan dijual di banyak negara di dunia. Setiap hari, para pekerja di Sritex akan membuat banyak model pakaian berkualitas ekspor. Hingga sekarang, sudah ada lebih dari 3.000 model pakaian dan kain yang dibuat oleh Sritex yang membuatnya mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

Memproduksi Perlengkapan Perang TNI

Selain memproduksi jenis pakaian baik militer atau fashion, Srietx juga ikut andil dalam pembuatan alat dan perlengkapan dalam perang. Dalam pembuatan kendaraan militer TNI berjenis Hovercraft, Sritex memiliki tugas sebagai pembuat komponen anti peluru dan komponen anti api yang akan digunakan dalam hal pertahanan.

perlengkapan perang TNI [image source]
perlengkapan perang TNI [image source]
Oh ya, selain membuat kendaraan militer, Sritex juga memproduksi tenda untuk keperluan darurat yang anti air. Selanjutnya ransel serbu yang bisa berguna juga sebagai pelampung. Terakhir yang paling baru, Sritex juga memproduksi payung untuk terjun payung. TNI tidak perlu lagi mengimpor dari luar negeri untuk mendapatkannya.

Sritex yang dibangun oleh Lukminto mengajarkan kita semua bahwa usaha yang kuat tidak akan pernah mengkhianati hasil. Semua orang atau semua perusahaan bisa berkibar asal memiliki keunikan dan juga kualitas yang tinggi. Salam masih ada kerja keras, kita bisa menciptakan sesuatu yang hebat.

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

Kelakuan ‘Amoral’ dari Tokoh-Tokoh Berpengaruh Dunia yang Mungkin Belum Pernah Kamu Dengar

Hitler dan Kim Jong Un Ternyata Punya Persamaan dalam Hal-Hal Baik, Ini Lho Buktinya!