Ngeri 5 Wilayah Negara ini Menjadi Tempat Nongkrong Para Bajak Laut

oleh Adi Nugroho
08:56 AM on Mar 10, 2016

Bajak laut adalah bencana bagi kapal-kapal barang yang ada di lautan bahkan sejak zaman dahulu kala. Bajak laut suka sekali membuat kerusuhan di laut dengan menyerang hingga membunuh dan merampas banyak sekali barang bawaan. Kengerian inilah yang membuat banyak pelaut selalu menghindari wilayah negara-negara tertentu yang konon sering sekali dijadikan tempat nongkrong oleh bajak laut yang menyeramkan itu.

Mereka biasanya akan menunggu di daratan atau lautan. Begitu ada kapal kargo yang melintas, mereka akan mendekat dan menyerang. Perampokan yang dilakukan di laut ini telah membuat banyak perusahaan rugi hingga miliaran dolar per tahun. Dan yang paling miris lagi, negeri kita juga sering ditongkrongi perompak atau bajak laut  mengerikan itu. Berikut uraian selengkapnya beserta negara-negara yang lain.

Baca Juga
4 Bukti Gregetnya Orang Indonesia Kalau Ada Bahaya, Kayak Sudah Hilang Urat Takutnya
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer

1. Indonesia

Indonesia memiliki setidaknya 17.000 lebih pulau yang membentang dari Sabang dari Merauke. Hal ini membuat perkembangan perompak di negeri ini semakin subur. Bahkan dari data yang dikeluarkan pada tahun 2013 silam, Indonesia berada di urutan pertama. Dalam setahun ada 43 kasus perompakan kapal kargo besar dengan omzet hingga jutaan dolar.

Perompak Indonesia [image source]
Perompak Indonesia [image source]
Wilayah Indonesia memang dikenal memiliki lalu lintas kargo paling besar di dunia. bahkan dalam setahun ada 50.000 lebih kargo yang masuk dan keluar. Sebenarnya TNI AL sudah sering melakukan patroli. Namun kekuarangan armada membuat perompak jauh lebih lihai dari penjaga lautan.

2. Somalia

Seperti yang sudah anda tebak sebelumnya. Somalia memiliki banyak sekali perompak di dunia ini. Bahkan di lautan sebelah timur negeri itu telah menjelma menjadi seperti neraka. Kapal apa saja yang lewat akan disergap dan dirampok segala  isinya hingga habis. Dalam setahun kerugian yang dialami oleh perusahaan kargo bisa mencapai ratusan juta dolar.

Perompak Somalia [image source]
Perompak Somalia [image source]
Di Somalia, perompak sudah seperti bisnis yang sangat menguntungkan. Apalagi dalam satu tahun seorang perompak bisa mengumpulkan 1-2 juta dolar. Akhirnya perompak dijadikan mata pencaharian oleh banyak orang. Mereka tidak peduli ini salah atau benar, yang dipikirkan adalah bagaimana mendapatkan uang dengan cepat.

3. Nigeria

Nigeria memiliki wilayah laut yang cukup luas di wilayah barat Afrika. Namun lautan itu justru dikuasai oleh banyak perompak bersenjata yang sangat mengerikan. Mereka biasanya mengejar kapal-kapal dagang yang banyak sekali membawa muatan berharga. Jika kapal itu dicegat oleh bajak laut, maka mereka hanya bisa pasrah agar tidak dibunuh dengan cara mengerikan.

perompak Nigeria [image source]
perompak Nigeria [image source]
Perompak di di Nigeria banyak melakukan aksinya dengan mengerikan. Setelah melakukan penjarahan mereka akan menangkap para awak kapal. Biasanya mereka akan meminta tebusan kepada negara dari para awak kapal yang ditangkap itu. Jika tidak ada tanggapan mereka akan membunuhnya degan sangat sadis.

4. India

India memiliki jalur perdagangan yang cukup ramai sejak abad ke-17. Banyak sekali barang-barang dari India diekspor dan dibawa dari laut menuju Eropa. Sayangnya di lautan India, mulai banyak sekali perompak yang menginginkan muatan yang di bawa. Mereka akan mengejar dan bahkan menembaki kapal kargo yang melintas dengan penuh kesialan itu.

Perompak India tertangkap [image source]
Perompak India tertangkap [image source]
Oh ya, sedikit info saja. Kapal kargo atau kapal barang apa saja yang ada di lautan tidak pernah membawa persenjataan. Hal inilah yang membuat para perompak ini terus merajalela. Mereka tahu jika kapal itu tidak akan bisa melawan karena tidak ada senjata yang digunakan. Sementara itu perompak yang datang akan memakai senjata lengkap, bahkan jumlahnya bisa lebih dari satu.

5. Bangladesh

Seperti halnya negara serumpunnya, India, Bangladesh juga banyak sekali mengalami kasus perompakan. Bahkan di negeri yang sangat kecil ini, perompak terus berkembang dari tahun ke tahun. Setidaknya dalam setahun selalu ada 7-10 kasus penjarahan kapal-kapal kargo yang melintasi wilayah dari Bangladesh.

Perompak Bangladesh [image source]
Perompak Bangladesh [image source]
Wilayah kecil yang terletak di antara India dan Myanmar ini memiliki lalu lintas laut yang cukup ramai. Biasanya kapal-kapal dari kawasan Asia Tenggara akan melintasi lautan Bangladesh. Jika mereka beruntung maka tidak akan bertemu dengan bajak laut. Namun jika sial bajak laut akan menyatroni mereka.

Inilah lima wilayah negara yang sering sekali digunakan sebagai tempat nongkrong sekaligus bekerja oleh para bajak laut. Semoga kasus penjarahan kapal laut segara bisa diatasi, terlebih Indonesia berada di urutan paling atas. Bahkan mengalahkan Somalia. Miris!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA