Dari Membuat Sesak Nafas Hingga Menewaskan Suporter Timnas, Inilah Bahaya Rocket Flare Jika Digunakan Sembarangan

Simak bahayanya agar kamu bisa hati-hati

oleh Harsadakara
10:00 AM on Sep 6, 2017

Bagi para anggota TIM SAR sampai suporter bola garis keras pasti sudah mengenal alat ini. Ya, rocket flare atau suar yang biasanya digunakan untuk mengirimkan sinyal dalam keadaan genting, yang mencuat ke atas berwarna merah tersebut umumnya digunakan oleh Tim SAR untuk meminta bantuan dalam pekerjaan mereka. Namun, untuk suporter bola garis keras, apa kegunaan rocket flare?

Bagi penggemar bola, suar merupakan salah satu hal penting. Biasanya suar disandingkan dengan smoke bomb atau bom asap. Tujuannya adalah untuk mendramatisir suasana ketika pertandingan usai dengan nuansa berwarna merah. Namun, ternyata suar dan bom asap ini tidak boleh dipakai sembarangan lho, guys, bisa menimbulkan hal yang tidak diinginkan! Mau tahu kenapa rocket flare berbahaya? Mari lihat ulasan berikut ini.

Baca Juga
Vampir Dog, Binatang Misterius yang Diduga Jadi Tersangka Utama Penghisap Darah Puluhan Kambing di Malang
Mulai dari Disalahartikan Hingga Ditakuti, Inilah Arti Sebenarnya dari Lagu “Genjer-Genjer”

Mengandung Potasium Nitrat

Potasium nitrat merupakan kandungan dalam bahan peledak. Seperti yang sudah diketahui bahwa suar merupakan bahan peledak untuk mengirimkan sinyal. Namun, namanya saja sudah bahan peledak, pasti jika digunakan sembarangan akan membahayakan orang-orang sekitar.

Rocket Flare [image source]
Meskipun efek ledakannya kecil, namun jika terkena gesekan ataupun panas maka suatu saat bahan yang mengandung potasium nitrat ini bisa meledak. Lagi, potasium nitrat tidak didesain untuk dibakar terlebih dahulu baru meledak, beda seperti petasan biasa. Hiiii, kan jadi ngerti kalau dibuat mainan.

Fatal Akibatnya Jika Terkena Kulit

Dengan kandungan kimia yang terdapat pada rocket flare yaitu potasium nitrat, gula, pewarna makanan, dan baking soda, bisa sangat membahayakan bagi kulit. Dilansir dari kompas.com bahwa percikan suar yang terkena baju atau bahan konveksi lainnya saja bisa membuat mereka menjadi bolong, apalagi jika terkena kulit. Infeksi berat mungkin akan dialami oleh mereka yang terkena percikan suar.

Percikan Rocket Flare [image source]
Maka dari itu, sangat berbahaya jika rocket flare dinyalakan tanpa mempertimbangkan jarak dari orang-orang sekitar dan waktu diledakkan. Pasalnya orang yang meledakkan suar tersebut harus mengerti bagaimana kondisi lapangan agar tidak mencelakai siapapun.

Tidak Hanya Kulit, Terkena Mata Pun Berbahaya

Ternyata, asap yang dihasilkan rocket flare itu pun berbahaya jika dihirup dari jarak dekat. Namun, siapa yang bisa menghindar ketika sorak sorai tim kesayangan ketika mencetak gol atau memenangkan pertandingan. Selebrasi yang diberikan para suporter menggunakan suar dan bom asap yang bisa mencakup satu stadion, mau menghindar ke mana lagi?

Asap Rocket Flare [image source]
Kandungan asap dari suar bisa menyebabkan sesak nafas karena kepulan asapnya cukup tebal. Bagi yang lumayan tahan dengan asap mungkin masih bisa mengondisikan dirinya. Namun, siapa yang tahu untuk jangka panjang ada kandungan kimia yang mengendap di paru-parumu?

Berhasil Menewaskan Suporter Indonesia

Pada hari Sabtu, 2 September kemarin rocket flare yang diledakkan tanpa pertimbangan tempat dan jarak berhasil menewaskan satu suporter Indonesia. Pertandingan Indonesia melawan Fiji itu berakhir heboh karena terdapat suar yang dilemparkan dari tribun belakang gawang sehingga mengenai Catur Yulianto yang duduk di tribun seberangnya. Meski para suporter lainnya berusaha memadamkan api dengan menggunakan air, namun hal tersebut tidak kunjung padam, sehingga suar resmi merenggut nyawa suporter berumur 32 tahun tersebut.

Suporter Timnas Tewas [image source]
Dilansir dari detik.com penjagaan di Stadion Patriot, Bekasi itu luput karena masih ada saja suporter yang membawa rocket flare dan smoke bomb. Padahal sebelumnya suporter telah dihimbau untuk tidak membawa kedua barang tersebut. Para netizen yang gemar menonton pertandingan bola rupanya harus juga hati-hati, ya.

Pesan untuk para netizen yang doyan sekali nonton pertandingan bola secara langsung, berhati-hatilah. Mungkin memang mulia tujuan suar ini sebagai selebrasi atas kemenangan tim kesayangan. Tapi, lagi-lagi coba perhitungkan dulu, ya, sebelum meledakkan rocket flare ini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules Inilah Mongrel Mob, Gangster Selandia Baru yang Namanya Mulai Jadi Pembicaraan di Dunia 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Miris! Bukan Kebahagiaan, Pengantin Ini Malah Dibuat Malu oleh Wedding Organizer Kisah John Kei, Preman Gahar Sang 'Godfather of Jakarta' yang Kini Menempuh Jalan Kebenaran Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA