4 Bahaya yang Mengintai Jika Kamu Terlalu Lama Menggunakan Gadget

oleh Rahma Muliani
13:26 PM on Jul 30, 2015

Saat ini gadget sudah menjadi kebutuhan utama bagi manusia modern. Dimanapun berada, gadget tidak akan pernah terlepas dari genggamannya. Bahkan dari beberapa penelitian, banyak orang yang rela kehilangan salah satu anggota tubuhnya dibanding harus kehilangan gadgetnya.

Tahukah kamu, jika ternyata menggunakan gadget dalam waktu yang terlalu lama itu bisa menimbulkan berbagai macam penyakit? Waaw, penyakit apa saja yaa itu? Mari kita simak pemaparannya sebagai berikut.

Baca Juga
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala

1. Insomnia (Susah Tidur)

Penggunaan gadget yang tidak bijak bisa menyebabkan insomnia atau susah tidur. Menurut seorang dokter ahli dari Harvard Medical School, kesulitan tidur ini disebabkan karena cahaya-cahaya yang keluar lewat gadget.

Saat Mau Tidurpun Masih Bergadget
Saat Mau Tidurpun Masih Bergadget [ImageSource]
Cahaya dari gadget tersebut bisa menghambat pelepasan hormon melatonin, yang tidak lain adalah hormon yang memicu rasa kantuk. jadi selama masih ada cahaya, mata akan tetap terjaga dan kualitas istirahat kita pun jadi berkurang.

2. Nomophobia (Tidak Bisa jauh Dari Ponsel)

Sebuah gadget yang terhubung dengan koneksi internet dapat membuat sang pengguna kecanduan. Sulit bagi mereka untuk tidak menggunakan gadget walau hanya sedetik, dan mereka akan merasa takut juga gelisah saat koneksi internet itu terputus atau gadgetnya hilang.

Bisa Stress Jika Gedgetnya Hilang
Bisa Stress Jika Gedgetnya Hilang [ImageSource]
Hal itu adalah sebuah penyakit yang diberi nama Nomophobia. Mereka yang mengalami ini akan merasa mati gaya saat gadget kehabisan energi, kehabisan pulsa dan kehilangan sinyal. Bahkan ada yang sampai stres saat berjauhan dari gadgetnya.

3. Facebook Depression

Kamu termasuk pengguna Facebook? Hati-hati dan harap diperhatikan, jika kamu merasa kesal atau bahkan iri dengan status bahagia yang di tulis temanmu, mungkin kamu telah mengalami Facebook Depresion.

Selalu Iri Dengan Status Teman
Selalu Iri Dengan Status Teman [ImageSource]
Facebook Depression adalah sebuah penyakit dimana kamu akan selalu merasa kesal atau iri dengan status temanmu yang sangat bahagia di kehidupannya. Yang terparah adalah, jika kamu sampai merasa depresi. Segeralah hubungi seorang ahli untuk mengatasinya.

4. Gangguan Fisik

Menggunakan gadget yang terlalu lama juga dapat mengganggu fisik kita. Seperti contohnya adalah seorang pria yang suka memangku laptop. Suhu dari laptop yang sudah terlalu lama digunakan itu dapat memberhentikan produksi sperma serta kulit paha dapat lebam.

Dapat Menghambat Kesuburan Pria
Dapat Menghambat Kesuburan Pria [ImageSource]
Tidak hanya itu,  saat menggunakan gadget ibu jari kita mungkin adalah yang paling aktif. Jika terlalu lama,  tulang ibu jari tadi dapat cedera yakni luka dalam. Telinga juga bisa berdenging atau disebut Tinnitus jika terlalu sering menggunakan headset, earphone atau handsfree dengan kualitas standar.

Gadget sesungguhnya hanyalah alat bantu komunikasi dalam jarak jauh. Jadi jika sudah dekat, maka jauhkanlah gadget dari diri kita. Jangan sampai kamu terlalu fokus dengan gadget kemudian jadi manusia anti sosial yaa readers.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA