11 Daerah dan Bangunan di Indonesia yang Memiliki Julukan dengan Sisipan Angka 1000

oleh dwiandika
07:00 AM on Apr 16, 2016

Istilah, julukan atau sebutan merupakan penamaan yang disematkan oleh seseorang atau banyak orang sesuai kesepakatan yang tertulis atau tidak tertulis kepada suatu benda atau juga makhluk hidup.

Memang terkadang, ada penamaan untuk sesuatu yang dilebih-lebihkan dengan tujuan agar terdengar benar-benar menghebohkan, contohnya saja Negeri 1001 Malam yang disematkan untuk Iraq. Selain Iraq, ternyata di Indonesia ada juga lho tempat atau daerah atau juga bangunan yang memiliki sebutan dengan embel-embel 1000.

Baca Juga
Mengintip Keindahan Pantai ‘Perawan’ Sidoasri, Lokasi Alami yang Jarang Terjamah
Mengintip Kemakmuran Majasari di Indramayu, Desa dengan Predikat Terbaik di Indonesia

Tidak percaya? Yuk, simak tempat atau bangunan yang memiliki imbuhan 1000 dalam sebutan namanya.

1. Banjarmasin – Kota 1000 Sungai

Selain menjadi salah satu kota besar sekaligus Ibu Kota di Kalimantan Selatan, Kota Banjarmasin juga memiliki sebutan khusus yaitu Kota 1000 Sungai. Hal ini dikarenakan Banjarmasin banyak sungai yang mengalir di daerah tersebut.

11 Daerah dan Bangunan di Indonesia yang Memiliki Julukan dengan Sisipan Angka 1000 - A
Banjarmasin [ Image Source ]
Memang sih, jumlah sungai besar yang mengalir di Banjarmasin mungkin tidak sampai 1000, akan tetapi secara hiperbola, penggunaan sebutan tersebut sebagai pelambang bahwa memang di kota ini banyak terdapat sungai-sungai besar dan kecil.

2. Kalimantan – Pulau 1000 sungai

Jika Banjarmasin terkenal dengan sebutan Kota 1000 Sungai, Kalimantan juga dikenal dengan Pulau 1000 Sungai. Menjadi satu hal yang tidak begitu mengherankan karena memang banyaknya sungai-sungai besar dan kecil mengalir di pulau yang memiliki luas sangat besar satu ini.

11 Daerah dan Bangunan di Indonesia yang Memiliki Julukan dengan Sisipan Angka 1000 - B
Kalimantan [ Image Source ]
Sungai-sungai yang mengalir di Kalimantan terdapat di beberapa daerah, tepatnya di provinsi-provinsi yang berada di pulau yang juga dikenal dengan nama Borneo ini.

3. Lawang Sewu – Bangunan dengan 1000 pintu

Gedung tua peninggalan penjajah Belanda yang dulunya berfungsi sebagai kantor pusat perusahaan kereta api Belanda atau dikenal dengan nama Nederlandsh Indishe Spoorweg Naatschappij (NIS) ini sekarang menjadi salah satu monument dan destinasi wisata terkenal di Semarang.

11 Daerah dan Bangunan di Indonesia yang Memiliki Julukan dengan Sisipan Angka 1000 - C
Lawang sewu [ Image Source ]
Disebut dengan nama Lawang Sewu atau bangunan yang memiliki 1000 pintu karena banyaknya pintu-pintu di dalam bangunan tersebut, walaupun pada kenyataannya, pintu yang ada tidak sampai 1000 buah. Selain eksotis, Lawang Sewu juga memiliki sisi mistis yang sering digunakan sebagai ajang atau tempat pengujian nyali.

4. Singkawang – Kota 1000 Vihara/Kelenteng

Kota Singkawang adalah salah satu kota di Provinsi Kalimantan Barat yang ketika Anda berada di sana, akan menjumpai banyak sekali vihara-vihara, baik yang berukuran besar atau juga kecil, seperti Vihara Cikung salah satunya. Oleh karenanya, Kota Singkawang mendapatkan julukan Kota 1000 Vihara atau Kelenteng.

11 Daerah dan Bangunan di Indonesia yang Memiliki Julukan dengan Sisipan Angka 1000 - D
Singkawang [ Image Source ]
Keberadaan kelenteng-kelenteng di Singkawang ini tidak lepas dari banyaknya umat Buddha di tempat tersebut. Bahkan ketika perayaan Cap Go Meh atau juga Imlek datang, Kota Singkawang akan menjadi sangat ramai karena berbagai vihara menggelar banyak acara.

5. Pulau Lombok – Pulau 1000 Masjid

Dikatakan sebagai Pulau 1000 Masjid karena memang Pulau Lombok sebagian besar penduduknya beragama Islam. Banyak sekali masjid yang didirikan di pulau ini, bahkan menurut kabar, sampai sekarang jumlahnya sudah lebih dari 5000 buah. Suatu jumlah yang cukup besar dan banyak untuk ukuran sebuah pulau dengan luas yang terbatas.

11 Daerah dan Bangunan di Indonesia yang Memiliki Julukan dengan Sisipan Angka 1000 - E
Pulau lombok [ Image Source ]
Dari banyaknya masjid yang didirikan di Pulau Lombok, ada sebuah masjid yang konon merupakan masjid pertama dan tertua, yaitu Masjid Kuno Bayan Baleq di Dusun Bayan, Desa Bayan, Kecamatan Bayan, Lombok Utara. Masjid tersebut kabarnya dibangun oleh Sunan AMpel dan Sunan Prapen pada tahun 1600-an.

6. Tangerang – Kota 1000 Industri

Terletak di Provinsi Banten, Tangerang merupakan salah satu pusat industri yang ada di Pulau Jawa. Saking banyaknya pabrik seperti halnya di daerah Cikarang, Tangerang akhirnya mendapatkan julukan Kota 1000 Industri.

11 Daerah dan Bangunan di Indonesia yang Memiliki Julukan dengan Sisipan Angka 1000 - F
Tangerang [ Image Source ]
Walaupun pertumbuhan dan perkembangan perindustrian di Kota Tangerang sangat pesat, akan tetapi masih dipadukan dengan unsur agama, yaitu Islam. Dikarenakan hal itu, banyak jenis industri rumahan yang bernapaskan Islam di daerah tersebut.

7. Kepulauan 1000

Nah kepulauan yang terletak di Laut Jawa dan Teluk Jakarta ini memang dari dulu memiliki nama Kepulauan 1000 karena memang banyaknya pulau-pulau kecil yang masuk dalam wilayahnya. Pulau-pulau kecil tersebut ada yang dapat dipijak atau dikunjungi oleh siapa saja, ada pula yang hanya berupa gugusan pulau yang terbentuk atau dibentuk oleh biota koral dan biota asosiasinya yang lain.

11 Daerah dan Bangunan di Indonesia yang Memiliki Julukan dengan Sisipan Angka 1000 - G
Kepulauan 1000 [ Image Source ]
Ada beberapa pulau yang masuk dalam kawasan Kepulauan Seribu ini yang sangat populer dan sering dikunjungi baik wisatawan local atau juga luar negeri, seperti Pulau Panjang, Pulau Panggang sampai dengan Pulau Bidadari.

8. Masjid Nurul Yakin – Masjid 1000 Pintu

Kembali ke Tangeran, Banten, ada sebuah masjid yang dikenal dengan nama Masjid Nurul Yakin atau nama lainnya adalah Masjid Sewu (seribu). Penggunaan kata sewu atau seribu ini didasarkan dari terdapatnya banyak pintu di bangunan yang sudah berumur puluhan tahun ini.

11 Daerah dan Bangunan di Indonesia yang Memiliki Julukan dengan Sisipan Angka 1000 - H
Masjid Nurul Yakin [ Image Source ]
Dikarenakan hal itulah, Masjid Nurul Yakin mendapatkan sebutan atau panggilan, Masjid 1000 Pintu. Keunikan lain, selain banyaknya pintu di masjid ini, ada pula tasbih berukuran raksasa yang terpajang di salah satu sudut ruangan.

9. Jepara – Kota 1000 Pondok Pesantren (Ponpes)

Jepara terkenal dengan kerajinan ukirnya. Tidak sedikit para pengrajin ukir di Kabupaten Jepara ini yang karyanya berhasil menembus pasar internasional. Dikarenakan hal itu, banyak orang yang menyebut Kabupaten Jepara sebagai Kota Ukir.

11 Daerah dan Bangunan di Indonesia yang Memiliki Julukan dengan Sisipan Angka 1000 - I
Jepara [ Image Source ]
Selain masalah seni ukir, Kabupaten Jepara juga memiliki sebutan lain yang didapatkan, yaitu Kota 1000 Pondok Pesantren (Ponpes). Hal tersebut dikarenakan banyaknya jumlah ponpes di Jepara yang bahkan melebihi jumlah ponpes yang terdapat di Kabupaten Rembang.

10. Pacitan – Kota 1001 Goa

Pacitan merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang memiliki keindahan alam sangat berlimpah. Banyak wilayah di Pacitan yang masih asri dan alami, seakan belum terjamah, membuat orang luar Pacitan suka menghabiskan waktu untuk menjelajah kerimbunan alamnya.

11 Daerah dan Bangunan di Indonesia yang Memiliki Julukan dengan Sisipan Angka 1000 - J
Pacitan [ Image Source ]
Bahkan, sebutan sebagai Kota 1001 Goa untuk Pacitan ini bukanlah suatu hal yang mengada-ada karena banyaknya goa yang ditemui di daerah ini, seperti Goa Tabuhan, Goa Luweng Jaran, Goa Gong, Goa Kalak dan masih banyak lainnya.

11. Jember – Kota 1000 Bukit

Memang dari sisi luas wilayahnya, Jember bukanlah daerah yang besar, akan tetapi jika melihat dari keindahan alamnya, maka siapa saja akan terkesima dan suka dengan panorama yang disajikan alam Jember, seperti salah satunya adalah Pantai Papuma.

Harga Tiket Masuk Wisata Papuma 2015
Jember [ Image Source ]
Selain itu, di Jember juga terdapat banyak sekali bukit yang konon jumlahnya 1.666 buah dan beberapa di antaranya sudah terancam hancur atau punah karena penambangan liar. Dikarenakan hal itulah, Jember mendapatkan sebutan sebagai Kota 1000 Bukit.

Kira-kira kota, daerah atau bangunan mana lagi ya di Indonesia yang memiliki sebutan dengan sisipan angka 1000?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA