7 Kasus Bagian Tubuh yang Putus dan Bisa Disambung Lagi!

oleh Adi Nugroho
12:00 PM on Sep 23, 2015

Puluhan tahun lalu, menyambungkan tubuh manusia yang putus ada hal yang sangat mustahil. Bagaimana mungkin hal yang telah lepas bisa di sambung. Memakai apa untuk menempelkan semua sel atau bahkan saraf yang tipis? Hmm, itu dulu! Sekarang penyambungan organ tubuh yang lepas dari tubuh adalah hal yang “bisa” dilakukan meski kadang peluang berhasilnya juga kecil.

Di bawah ini ada tujuh kasus bagian tubuh yang putus namun berhasil disambung lagi. Bahkan mampu digunakan lagi dengan baik. Well, langsung saja, inilah para manusia beruntung yang bagian tubuhnya menyambung lagi dengan sempurna!

Baca Juga
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila Dijamin Bikin Publik melongo
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya

1. Organ Kelamin Pria yang Terpotong

Apa yang anda pikirkan jika barang paling berharga ini putus dari tubuh? Pertama mungkin kita memikirkan kematian. Kedua mungkin tak ada harapan lagi untuk berhubungan badan, bahkan untuk memiliki anak. Tapi tenang, sekarang pun organ ini bisa disambungkan lagi meski putus dengan sempurna. Enggak percaya? Coba dengarkan kisah dari seorang pria di Milwaukee ini.

Organ Kelamin Pria Terpotong [image source]
Organ Kelamin Pria Terpotong [image source]
Ia mengalami patah, bahkan putus pada organ kelaminnya saat traktor yang ia kendalikan mengalami kecelakaan. Untung temannya segera membawa pria malang ini ke rumah sakit dan memasukkan “benda” yang putus itu ke dalam kantong es. Dokter yang menangani pria ini tak bisa melakukan operasi langsung. Akhirnya organ yang putus di tempelkan dahulu di lengan selama 4 minggu. Setelah keadaan pasien membaik akan dipotong dan ditransplantasikan lagi menggunakan microsurgery.

2. Tangan Terpotong Ditempelkan Dulu ke Lipatan Paha Sebelum Disambung Ulang

Pada tahun 2004 silam seorang pria bernama Israel Sarrio mengalami putus tangan di Spanyol. Dokter di rumah sakit tempat Israel dirawat ingin segera menyambung kembali tangan itu. Namun terjadi infeksi yang bisa berdampak tangan harus diamputasi dengan sempurna. Bukannya menyerah, sang dokter malah memiliki ide lain yang justru menyelamatkan Israel.

Tangan Terpotong Ditempelkan Dulu ke Lipatan Paha Sebelum Disambung Ulang [image source]
Tangan Terpotong Ditempelkan Dulu ke Lipatan Paha  [image source]

Ia menyambungkan sementara tangan yang terputus itu di lipatan paha. Di sana tangan akan tetap mendapatkan suplai darah hingga tak membusuk. Setelah 9 hari di sana, dan infeksi mampu di atasi, dokter berhasil menyambung kembali tangan Israel. Ya, meski mobilitasnya tak berjalan dengan baik. Jari-jari Israel tak bisa bergerak dengan sempurna. Namun ia bersyukur tangannya tak benar-benar lenyap.

3. Pergelangan Tangan Ditempelkan ke Kaki Sebelum Disambung Kembali

Hal mengerikan dialami oleh Zhou saat bekerja. Sebuah pisau berputar yang biasanya digunakan untuk memotong ini justru membuat pergelangan Zhou terpotong dengan sempurna. Zhou akhirnya dibawa ke rumah sakit Changsa dan ditangani oleh Dokter Tang. Melalui prosedur yang tepat dokter belum mampu menyambungkan tangan Zhou yang ternyata masih memiliki trauma dan butuh disembuhkan.

Pergelangan tangan bisa disambung lagi [image source]
Pergelangan tangan bisa disambung lagi [image source]
Akhirnya dokter menempelkan pergelangan tangan Zhou ke bagian kaki. Hebatnya prosedur ini berjalan dengan sangat lancar. Bahkan saat pergelangan tangan kembali disambungkan ke tangan, Zhou mampu menggerakkan jemarinya lagi. Dokter Tang ternyata pernah mendapatkan kasus yang sama sekitar tahun 2013 silam. Lalu 2015 masuk Zhou dengan kasus yang sama.

4. Menyambung Kembali Wajah yang Terkelupas

Adalah Sandeep Kaur, wanita yang masuk dalam rekor dunia Guinness karena berhasil mendapatkan operasi penyambungan wajah. Saat itu, ia masih berumur 9 tahun saat kejadian mengerikan membuatnya harus merasakan sakit saat alat pembersih mengoyak wajahnya. Beruntung sang ibu membawa kulit yang terkelupas bersama Sandeep ke rumah sakit.

Menyambung Wajah Kembali [image source]
Menyambung Wajah Kembali [image source]
Dokter Abraham Thomas melakukan operasi darurat selama 10 jam untuk menyambungkan pembuluh darah dan saraf. Operasi ini akhirnya sukses dan semua kulit berhasil menempel lagi ke wajah Sandeep. Atas keajaiban yang diterima ini, Sandeep akhirnya mengabdikan diri sebagai perawat dan menolong banyak orang.

5. Menyambung Tangan yang Putus Digigit Oleh Buaya

Pada April 2007 silam, seorang dokter hewan bernama Chang Po-yu mengalam kejadian paling buruk dalam hidupnya. Ia digigit oleh buaya yang ia rawat gara-gara salah menyuntikkan dosis obat. Si buaya mengamuk karena merasa kesakitan dan langsung menyambar tangan kiri Chang hingga putus.

Putus digigit buaya [image source]
Putus digigit buaya [image source]
Untunglah dokter di rumah sakit mampu menyambungkan lagi tangan Chang. Selama dua tahun ia mengalami 6 operasi untuk memperbaiki semua jaringan dan aliran darah dalam tangan. Meski mengalami kejadian kelam, ternyata Chang tak pernah membenci buaya. Ia tetap kembali bekerja sebagai dokter hewan. Hebat!

6. Menyambunkan Dua Kaki yang Terpotong Mesin Pertanian

Rassa Prascevichute harus merasakan sakit yang teramat saat mesin pertanian yang digunakan untuk memotong panen menebas kakinya. Saat itu ia masih berusia tiga tahun. Beruntunglah orang tua Rassa membawa gadis ini ke rumah sakit beserta dua kakinya yang disimpan dalam kotak es.

Dua kaki terpotong berhasil disambung [image source]
Dua kaki terpotong berhasil disambung [image source]
Dokter berhasil menyambungkan kaki Rassa pada tahun 1983 meski dilakukan dalam situasi yang serba terbatas. Saat operasi tak ada obat bius yang cukup, selain itu peralatan juga masih sangat sederhana. Namun sang dokter berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Rassa berhasil mendapatkan kakinya lagi. Bahkan tahun 2014 dikabarkan gadis ini menikah dan memulai keluarganya.

7. Menyambungkan Kembali Kepala yang Terlepas dari Tulang Belakang

Pada tahun 2014 Tony Cowan mengalami kecelakaan saat mengendarai mobil. Kendaraan yang ia kemudian dengan kecepatan tinggi menabrak tiang listrik dan menyebabkan kepalanya terlepas dari tulang belakang. Saat ditemukan, Tony sudah tidak bernapas meski beberapa otot dan saraf masih menyambung di kepalanya.

Kepala putus [image source]
Kepala putus [image source]
Dokter akhirnya membuat jantung dari Tony berdetak kembali lalu menyambungkan kepalanya. Beruntunglah operasi ini berjalan dengan baik meski Tony masih belum bisa sembuh sempurna. Saat ini ia sudah mampu berkomunikasi dengan mimik wajahnya. Well, semoga Tony segera bisa sembuh secara total.

Itulah tujuh kasus bagian tubuh yang putus namun bisa disambung lagi. Dari kejadian di atas kita mendapatkan satu pelajaran yang berharga: berusaha akan mengubah nasib seseorang. Mereka semua berusaha dengan baik dan akhirnya semua pasien mampu sembuh meski ada yang tak 100%. Tapi setidaknya usaha yang dilakukan tidaklah sia-sia.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA