Ayam Termahal Sedunia Dari Indonesia, Harganya Hingga 32 Juta!

oleh Cah Azi
10:20 AM on Mar 13, 2015

“Ayam seharga 32 juta?”, “Memangnya dilapisi emas berkarat?” Mungkin itu adalah sebagian pendapat dari orang-orang yang tidak percaya dengan ayam seharga jutaan itu. Dan itu bukanlah sesuatu yang mustahil. Ayam berharga mahal itu adalah Ayam Cemani yang asli dari Indonesia.

Baca Juga :5 Wanita Muslimah Cantik Terkaya di Dunia

Baca Juga
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting

Hitamnya Totalitas (amusingplanet)
Hitamnya Totalitas (amusingplanet)

Hitam bukanlah warna yang aneh pada dunia hewan. Beruang berwarna hitam, gorila. Ada juga keturunan anjing dan kucing yang berwarna hitam. Tapi yang satu ini adalah unggas yang banyak berkembang biak di Indonesia yakni Ayam Cemani. Cemani dalam bahasa Jawa berarti hitam. Bisa dikatakan, “Hitamnya Ayam Cemani Sangat Totalitas” sendiri, .

Ayam Cemani (amusingplanet)
Ayam Cemani (amusingplanet)

Dikatakan totalitas hitam, karena warna hitam tak terbatas pada warna bulunya saja. Keseluruhan bagian tubuh dari ayam ini serba hitam. Kulit, paruh, lidah, kaki, kuku jari kaki. Bahkan bagian dalam tubuh seperti daging, tulang, dan organnya berwarna hitam. Darahnya walau tidak berwarna hitam, namun berwarna sangat gelap.

Yang Baru Menetas Saja Warnanya Hitam (amusingplanet)
Yang Baru Menetas Saja Warnanya Hitam (amusingplanet)

Ternyata, pewarna hitam pada Ayam Cemani ini akibat dari sifat genetik yang dikenal sebagai “Fibromelanosis” yang mempromosikan proliferasi sel pigmen hitam. Gen yang menyebabkan fibromelanosis adalah mutasi pada ayam di sebagian daerah di Asia lebih dari 800 tahun yang lalu.

Dagingnya Juga Hitam (amusingplanet)
Dagingnya Juga Hitam (amusingplanet)

Ayam Cemani yang spektakuler dan eksotis ini disebut sebagai “Lamborghininya Unggas”. Karena keistimewaan dan kelangkaannya. Pada tahun 1998, ayam yang banyak dikembangbiakkan di pulau Jawa ini malah sudah “Go Internasional”. Ini tak lepas oleh seorang peternak Belanda yang membawa Ayam Cemani dari Indonesia untuk dikembangbiakkan di Eropa dan malah banyak menarik minat kalangan penggemar unggas karena penampilannya yang beda. Harga seekor Ayam Cemani pun bisa dibeli hingga Rp. 32 juta. Wow!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA