Heboh Ayam Sebesar Anak Kambing yang Viral di Dunia Maya

Dibikin opor bisa untuk 10 keluarga, tapi harganya???

oleh Arief Dian
21:00 PM on Mar 22, 2017

Biasanya, ayam terbesar yang diketahui orang Indonesia adalah kalkun. Namun belakangan muncul video viral tentang seekor ayam yang mempunyai ukuran fantastis. Bukan sebesar kalkun, tapi lebih jumbo lagi. Kira-kira seukuran anak kambing umur 2 bulan. Ayam sebesar ini tentu tak banyak orang percaya.

Video viral tersebut memang awalnya sulit untuk diiyakan. Tapi setelah dikonfirmasi, ternyata ayam raksasa ini asli. Brahma, adalah jenis dari si ayam yang memang terkenal dengan ukuran raksasanya. Di Indonesia masih cukup jarang ayam ini, tapi mulai ada yang memelihara dan mengembangkannya. Lebih jauh tentang si Brahma, berikut ulasan lengkapnya.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Sejarah Ayam Brahma

Ayam Brahma diperkirakan berasal dari India, hal tersebut didasari atas kata “Brahma” yang diambil dari bahasa sanskerta. Ayam Brahma sendiri merupakan persilangan dari ayam cochin dan ayam melayu, selanjutnya dikawinkan lagi dengan ayam Gray Chittagong. Hasilnya adalah ayam yang bertubuh besar dan mempunyai bulu yang lebat. Karena ukurannya yang besar, ayam brahma diberi julukan ayam raja di Inggris. Sebelum perang dunia pertama, Inggris melakukan impor besar-besaran ayam ini dari Cina dan India untuk memenuhi stok daging di sana. Kemudian Amerika juga melakukan impor ayam brahma dan menjadikannya sebagai salah satu ternak di sana.

Harga Ayam Brahma Bikin Kantong Jebol

Anak ayam brahma [image source]
Ayam jenis yang satu ini sangat mahal harganya. Untuk satu ekornya umur 1 bulan saja harus mengeluarkan uang sekitar Rp 1- 2 juta. Itu pula alasan kenapa di Indonesia sangat jarang sekali ditemui orang yang membudidayakan ayam ini. Sedangkan untuk ayam indukannya, bisa mencapai harga lebih dari Rp 20 juta tergantung umur dan harga ayam tersebut. Kalau ayam seukuran di video di atas sih, sudah jelas pasti lebih dari Rp. 40 juta.

Bentuk si Ayam yang Unik dan Aneh

Bentuk ayam [image source]
Ayam brahma memiliki bentuk tubuh yang unik, karena itu sering dijadikan sebagai ayam hias. Tubuhnya yang bongsor serta bulu-bulu lebat di kakinya membuat ayam ini digandrungi oleh beberapa kalangan. Kalau sebagai ayam potong, jelas dagingnya sangat banyak dan sangat empuk. Misal ayam di video itu di sembelih sih, bisa dibagi-bagi buat empat keluarga.

Bobot dan Ukuran si Brahma yang Bikin Takjub

ayam brahma besar [image source]
Normalnya ukuran ayam brahma dewasa adalah 70 cm, serta memiliki bobot maksimal mencapai 7 kg. Namun, sepertinya hal tersebut tidak berlaku untuk ayam yang ada di video tadi. Seperti yang sudah kamu lihat, ayam itu seukuran seekor kambing. Jelas bobot dan besarnya sudah melampaui ukuran normalnya ayam brahma. Diperkirakan tinggi ayam brahma di atas adalah sekitar 91 cm meter dengan bobot lebih 10 pound

Fenomena ayam raksasa ini bisa jadi ladang bisnis baru di Indonesia. Mengingat budi daya ayam ini sangat jarang di Indonesia. Jelas ini merupakan lahan yang sangat prospek. Apalagi kalau sebesar itu, pasti bisa buat beli motor untungnya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA