Ayam Jago Berotot Ini Berharga Super Mahal!

oleh Rizal
15:05 PM on Jun 24, 2015

Bagi penghobi unggas khususnya ayam mungkin udah tahu kalau hewan kelas aves ini punya banyak jenis. Mulai dari ayam kate, bangkok, bekisar, dan masih banyak yang lain. Masing-masing dari jenis ayam ini punya ciri khas sendiri. Mulai dari bulu, suara hingga postur. Nah, kalau kamu adalah penghobi yang aware sama bentuk, maka ayam satu ini mungkin akan membuatmu kepincut.

Ayam langka asal Vietnam ini punya ciri khas unik yakni kakinya yang sangat besar. Bahkan ukurannya jauh melebihi jenis ayam kebanyakan. Sehingga secara look ayam ini terlihat kekar banget guys.

Baca Juga
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting

Ternyata nggak cuma ini aja keunikan ayam langka bernama Dong Tao tersebut. Masih banyak hal menakjubkan yang perlu kamu tahu nih!

 1. Harganya Melangit

Yup, bentuknya yang nggak biasa serta jenisnya yang langka membuat ayam ini berharga cukup tinggi. Dong Tao yang udah sempurna secara fisik dihargai sampai $286 atau Rp 3,8 jutaan perekor.

Ayam Dong Tao [Image Source]
Ayam Dong Tao [Image Source]
Bahkan harganya bisa berlipat-lipat ketika ayam ini digunakan sebagai sajian saat upacara adat di negara ASEAN tersebut. Setidaknya si peminat harus menebusnya dengan harga nggak kurang dari $2500 atau Rp 33,3 juta. Sama seperti beli motor sport tuh!

2. Punya Daging yang Lebih Lembut dan Manis

Nggak cukup dengan keunikan fisik, ayam ini juga punya keunggulan di dagingnya lho. Banyak nih yang membuktikan sendiri kalau si ayam langka tersebut dagingnya lebih lembut, juicy dan manis. Hal ini pun berimbas dengan banderol harga yang lebih mahal.

Daging ayam Dong Tao lebih enak lho! [Image Source]
Daging ayam Dong Tao lebih enak lho! [Image Source]
Sehingga nggak heran kalau hanya beberapa restoran terkenal di Ho Chi Minh City yang menjual ayam ini sebagai hidangan spesial. Meskipun harus merogoh kocek yang sangat dalam, tapi taste-nya worth it.

3. Budidayanya Cukup Susah

Emang selalu jadi tantangan tersendiri untuk membiakkan hewan dengan ras khusus. Ayam Dong Tao juga demikian. Salah satu peternak di provinsi Hung Yen bernama Vu Ngoc tuan merasakan betul gimana susahnya membudidayakan ayam langka ini.

Budidayanya yang susah seimbang sama harga yang mahal [Image Source]
Budidayanya yang susah seimbang sama harga yang mahal [Image Source]
Ayam Dong Tao juga punya ciri khas sosial. Mereka akan cenderung berkelahi sampai mati kalau diletakkan dalam kandang. Sehingga si peternak setidaknya membutuhkan tempat yang cukup luas untuk hewan-hewan ini hidup.

Para breeder juga harus aware banget ketika si betina bertelur. Pasalnya ketika proses pengeraman biasanya mereka malah menghancurkan telurnya sendiri. Gimana nggak, kaki sebesar itu pastinya bikin cangkang di bawah perutnya bakal pecah. Meskipun butuh usaha keras, para peternak mengaku hasilnya sangat memuaskan. Setidaknya mereka bakal untung sekitar 60 persen. Tertarik?

4. Jadi Penarik Wisata yang Bagus

Hal-hal yang unik dan menarik tentunya bakal mengundang penasaran banyak orang. Ayam Dong Tao pun juga punya dampak yang sama nih. Banyak wisatawan mancanegara yang penasaran ingin melihat gimana kerennya ayam super kekar ini sekaligus merasakan enaknya si ayam ketika disajikan di piring-piring.

Bentuknya yang unik menarik wisatawan untuk mampir [Image Source]
Bentuknya yang unik menarik wisatawan untuk mampir [Image Source]
Bahkan tahun 2012 kemarin, Pangeran Akishino asal Jepang menjadwalkan agenda khusus untuk bertemu para breeder dan melihat langsung ayam Dong Tao ini. Kalau petinggi negara aja tertarik ayam ini tentu para penghobi ayam di Indonesia juga sama.

Bakal jadi market baru buat penghobi unggas nih. Apalagi masyarakat Indonesia yang sifat dasarnya tertarik dengan hal-hal unik kayak gini. Bakal jadi booming banget tuh. Kalau di Vietnam mungkin terjual di kisaran Rp 3,3 jutaan, tapi mungkin aja kamu bisa melelangnya dengan harga yang jauh lebih fantastis. Tertarik memelihara si kekar satu ini?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA