10 Aturan Mengejutkan Keluarga Kerajaan yang Sebenarnya Haram Dilanggar

Inilah aturan seorang keluarga kerajaan yang bikin orang biasa sulit untuk mengikutinya

oleh Faradina
18:00 PM on Feb 28, 2017

Keluarga kerajaan memang sepertinya menjadi kiblat bagi seluruh rakyatnya dalam berkehidupan sehari-hari. Mereka para bangsawan sudah tentu harus menunjukkan sikap dan tata krama yang baik agar tidak salah ditafsirkan oleh masyarakatnya. Di dunia ini ada banyak sekali negara yang masih memegang sistem kerajaan, salah satunya adalah Inggris.

Kehidupan keluarga kerajaan Inggris memang sepertinya tidak akan lepas dari sorotan ya. Tak hanya masyarakat negaranya sendiri tetapi juga sorotan dari dunia internasional. Entah itu terkait keseharian sang pangeran dan putri, sampai sikap profesional mereka. Tahukah kalian bahwa bangsawan-bangsawan itu juga memiliki beberapa aturan turun temurun yang pantang untuk mereka langgar? Di bawah ini ada 10 macam aturan keluarga kerajaan Inggris yang membuat kita berpikir ‘ah masa iya’.

Baca Juga
5 Sepeda Balap Termahal di Dunia yang Harganya Bisa Bikin Kamu Miskin dalam Sekejap
Inilah 4 Negara yang Dulunya Kaya Raya namun Sekarang Terluntah Akibat Korupsi

Harus ada minimal enam gagak hitam di Tower of London

Gagak [image source]
Menurut sejarah bila semua gagak sudah meninggalkan menara, maka kerajaan Inggris akan jatuh. Itulah kemudian sampai saat ini para anggota kerajaan benar-benar merawan banyak gagak untuk menjaga menara mereka. Sepertinya mereka percaya bila kerajaan akan mudah dijatuhkan kalau penghuninya saja tidak menghargai legenda atau kepercayaan yang ada.

Tidak bisa disentuh oleh orang biasa

Royal touched [image source]
Aturan lain menyebutkan bahwa keluarga kerajaan Inggris pantang menunjukkan kontak fisik dengan mereka yang bukan keturunan darah biru. Untuk saat ini hal ini sepertinya berlaku pada masyarakat biasa saja, karena sering kali bila ada keluarga kerajaan yang akan berfoto dengan publik figur tertentu mereka tak sengaja melakukan kontak fisik.

Tidak punya hak memilih

Hak memilih [image source]
Siapapun anggota keluarga kerajaan tidak diijinkan untuk mengikuti pemilihan apapun. Hal itu dikarenakan peran bangsawan terhadap suatu negara pastilah sangat besar dan dikhawatirkan masyarakat akan mudah terpengaruh dengan pilihan mereka nantinya. Maka dari itu selama ini mereka cenderung sangat rapi dan berhati-hati dalam menghadapi masalah politik yang sedang dihadapi.

Tidak bisa bermain monopoli

Monopoli [image source]
Hal ini pertama kali dilontarkan oleh Pangeran Andrew dalam kemunculannya di publik beberapa waktu lalu. Saat itu ada yang menunjukkannya properti permainan monopoli, dan seketika itu juga sang pangeran mengatakan bahwa dirinya serta keluarganya tidak diperbolehkan memainkan hal seperti monopoli.

Tidak boleh mengonsumsi hewan laut tertentu

Shellfish [image source]
Beberapa anggota keluarga kerajaan, termasuk sang ratu dilarang mengonsumsi hewan laut yang memiliki cangkang. Peraturan ini semata-mata diberikan agar para bangsawan itu terhindar dari segala macam alergi ataupun keracunan. Tapi Pangeran Charles sempat tertangkap kamera sedang menikmati kerang dengan sangat nikmat.

Harus duduk sesuai urutan

Posisi duduk [image source]
Tidak hanya murid sekolah saja yang harus duduk dengan teratur sesuai urutan absen, keluarga kerajaan Inggris juga harus melakukan hal serupa. Aturan ini termasuk yang cukup ketat bagi mereka. Bila ada acara pernikahan, keluarga kerajaan harus memasuki ruangan berdasarkan urutan jabatannya dengan ratu sebagai pemula.

Cara berpakaiannya harus jelas

Fashion [image source]
Seorang bangsawan diharapkan dapat berpakaian dengan gaya yang elegan dan mengesankan. Semua pakaian yang digunakan haruslah jelas dan tidak diperkenankan membuat semua yang melihat bingung dengan gaya tersebut. Maka dari itu selama ini para putri dan pangeran memilih menggunakan pakaian yang sederhana dan tetap terlihat modis.

Tidak diperbolehkan bepergian bersama-sama

Traveling [image source]
Sebuah peraturan umum memang bahwa keluarga kerajaan tidak diperkenankan berjalan-jalan dalam waktu lama bersama-sama. Hal ini tentu saja dimaksudkan untuk mencegah adanya resiko yang bisa muncul di perjalanan. Tapi karena industri penerbangan sekarang sudah berlomba-lomba memberikan rasa nyaman dan aman bagi penumpangnya, maka sudah jadi hal lumrah untuk keluarga kerajaan pergi bersama.

Harus merayakan natal bersama

Natal [image source]
Secara tradisional dari tahun ke tahun keluarga kerajaan akan merayakan natal dengan berkumpul bersama. Namun ternyata Catherine sempat melanggar kebiasaan ini dan memutuskan untuk merayakan natal bersama keluarganya di rumah. Hal tersebut kemudian membuat ratu tidak terlalu menyukai keputusannya.

Tidak bisa makan bila ratu telah selesai makan

Makan [image source]
Semua anggota keluarga kerajaan harus makan bersama di satu meja dengan sang ratu. Semua peserta makan bersama harus mengikuti apa yang ratu lakukan di meja makan, seperti inilah aturannya. Jadi bila sang ratu telah selesai makan, semua yang ada di meja makan juga harus berhenti.

Bila selama ini banyak orang beranggapan bahwa menjadi bagian keluarga kerajaan adalah hal yang seru dan menyenangkan, ternyata tidak selamanya benar. Ada beberapa aturan yang sedikit rumit yang harus dipatuhi sebagai bentuk penghormatan terhadap kerajaan dan kita tidak boleh bertindak sembarangan karena setiap gerak-gerik kita dijadikan sorotan.

 

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA