4 Hal Asli Indonesia Ini Membuat Korea Utara Cinta Mati dengan Bumi Pertiwi

Bahkan kaum elite Korut sampai doya video dewasa Indonesia, bingung mau bangga apa malu

oleh Arief Dian
11:00 AM on Aug 7, 2017

Sampai saat ini Korea Utara dikenal sebagai negara paling isolatif di dunia. Oleh sebab itu, segala sesuatu yang masuk ke sana harus melewati seleksi yang amat ketat. Belum lagi adanya kebijakan dari Kim Jong Un untuk memblokir total segala sesuatu dari beberapa negara, misalnya Amerika.

Meskipun sangat tertutup seperti itu, rupanya budaya Indonesia banyak yang masuk di sana loh. Mulai dari makanan, batik hingga video dewasa pun digandrungi oleh kaum elit di sana. Lalu bagaimana hal tersebut bisa masuk di negara yang super tertutup itu? Simak ulasan berikut.

Baca Juga
Kesh Angel, Geng Motor Perempuan Berhijab Ratu di Jalanan Maroko
Seperti Langit Dan Bumi, 10 Potret Kehidupan Korea Utara dan Korea Selatan Ini Berbeda Banget

Bunga paling dicintai masyarakat Korut dari Indonesia

Meskipun bukan sebuah bunga nasional, namun kimilsungia memiliki pamor yang luar biasa di Korea Utara. Bunga berwarna  ungu yang satu ini ternyata merupakan anggrek asli yang berasal dari Indonesia. Hal itu termuat dalam buku sejarah di Pyongyang, saat Kim Il Sung datang ke Indonesia, dia tertarik dengan sebuah bunga yang ditemuinya.

Bunga kimilsungia [image source]
Presiden Indonesia kala itu, Soekarno sempat menyarankan memberikan nama Kim Il Sung pada bunga tersebut. Sempat menolak, akhirnya bunga varietas anggrek itu diberi nama Kimilsungia, peraduan nama presiden Korea Utara dan Indonesia. Saat ini, bunga tersebut jadi favorit dan dibudidayakan di sana.

Makanan Indonesia jadi incaran warga Korut

Bukan hanya masalah bunga, kuliner asli Indonesia pun ternyata orang Korea Utara juga doyan. Ya, tepatnya beberapa waktu yang lalu KBRI Indonesia di Pyongyang ternyata diserbu oleh banyak warga Korut. Mulai dari masakan khas Indonesia seperti nasi goreng, hingga es cendol jadi rebutan para pencinta kuliner di negara yang dipimpin Kim Jong Un itu.

Makanan Indonesia [image source]
Menurut orang Korea Utara, masakan asli Indonesia ini memang rasanya agak aneh bagi lidah mereka, namun entah mengapa malah bikin mereka ketagihan. Alhasil, jualan makanan khas Indonesia ini jadi ludes diborong oleh para penduduk lokal.

Kain batik Indonesia ludes dijual

Ternyata orang Indonesia juga sangat suka dengan kain Indonesia loh. Buktinya saat bazar budaya yang dilakukan di KBBI Indonesia di Pyongyang, rupanya penduduk di sana langsung menyerbu stan batik. Berbagai motif batik khas Indonesia rupanya ludes dibeli oleh warga setempat. Rupanya kecintaan orang Korea pada batik Indonesia ini bukan hanya karena motifnya yang unik.

Batik dari Indonesia [image source]
Ternyata ketenaran kain batik sebagai budaya khas Indonesia ini rupanya sudah masuk di telinga mereka meskipun di sana adalah negara tertutup. Ini adalah sebuah kebanggaan bagi negara kita, ketika budaya lain sangat sulit masuk ke Korea Utara, malah milik Indonesia yang diterima sangat terbuka oleh rakyatnya.

Video dewasa orang Indonesia ternyata disukai elit Korea

Seperti yang diketahui kalau di Korea sangat membatasi penggunaan internet dan media sosial. Oleh sebab itu hanya beberapa kalangan elit yang bisa memakainya. Namun ternyata, warga elit tersebut rupanya doyan jika menonton video dewasa yang berasal dari Indonesia. Buktinya, salah satu situs video panas terbesar di dunia menjelaskan ada ribuan pengguna yang mengakses websitenya berasal dari Korea Utara.

Kim Jong Un dan internet [image source]
Dan kebanyakan keyword yang mereka cari adalah  Jepang, Mongolia, China dan Indonesia. Entah kalau macam begini harus bangga atau malah malu. Namun berdasarkan data itu, bisa diketahui kalau orang Korea Utara suka dengan face Indonesia.

Meskipun sangat tertutup pada dunia, rupanya Korea Utara masih membuka diri pada Indonesia. Hal ini mungkin juga dipengaruhi oleh hubungan kedua negara yang bisa dibilang lumayan langgeng bahkan sejak zaman Soekarno. Diharap hubungan seperti ini terus berlanjut hingga ke depannya.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA