Nih, 5 Negara Paling Siap Tempur di Regional ASEAN. Indonesia Nomor Berapa, ya?

oleh Adi Nugroho
08:56 AM on May 18, 2016

Setiap tahun, negara-negara di kawasan Asia Tenggara membelanjakan sejumlah $40 Miliar untuk keperluan militer. Alokasi dana yang sangat besar ini membuat kekuatan Asia Tenggara sangat diperhitungkan sebagai sebuah kawasan. Banyak negara besar di Asia Tenggara seperti Indonesia, Vietnam, dan Thailand yang memiliki kekuatan militer terbesar.

Dari sepuluh negara yang ada di ASEAN, lima di antara dikenal paling siap perang. Dari kekuatan pasukan, kekuatan darat, laut, udara, serta alokasi dana setiap tahunnya. Boombastis telah merangkum dari berbagai sumber tentang negara mana saja yang akan kuat dalam menghadapi perang. Kira-kira Indonesia nomor berapa ya?

Baca Juga
6 Alasan Kenapa One Piece Nggak Pernah Bikin Penggemar Bosen Meski Sudah 20 Tahun
Inilah 4 Alasan Mengapa Profesi TKI Bisa Bikin Seseorang Jadi Kaya Mendadak

1. Singapura

Singapura memang negara yang sangat kecil jika dibandingkan dengan negara lain di kawasan Asia Tenggara. Namun, negara ini punya kekuatan militer yang cukup diperhitungkan. Singapura memiliki angkatan udara yang hebat serta beberapa pelontar misil yang bisa membuat negara di sekitarnya ketar-ketir, Indonesia termasuk.

militer singapura [image source]
militer singapura [image source]
Setiap tahun Singapura mengalokasikan dana sekitar $9,8 Miliar untuk keperluan pertahanan. Jumlah ini sekitar 3,3 persen dari PDB. Jumlah ini termasuk terbesar di Asia Tenggara, bahkan Indonesia pun kalah. Dengan wilayah yang sangat kecil, Singapura memiliki pertahanan yang tinggi, belum jika dibantu oleh negara Commonwealth.

2.  Indonesia

Saat ini Indonesia memiliki sekitar 476.000 tentara aktif dan 400.000 orang yang bisa digunakan untuk cadangan. Selain itu, jika keadaan darurat datang, Indonesia memiliki 4,5 juta penduduk yang membantu dalam peperangan. Untuk masalah ranpur, Indonesia memiliki tank sebanyak 468, pesawat tempur sebanyak 420, dan kapal tempur di lautan sebanyak 221 unit.

militer Indonesia [image source]
militer Indonesia [image source]
Untuk masalah dana, Indonesia mengalokasikan sekitar $6,9 Miliar setiap tahun untuk kepentingan militer. Jumlah ini hanya 0,8 persen dari PDB. Termasuk kecil untuk ukuran negara dengan luas wilayah terbesar di kawasan Asia Tenggara. Jika kelak ada pertempuran, Indonesia sudah siap di garis depan dengan senjata-senjata andalan yang dimiliki.

3. Thailand

Thailand adalah negara selanjutnya yang siap tempur dengan segala kekuatannya. Saat ini Thailand memiliki dana kemiliteran terbanyak ketiga di Asia Tenggara. Jumlah dana itu sekitar $5,7 Miliar atau 1,5 persen dari PDB yang dimiliki oleh negara. Dengan jumlah ini Thailand siap mengerahkan segala kekuatan untuk menangani gangguan yang datang kapan saja.

militer Thailand [image source]
militer Thailand [image source]
Berdasarkan lama situs globalpowerfire, Saat ini Thailand berada di posisi 20 dari negara terkuat di dunia. Dengan 310.000 tentara aktif dan 245.000 tentara cadangan, Thailand akan sulit sekali ditembus. Negara yang dikenal dengan wisata pantai ini memiliki ranpur jenis tank sebanyak 722 unit, kendaraan lapis baja sebanyak 2.600, pesawat tempur sebanyak 551, dan kapal laut sebanyak 81 unit.

4. Vietnam

Vietnam termasuk kekuatan besar di kawasan Asia Tenggara. Dengan jumlah penduduk yang nyaris 100 juta jiwa, negara ini mulai membenahi sistem kemiliteran. Saat ini Vietnam memiliki 415.000 anggota militer aktif di berbagai bidang. Selain itu, tentara cadangan yang dimiliki oleh negeri  ini cukup banyak, sekitar 5 juta jiwa, lebih banyak dari negara lain di regional Asia Tenggara.

militer vietnam [image source]
militer vietnam [image source]
Untuk pertahanan darat, Vietnam memiliki sekitar 1.470 tank. Pertahanan udara ditunjang dengan 289 pesawat tempur dan 161 pesawat pengangkut. Urusan pertahanan laut, Vietnam mengusung 65 kapal besar, 7 frigate dan 5 kapal selam. Setiap tahun, negara yang pernah mengalami perang saudara ini mengalokasikan sekitar $3,4 Miliar atau 2,2 persen dari PDB.

5. Malaysia

Malaysia memiliki sekitar 110.000 tentara aktif dan 296.000 tentara cadangan yang siap dikerahkan untuk bertempur. Selain itu, Negara ini juga punya manpower atau kekuatan warga negara sebanyak 15 juta jiwa yang siap diandalkan jika situasinya sangat buruk. Untuk memperkuat sektor kemiliteran, Malaysia memberikan dana sebesar $4,9 Miliar atau 1,5 persen dari PDB.

militer malaysia [image source]
militer malaysia [image source]
Kekuatan tempur di sektor darat, laut, dan udara Malaysia cukup tangguh. Negara ini memiliki 74 tank dan 1.318 kendaraan lapis baja lainnya. Untuk pesawat tempur, Malaysia memiliki 227 unit didukung dengan 79 helikopter. Sektor laut, Malaysia memiliki setidaknya 61 unit kapal tempur dan 2 kapal selam.

Inilah lima negara paling siap tempur yang ada di regional Asia Tenggara. Kekuatan militer kawasan ini mungkin masih kalah jauh dengan Amerika atau pun Rusia. Namun, jika Asia Tenggara bersatu pada, kawasan ini akan susah untuk ditembus oleh apa pun.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA