Menguak Asal-Usul Keberadaan Nyi Roro Kidul dari Perspektif Mitos, Sejarah, dan Agama

oleh Adi Nugroho
06:00 AM on Oct 13, 2016

Bagi masyarakat yang tinggal di Jawa, Nyi Roro Kidul selalu dipercaya sebagai penguasa laut selatan. Wanita yang konon sangat sakti ini juga memiliki hubungan dengan para raja-raja Jawa era Mataram hingga sekarang. Melalui persekutuan ini, Jawa dilindungi oleh kekuatan gaib yang tidak tampak namun sangat kuat dan bisa dirasakan oleh mereka yang memiliki linuwih atau kelebihan.

Masih tentang Nyi Roro Kidul, beberapa orang memperdebatkan dari mana asalnya wanita yang sakti luar biasa itu. Beberapa pandangan menyebutkan bahwa dia adalah seorang putri raja, seorang bidadari, jin, dan lain sebagainya. Lantas, mana yang paling benar? Tidak ada! Setiap pandangan atau perspektif memiliki kebenarannya sendiri. Berikut beberapa pandangan tentang asal-usul Nyi Roro Kidul.

Baca Juga
4 Bukti Gregetnya Orang Indonesia Kalau Ada Bahaya, Kayak Sudah Hilang Urat Takutnya
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer

Pandangan Sejarah dan Konspirasi Era Penjajahan Belanda

Kisah dari Nyi Roro Kidul bermula dari lahirnya seorang putri bernama Ratu Ayu dari Kerajaan Galuh. Sejak dia lahir, keanehan sudah terjadi pada tubuhnya. Dia bisa bicara dan mengatakan jika dirinya merupakan penguasa pantai selatan. Setelah dewasa di menunggu seorang pria yang kelak akan menjadi suaminya. Pria itu adalah raja Jawa yang kelak datang ke pantai selatan untuk meminta bantuan.

Konspirasi Nyi Roro Kidul [image source]
Konspirasi Nyi Roro Kidul [image source]
Dan benar saja, akhirnya Panembahan Senopati yang merupakan raja Mataram datang ke pantai selatan. Dia melakukan semadi selama beberapa malam sebelum akhirnya Nyi Roto Kidul datang dan jatuh cinta pada sosok raja itu. Akhirnya kedua insan itu bercinta selama tiga hari tiga malam di bawah laut sebelum Panembahan Senapati kembali dan berperang.

Di era Sultan Agung tiba, dia menciptakan tari bedhaya yang merupakan perwujudan percintaan sang kakek dengan penguasa laut selatan. Oh ya, pendapat lain tentang Nyi Roro Kidul dikemukakan oleh seniman kawakan Pramoedya Ananta Toer. Menurut beliau Nyi Roro Kidul adalah tokoh rekaan seniman kala itu. tokoh ini diciptakan untuk menutupi kekalahan Mataram dari Belanda. Dengan menciptakan tokoh ini mereka seakan-akan masih memiliki kuasa akan pantai selatan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA