9 Artis Terkenal Indonesia yang Memulai Karirnya dari Menjadi Pemulung sampai Pengamen Jalanan

oleh Diah
07:00 AM on Feb 28, 2016

Memang tidak ada orang yang dapat memprediksikan rezeki karena segalanya merupakan misteri yang sudah diatur oleh Tuhan dan harus dicapai manusia dengan cara berusaha. Ada yang mendapatkan rezekinya tersebut dengan sangat mudah dan ada pula yang harus melalui sejumlah rintangan atau galangan.

Kalimat di atas tidak hanya berlaku untuk orang biasa saja, karena ada artis atau selebritis yang mendadak terkenal karena memang ‘dompleng’ ketenaran keluarganya yang sudah terlebih dahulu menjadi publik figur dan sering disebut dengan istilah artis dadakan, namun ada juga yang benar-benar memulai dari 0 atau dari dasar.

Baca Juga
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia
6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi

Nah, berikut ini adalah beberapa artis dan selebritis terkenal di Tanah Air yang dulunya miskin dan hidup sengsara, namun kini sudah memiliki popularitas karena hasil dari kerja kerasnya tersebut.

1. Inul Daratista

Sebelum terkenal seperti sekarang ini, penyanyi dangdut yang bernama asli Ainur Rokhimah dan mempopulerkan gaya menari dangdut dengan istilah Goyang Ngebor ini harus melakukan perjuangan yang cukup berat dan berliku.Artis, penyanyi sekaligus selebritis yang nada bicaranya kerap masih terdengar medok atau bernuansa atau berlogat Jawa ini memulai karirnya di daerah Pasuruan, Jawa Timur.

Inul Daratista [image source]
Inul Daratista [image source]

Dia menyanyi dari tempat satu ke tempat lain, dari panggung satu ke panggung yang lain dan ikhlas menerima bayaran beberapa ribu saja.Walaupun hasil yang diperoleh hanya terbilang sedikit, namun Inul tetap bersyukur karena tetap dapat menghasilkan uang dan tidak menganggur. Setelah Goyang Ngebor yang dipopulerkannya membuat banyak orang penasaran, namanya secara perlahan mulai dikenal di mana-mana dan job manggungpun bergulir sampai akhirnya mengantarkan dirinya menjadi salah satu selebritis terkenal di Indonesia.

2. Tukul Arwana

Hidup sengsara berbalut kemiskinan adalah suatu hal yang biasa dirasakan oleh pria yang dipanggil dengan nama Tukul ini semasa muda. Untuk dapat membayar uang sekolah saja, Tukul harus bekerja sampingan dan juga pernah menjadi kernet sampai dengan supir angkutan.Berawal dari tekadnya untuk dapat mengubah nasib, Tukul merantau ke Ibu Kota.

Tukul Arwana [image source]
Tukul Arwana [image source]

Dengan kerasnya kehidupan Jakarta, Tukul pernah diusir dari rumah kontrakan bahkan menjadi gelandangan dan kuli bangunan. Namun usaha kerasnya tidak berhenti hanya karena masalah tersebut, komedian satu ini akhirnya mendapatkan pekerjaan sebagai penyiar radio dengan bayaran sekitar Rp 75 ribu saja. Popularitas Tukul secara perlahan melejit setelah dia membintangi video clip Joshua berjudul “Diobok-obok.”

3. Caisar Putra Aditya

Bermula dari acara di stasiun televisi swasta yang disiarkan pada saat Bulan Ramadan beberapa tahun lalu, nama Caisar Putra Aditya mendadak melejit karena goyangannya yang dinamakan Goyang Cesar banyak disukai dan ditirukan orang.

Caisar Putra Aditya [image source]
Caisar Putra Aditya [image source]

Berawal dari hal itulah, dia mendapatkan kontrak untuk terus mengisi acara tersebut beserta beberapa acara lainnya. Namun, sebelum menjadi terkenal dan memiliki banyak uang, Caisar hanyalah seorang tukang ojek dengan bayaran Rp 40 ribu saja.

4. Iko Uwais

Siapa sangka aktor ganteng yang juga terkenal karena film yang dibintanginya, “The Raid,” booming dan diputar di beberapa negara di dunia. Sebelum menjadi seorang yang terkenal seperti sekarang ini, Iko sempat bekerja sebagai seorang sopir truk di sebuah perusahaan provider telekomunikasi.

Iko Uwais [image source]
Iko Uwais [image source]

Dikarenakan hobinya melakukan olahraga pencak silat, tanpa disadari justru hal tersebutlah yang mengubah nasibnya dan membuat hidupnya lebih enak dibandingkan dahulu. Bahkan, selain menjadi aktor utama dalam The Raid, bersama dengan lawan tandingnya di film tersebut, Yahya Ruhiyan, Iko mendapatkan peran di film terkenal dunia, yaitu Star Wars.

5. Oppie Kumis

Pria bertubuh sedang, berkepala botak dan berkumis lebat atau sering dipanggil dengan sebutan Oppie Kumis ini juga merupakan salah seorang selebritis terkenal di Indonesia. Namun siapa sangka sebelum menjadi artis, Oppie sempat menjadi seorang kuli bangunan. Pekerjaannya itu dilakukan dengan penuh semangat karena dia pada waktu itu sudah berkeluarga dan harus menghidupi anak dan istrinya.

opik kumis [image source]
opik kumis [image source]

Selain menjadi kuli bangunan, Oppie juga pernah menjadi seorang pedagang sayur dadakan dengan menjajakan barang dagangannya secara berkeliling dari tempat satu ke tempat lainnya.

6. Charlie Van Houten

Penyanyi yang merupakan vokalis dari Setia Band bernama Charlie Van Houten ini ternyata juga memiliki kisah tak kalah menyedihkan di waktu dulu. Ketika belum terkenal seperti sekarang ini, Charlie pernah menjadi seorang pengamen jalanan bersama sang istri. Untuk mendapatkan uang yang dapat digunakan untuk membeli makanan, dia harus mengamen di jalanan atau di beberapa stasiun.

Charlie Van Houten [image source]
Charlie Van Houten [image source]

Bahkan, tidak jarang dia harus menahan lapar atau hanya makan tempe goreng, nasi putih dan teh saja sehari-hari, karena hasil dari mengamen tidak menentu, apalagi dia harus menafkahi istrinya. Agar mendapatkan uang untuk kebutuhan sehari-hari, dia dan istrinya berbagi tugas, sang istri menjadi penyanyi cafe, sedangkan dia bergerilya di jalanan dengan gitar di tangan.

7. Sony Wakwaw

Mungkin dapat dikatakan bahwa hidup bocah yang dikenal dengan nama Sony Wakwaw ini beruntung karena sekarang ini dia sudah mendapatkan hasil lebih dari cukup dan masuk dalam jajaran selebritis di Tanah Air.

Sony Wakwaw [imange source]
Sony Wakwaw [imange source]

Sebelum terkenal, Sony ternyata adalah seorang pemulung yang harus bekerja di usianya yang masih tergolong sangat belia. Namun siapa sangka, setelah dirinya membintangi sebuah sinetron di stasiun televisi swasta, hidupnya berubah 180 derajat dan sekarang sudah tidak lagi harus mengais sampah.

8. Cinta Penelope

Wanita yang sukses dalam dunia tarik suara satu ini juga memiliki kisah masa lalu yang tak kalah menyedihkan. Sebelum terkenal, Cinta Penelope pernah bekerja sebagai pembantu rumah tangga, menjadi pengamen jalanan sampai dengan penjual kue.

Cinta Penelope [image source]
Cinta Penelope [image source]

Namun, tanpa kenal lelah dan tidak malu menjalani segala jenis pekerjaan, ketekunan dan kerja kerasnya tersebut mampu mengantarkannya ke jenjang kesuksesan seperti sekarang. Cinta Penelope akhirnya mampu sukses menjadi seorang penyanyi sekaligus pemain film dan masuk dalam jajaran artis top Ibu Kota.

9. Rian “D’Masiv”

Seperti halnya Charlie Van Houten di waktu dulu, vokalis band D’Masiv, yaitu Rian, ternyata juga pernah mengalami masa-masa menyedihkan sebelum terkenal seperti sekarang. Pria satu ini pada waktu dulu pernah menjadi pengamen jalanan bersama teman-temannya.

Rian “D’Masiv” [image source]
Rian “D’Masiv” [image source]

Memang tidak sampai seperti Charlie yang mengalami pahit dan kerasnya kehidupan serta tidak jarang harus kelaparan karena tidak memiliki uang untuk makan, Rian harus mengamen dari bus kota ke bus kota lainnya, dari terminal Blok M sampai Ciledug.

Selain mereka-mereka di atas yang sudah terkenal, tentunya semangat juang, pantang menyerah sampai dengan tidak patah semangat walaupun didera himpitan kondisi dan ekonomi para artis yang memiliki masa lalu memprihatinkan tersebut, dapat kita jadikan inspirasi agar tidak mudah menyerah dan terus bersemangat walaupun dihadang masalah atau juga rintangan.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
error put content