Bangga, Artis Indonesia Tampil di Panggung Internasional

oleh Centralismo
09:30 AM on Jan 1, 2015

Banyaks sekali penyanyi atau grup band Indonesia yang berbakat dan mampu bersaing di kancah internasional. Namun, sayangnya, di Indoensia sendiri biasanya artis-artis tersebut kurang mendapat ruang untuk menunjukkan kebolehannya. Padahal di luar negeri mereka sangat dielu-elukan.

Berikut ini kami rangkum lima artis Indonesia yang tampil di panggung dunia. Beberapa dari mereka bahkan memenangkan penghargaan bergengsi. Selain penyanyi solo, ada beberapa grup band indie yang diam-diam memiliki banyak fans dan berada di panggung yang sama dengan band-band besar dunia.

Baca Juga
6 Alasan Kenapa One Piece Nggak Pernah Bikin Penggemar Bosen Meski Sudah 20 Tahun
Inilah 4 Alasan Mengapa Profesi TKI Bisa Bikin Seseorang Jadi Kaya Mendadak

1. Sandhy Sandoro

Pada sebuah festival musik bergengsi di Latvia, Sandhy Sandoro tampil dengan memukau. Sebelum Sandhy tampil di panggung, kedua host memperkenalkan Sandhy sebagai penyanyi yang berasal dari Jakarta, Indonesia. Kedua host itu juga mengutip pernyataan Sandhy bahwa dia adalah seorang yang beragama islam.

Menyanyikan lagu When A Man Loves A Woman, Sandhy tampil dengan sangat memukau. Semua penonton memberikan sambutan yang meriah dan tampak tercengang di sepanjang penampilan ini. Dia mendapat perhatian penuh hingga akhir penampilannya.

2. Anggun C Sasmi

Anggun adalah satu dari sedikit penyanyo solo wanita di Indonesia yang melalanglang buana ke kancah internasional. Di Eropa, nama Anggun sudah tidak asing lagi, khususnya di Perancis. Lagunya “La Neige au Sahara” atau “Salju di Sahara” sempat menjadi lagu cinta wajib di Prancis.

Kali ini Anggun berduet menyanyikan lagu hitsnya itu dengan seorang penyanyi pop yang legendaris dari Portugal, Tony Carreira. Anggun memang sudah sering satu panggung dengan penyanyi andalan Portugal tersebut. Mereka bahkan sempat berkesempatan masuk ke dapur rekaman dengan membawakan lagu yang sama.

3. Gugun Blues Shelter

Band ini memang jarang terdengar namanya di Indonesia. Mereka juga jarang tampil di acara-acara musik yang menjamur di televisi Indonesia. Namun, dalam ajang perlombaan musik rock dunia, mereka sudah sering keluar sebagai pemenang.

Kali ini, Gugun Blues Shelter berkesempatan untuk tampil di panggung kehormatan Hard Rock Calling pada tahun 2011. Hanya band-band tertentu yang sudah terjamin kualitasnya yagn bisa tampil di sini. Acara tersebut dilaksanakan di London dan Gugun Blues Shelter menjadi band pembuka di hari ketika. Mereka ditonton sedikitnya 85.000 penonton dari seluruh dunia.

4. Mocca

Band indie beraliran jazz ini sudah terbentuk sejak awal tahun 2000-an dan terus eksis di jagad indie. Mereka memang jarang tampak di acara televisi di Indonesia. Namun fans fanatik mereka tersebar di seluruh dunia. Mereka juga pernah berkolaborasi dengan beberapa penyanyi asal Australia.

Kali ini Mocca berkesempatan menggelar konser khusus untuk menyapa penggemar mereka di Korea. Mocca menggelar beberapa panggung selama berada di negara gingseng tersebut. Mereka bahkan memiliki acara khusus yang disiarkan live di salah satu stasiun TV Nasional Korea.

5. White Shoes and The Couples Company

Band asal Jakarta ini awalnya berdiri karena semua personilnya menuntut ilmu di universitas yang sama yaitu Institut Kesenian Jakarta. Mereka melanglang buana di jagad musik indie dan dengan cepat menjadi pusat perhatian.

Pada tahun 2008, band beraliran funk jazz ini melakukan tur keliling Amerika Serikat. Mereka mengadakan tur ini dalam rangka mempromosikan album mereka yang diproduksi oleh rumah rekaman Amerika. Dalam video ini mereka menyanyikan lagu Sabda Alam dari Ismail Marzuki di San Fransisco.
Itu tadi lima artis Indonesia yang tampil di pentas dunia. Mungkin beberapa dari nama di atas masih asing bagi anda. Begitulah kenyataannya, artis yang berjaya di kancah internasional jarang sekali mendapat sorotan yang baik di negeri sendiri.

Masih banyak lagi artis-artis Indonesia yang tampil di festival panggung musik dunia. Tidak ada salahnya untuk mencari tahu tentang mereka sebagai salah satu bentuk apresiasi kita pada kesenian dan kebudayaan Indonesia. Dan mari kita doakan semoga mereka tetap berjaya dan artis-artis lain menyusul dengan karya yang sama bagusnya. (HLH).

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA