Artifak Bersejarah yang Belum Bisa Dijelaskan Hingga Sekarang

oleh Tetalogi
07:00 AM on Oct 2, 2015

Barang-barang bersejarah selalu memiliki cerita khusus dibaliknya. Hal itulah yang membuat kisah-kisah seperti ini selalu menarik untuk diceritakan. Itulah mengapa museum banyak menyimpan benda-benda bersejarah, yaitu untuk mengenang dan menceritakan suatu hal yang pernah terjadi dalam sejarah.

Meski begitu, tidak semua artifak itu bisa diceritakan dengan gamblang sejarah ataupun asal-usulnya. Bahkan ada juga beberapa artifak yang masih belum bisa dijelaskan oleh para ahli sejarah. Berikut ini diantaranya.

Baca Juga
7 Hal Ini Jadi Alasan Kenapa Wanita Jepang Ogah Menikah
Lolicon, Sindrom Ketertarikan Pada Gadis di Bawah Umur yang Ternyata ‘Berbeda’ dengan Pedophilia

1. Manusia Kadal Ubaid, Irak

Arkeologi mainstream menganggap bahwa peradaban di Irak dimulai oleh Mesopotamia kuno yaitu peradaban Sumeria. Namun, terdapat sebuah penemuan bersejarah di situs arkeologi Al Ubaid yang berusia 7000 tahun pada masa sebelum peradaban Sumeria. Beberapa diantaranya adalah penemuan artifak berbentuk manusia tapi dengan karakteristik seperti kadal.

Manusia Kadal Ubaid
Manusia Kadal Ubaid

Patung seukuran tangan ini berasal dari tahun 4000 hingga 5500 sebelum masehi dari masyarakat Ubaid. Kepalanya yang berbentuk memanjang dengan mata yang berbentuk seperti almond membuat patung ini terlihat seperti reptil. Hal ini membuat banyak orang percaya bahwa patung ini menunjukkan semacam dewa ular.

Patung-patung ini banyak ditemukan terkubur bersama manusia sehingga dipercaya untuk menunjukkan status seseorang yang dimakamkan tersebut. Menurut arkeolog, posturnya yang seperti sosok wanita yang menyusui tidak menunjukkan bahwa patung-patung ini adalah obyek ritual, jadi tidak ada yang tahu sebenarnya patung apakah ini. Namun apapun itu, benda ini tampaknya penting untuk masyarakat kuno Ubaid.

2. Fosil yang Mustahil

Fosil adalah sisa-sisa makhluk hidup yang terawetkan atau jejak organisme dari masa lalu. Meski begitu, ada juga beberapa fosil yang tidak masuk akal baik secara geologi atau sejarah.

Jejak tangan [Image Source]
Jejak tangan [Image Source]
Misalnya adalah fosil jejak tangan manusia yang ditemukan di batu kapur dan diperkirakan berusia 110 juta tahun, fosil jari manusia di Kanada, Kutub Utara yang berusia 100 juta hingga 110 juta tahun lalu, serta fosil jejak kaki manusia yang terlihat seperti menggunakan sandal yang berusia 300 juta hingga 600 juta tahun. Tentu saja hal ini aneh mengingat 100 juta tahun lalu dinosaurus lah yang berjalan-jalan di atas bumi.

3. Labirin Bolshoi Zayatsky

Masyarakat prasejarah pada tahun 3000 sebelum masehi menggunakan pulau Bolshoi Zayatsky untuk membangun desa dan sebagai tempat suci. Mereka juga membangun labirin batu yang misterius dan tidak ada yang bisa diketahui tentang masyarakat ini.

Bolshoi Zayatsky [Image Source]
Bolshoi Zayatsky [Image Source]
Struktur ini dibangung dengan dua baris batu besar yang ditumbuhi tanaman. Labirin terbesar memiliki diameter 24 meter dan kebanyakan dari labirin ini berbentuk spiral. Tidak ada yang tahu dengan pasti apa fungsi labirin ini, namun beberapa arkeolog percaya bahwa labirin ini digunakan sebagai lambang batas antara dunia kita dan dunia bawah atau neraka.

Labirin adalah hal yang jarang ditemukan dalam arkeologi dan hanya ada 300 yang diketahui di dunia. Labirin yang ada di Bolshoi Zayatsky adalah yang paling berhasil bertahan utuh dengan baik.

4. Dodecahedron Romawi, Kekaisaran Romawi

Pada daerah-daerah yang dulunya masih merupakan bagian dari atau masih mendapatkan pengaruh Kekaisaran Romawi, ditemukan sekitar 100 benda aneh. Benda aneh ini memiliki bentuk yang tidak biasa dan sampai saat ini tidak ada yang tahu benda apakah ini.

Dodecahedron [Image Source]
Dodecahedron [Image Source]
Benda ini berbentuk dodecahedral, yaitu dengan 12 sisi pentagonal yang masing-masing menghadap lubang berbentuk lingkaran yang menghubungkan bagian tengah yang kosong berongga. Benda yang terbuat dari perunggu atau batu ini diperkirakan berasal dari abad ke 2 atau 3.

Meskipun bangsa Romawi biasanya sangat teliti dalam hal membuat catatan tertulis tentang apapun yang mereka lakukan, tidak pernah ada yang berhasil menemukan penjelasan tentang benda ini.

5. Pesawat Quimbaya, Colombia

Artifak berwarna emas ini dibuat oleh peradaban Quimbaya pada tahun 1000 SM hingga 1000 setelah Masehi. Banyak dari artifak ini memiliki bentuk layaknya pesawat terbang seperti yang banyak kita lihat. Namun melihat tahun dibuatnya, tentu saja benda ini cukup aneh karena pada zaman tersebut mereka tentu belum mengenal pesawat terbang.

Quimbaya Plane [Image Source]
Quimbaya Plane [Image Source]
Model ini berukuran antara 5 hingga 7,5 sentimeter. Masing-masing memiliki desain seperti burung, kadal, amfibi, serta serangga yang umum ada di daerah tersebut. Apa yang membuat model pesawat ini mengagumkan adalah karena artifak ini secara aerodinamis ternyata sangat akurat.

Pada tahun 1994, insinyur penerbangan Peter Belting dan Conrad Lubbers menciptakan radio kontrol dengan skala yang lebih besar berdasarkan artifak ini. Mereka berhasil membuktikan bahwa model ini ternyata bisa terbang bahkan dengan baling-baling sederhana atau dengan kekuatan jet. Pertanyaanya, bagaimana bisa manusia dari zaman sebelum Columbia tahun 1000 SM memahami konsep rumit seperti aerodinamis?

6. Batu Bulat Kosta Rika

Sejak tahun 1930an, ratusan bola batu raksasa ditemukan mulai dari yang berdiamter beberapa sentimeter hingga yang berukuran lebih dari 2 meter. Hampir semuanya terbuat dari granodiorit, batu berapi yang keras dengan berat mencapai 16 ton.

Batu Bulat Kosta Rika [Image Source]
Batu Bulat Kosta Rika [Image Source]
Meskipun bola batu ini jelas-jelas dibuat oleh manusia, tapi tidak ada yang tahu siapa yang membuat bola-bola ini, untuk tujuan apa, dan bagaimana mereka bisa membuat bola yang sangat presisi seperti ini.

Nah, itulah tadi beberapa artifak bersejarah yang hingga kini belum bisa dijelaskan. Menurutmu, artifak manakah yang paling aneh?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya 5 Bercandaan Presiden Soekarno yang Lebih Kocak Dari Stand Up Comedy Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri
BERITA TERKAIT
BACA JUGA