Apple Resmi Meluncurkan OS X El Capitan

oleh Adys Disty
06:16 AM on Jun 13, 2015
Tampilan OS X El Capitan via metrotvnews
Tampilan OS X El Capitan via metrotvnews

Apple telah mengumumkan sistem operasi baru Mac OS X El Capitan sebagai nama sistem operasi komputer Mac pada acara Worldwide Developer Conference (WWDC), Selasa (9/6) lalu. Sistem operasi ini menawarkan dua peningkatan dibanding pengalaman penggunaan dan peningkatan performa.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, CEO Apple Tim Cook menyampaikan pengantar yang sangat singkat. Dia menghilangkan kebiasaan menyampaikan update informasi tentang statistik produk Apple. Penyebabnya, Apple ingin fokus pada pengumuman mengenai hal-hal baru.

Baca Juga
Blunder! 7 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi

Salah satu hal yang menarik dari sistem operasi ini adalah kehadiran fitur split view, mirip dengan fitur pada Windows 8 buatan Microsoft. Fitur ini berguna ketika menjalankan dua aplikasi secara bersamaan. Aplikasi akan membagi dua layar dan ditampilkan berdampingan antara sisi kanan serta kiri.

Saat mode split view dijalankan, pengguna dapat membagi atau memindahkan konten dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Selain itu, pengguna pun bisa dengan mudah membuka split view baru hanya dengan cara menggeser dan menyatukan dua aplikasi berbeda dalam mode Mission Control.

Apple juga mengembangkan MacOS X versi 10.11 dengan tujuan memperkaya pengalaman penggunaan penggunanya. Pengguna El Capitan juga mendapatkan fitur Swiping Gestures, seperti yang terdapat di iOS. Ketika membuka aplikasi Mail, pengguna dapat mengusapkan kursor ke kanan untuk menandainya atau ke kiri untuk memasukkannya ke tempat sampah.

Perubahan terbesar adalah hadirnya mesin pemrosesan grafis bernama Metal. Sebelumnya, mesin pemrosesan grafis ini telah digunakan di iOS. Dengan hadirnya Metal pada Mac OS X El Capitan, para pengembang game bisa lebih mudah membuat game dalam versi desktop. Selain itu, OS X El Capitan dapat membuka aplikasi 1,4 lebih cepat.

Apple memastikan peningkatan performa grafis dengan menggandeng Adobe. Metal akan membuat proses rendering di aplikasi Adobe naik 8 kali. Sementara itu, untuk meningkatkan performa game, Apple kembali menggandeng Epic. Perwakilan Epic mengatakan Metal akan membuat game berjalan 70 persen lebih efisien dibanding sebelumnya.

OS X El Capitan sudah tersedia untuk para pengembang aplikasi mulai hari ini dan pengguna awam pada September nanti. Para pengembang sudah dapat mencoba Mac OS X El Capitan dalam versi beta. Sedangkan pengguna lainnya masih harus sabar menunggu hingga musim gugur mendatang untuk mendapatkan rilis resminya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA