5 Aplikasi Traveling Ini Banyak Kasih Diskon, Menyelamatkan Dompetmu Agar Nggak Sekarat Setelah Liburan

Karena setelah liburan, pastikan keuanganmu masih sehat

oleh Aini Boom
17:00 PM on Jul 15, 2017

Setelah disibukkan berbagai macam pekerjaan selama berbulan-bulan, ada saatnya kita butuh penyegaran dengan liburan. Kalau nggak gitu, bisa-bisa muka kita bakalan cepet tua karena stress. Tapi ya, liburan biar nggak memberatkan butuh perencanaan yang matang. Mulai dari anggaran, tujuan, dan rentang waktu harus direncanakan. Kalau asal-asalan, balik liburan bukannya fresh malah tambah stress gara-gara tabungan amblas.

Nah untuk membantu perencanaan hingga eksekusi liburan, ada berbagai aplikasi traveling yang bisa membantumu. Aplikasi-aplikasi Android itu dengan mudah bisa mencarikan referensi destinasi yang bisa kamu pilih, memesan tiket transportasi, bahkan penginapan. Dari sekian banyak aplikasi, berikut ini lima yang dianggap paling gokil dalam memberikan referensi harga murah. Sehingga nantinya, liburanmu akan lebih hemat dan menyenangkan.

Baca Juga
5 Pantangan Ini Haram Dilanggar Para Pendaki Gunung Agung Jika Mau Pulang dalam Keadaan Utuh
Cuma 50 ribuan! Liburan di Bali Super Hemat dengan Menginap di 7 Hostel ini

TripAdvisor

Bagi kamu yang baru merencanakan liburan dan belum ada gambaran mau ke mana, TripAdvisor bisa jadi tempatmu mencari referensi tujuan wisata yang lagi ngehits. Tinggal mengetik nama kota di belahan dunia manapun, hanya dalam hitungan detik kamu akan diberikan berbagai alternatif wisata populer.

Aplikasi Tripadvisor [image: source]
Tidak hanya itu, di dalamnya kamu bisa baca ribuan testimoni dan kesan dari pengunjung sebelumnya. Yang paling gokil, aplikasi ini juga menampilkan ulasan harga hotel, makanan, dan sewa mobil dengan harga terendah.

Traveloka

Setelah bisa merencanakan tempat yang akan dituju, berikutnya adalah aplikasi yang membantu untuk mendapatkan tiket pesawat dan hotel. Memang ada banyak aplikasi pemesanan sejenis tersedia di Google Play, tapi yang memiliki database sangat besar adalah Traveloka.

Aplikasi traveloka [image: source]
Karena itu, kemungkinan untuk bisa mendapat harga jauh lebih murah terbuka sangat lebar. Terlebih aplikasi ini memiliki reputasi sangat baik di pasaran dan memiliki banyak diskon yang bertebaran.

PackPoint Travel Packing List

Setelah tujuan wisata, hotel, dan tiket pesawat didapat lantas waktunya untuk packing dan mengatur barang bawaan. PackPoint akan membantu kamu untuk mencatat dan mengatur barang bawaan berdasarkan waktu tempuh perjalanan. Selain itu, di sini kamu juga  bisa mencatat deretan kegiatan yang akan kamu lakukan di tujuan wisata. Hal ini tentunya membantu kamu untuk nggak pikun apa saja yang harus dibawa.

Aplikasi Packing [image: source]
Cara ini akan menghemat liburanmu, sehingga nggak perlu banyak belanja ini itu yang nggak begitu penting. Karena perlu diingat, benda-benda remeh di tempat wisata harganya selangit. Dengan melakukan hal ini jelas menghemat tabungan kamu.

Interface Waze

Waze adalah salah satu aplikasi digital berbasis lokasi yang mempunyai banyak pengguna di Indonesia. Aplikasi ini akan memandu perjalanan kamu hingga mencapai tujuan. Peta yang tertera di dalamnya telah disunting oleh komunitas traveler, karena itu kamu nggak bakalan deh yang namanya salah jalan kalau pake aplikasi ini. Ada juga informasi tentang situasi lalu lintas seperti titik-titik macet dan jalan alternatif tercepat.

Aplikasi Waze [image: source]
Aplikasi ini juga menghubungkan orang-orang yang berkendara ke tujuan yang sama. Dengan begitu, kamu bisa menyelaraskan perjalanan dengan teman-teman baru. Kerennya, aplikasi ini juga memuat SPBU termurah di rute yang kamu lewati, menampilkan ATM/Bank, rumah makan terhemat, hingga rumah sakit terdekat. Sehingga, pengguna Waze dijamin bisa selalu berhemat. Maka tak heran jika Indonesia menjadi 10 besar pengguna Waze secara global. Dan hingga tahun 2014, aplikasi ini telah memiliki 78 juta pengguna di seluruh dunia.

Google Goggles

Bagi traveler sejati juga wajib punya aplikasi yang namanya Google Goggles. Karena aplikasi ini akan sangat ngebantu kamu menemukan informasi mengenai berbagai objek seperti lukisan/gambar, sejarah suatu bangunan, barang-barang oleh-oleh, sampai scan barcode / QR code. Tujuannya supaya kamu tahu informasi seputar tempat yang kamu kunjungi (sejarahnya misalnya) , barang-barang yang hendak kamu beli (kisaran harga dan informasi rinci tentang produk), tidak sekedar melihat tapi juga menjadi mengerti.

Aplikasi Google Goggles [image: source]
Dengan mengerti, tentunya kamu tidak akan tertipu saat berbelanja dan lebih hemat uang. Cara memakai aplikasi ini sangat mudah, cukup mengarahkan kamera smartphone ke suatu objek, maka aplikasi langsung memberi tahu banyak hal terkait objek tersebut. Tak hanya itu, aplikasi ini juga bisa menerjemahkan beberapa bahasa global seperti bahasa Inggris, Jerman, Italia, Portugal, Spanyol, dan lain-lain.

Lima aplikasi di atas benar-benar akan mengawal liburan kamu dari mulai perencanaan hingga pelaksanaan. Dan masing-masing aplikasi punya jurus jitu untuk membantu liburan kamu jadi lebih hemat. Nggak percaya, buktikan sendiri ya!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA