Bosan Jomblo? Aplikasi Online Dating Buatan Indonesia Ini Bisa Bantu Kamu Cari Pasangan Kok!

oleh Happy
07:00 AM on Nov 6, 2015

Ketika kita hidup di era teknologi, semua hal seolah bisa diukur melalui digital. Bahkan untuk urusan cinta sekalipun, kita bisa memenuhi hal tersebut melalui layar gadget yang kini makin canggih. Meski telah tersedia situs sosial seperti facebook dan Twitter, namun hal tersebut kurang spesifik menarget kaum jomblo yang berniat untuk mencari pasangan. Oleh karenanya berbagai situs online dating pun dibuat guna memenuhi keinginan pengguna dunia maya ini.

Tak hanya produksi luar negeri, para programmer Indonesia pun telah berhasil membuat sederet aplikasi canggih yang bisa membantu kalian menemukan cinta. Ada yang memakai level anak sekolahan, ada juga yang dibuat lebih serius untuk para jomblower akut yang dikejar deadline menikah. Dan berikut beberapa aplikasi online dating buatan anak negeri yang bisa bantu kamu cari pasangan!

Baca Juga
5 Fakta Gahar Pesawat Buatan Anak Bangsa N219 yang Bakal Bikin Negara Tetangga Iri
Deretan 10 Paskibraka Cantik Pembawa Bendera Pusaka Di Upacara Istana Kepresidenan yang juga Pantas Membawa Hatimu

1. Ngobrol Dulu, Baru Kenalan Via ‘Wavoo’

Yang pertama ada situs online dating bernama Wavoo. Situs kencan daring (dalam jaringan) ini merupakan buatan mahasiswa lulusan Institut Teknologi Telkom bernama Gema Megantara dan sahabatnya, Yudhi ‘Domex’ Mandey. Aplikasi yang diluncurkan pada Juli 2014 ini telah dikenal banyak orang, tak hanya dari Indonesia namun juga orang asing ikut bergabung dalam aplikasi ini.

situs online dating bernama Wavoo
Situs online dating bernama Wavoo [imagesource]
Wavoo dibuat untuk menciptakan tempat yang menyenangkan dan menghindari rasa malu serta canggung saat pertama kali berkenalan dengan orang baru. Jadi dalam aplikasi ini pengguna akan dikenal sebagai ‘anonim’ sampai kedua belah pihak merasa cocok. Kerennya lagi, aplikasi ini memiliki fitur ‘nearby’ yang bisa digunakan untuk menemukan pengguna lain di dekat kalian.

Kalian hanya perlu menggeser foto yang keluar untuk memilih orang yang sesuai keinginan kalian. Geser ke kanan jika kalian suka dan geser ke kiri jika kalian tidak suka dengan profil yang ditampilkan. Jika ada dua pengguna yang menggeser dua profil ke kanan dalam waktu yang bersamaan, mereka akan langsung terhubung pada ruang chat yang bisa dipakai untuk berkenalan lebih lanjut.

2. Online Dating ‘Perfect Match Jakarta’

Dari namanya sudah kelihatan jika situs online yang satu ini lebih mengkhususkan pada penduduk wilayah Jakarta dan sekitarnya. Dan benar, aplikasi buatan Nello Vega ini memang dibuat lebih ekslusif dan serius ketimbang online dating lainnya. Selain hanya diperuntukkan untuk penduduk Jabodetabek, aplikasi ini juga membatasi usia yaitu minimal 28 tahun serta berasal dari kalangan professional yang memang serius mencari jodoh.

Perfect Match Jakarta
Perfect Match Jakarta [imagesource]
Setiap pengguna yang masuk diharuskan mengisi profil tentang data diri dan informasi lainnya seperti hobi, minat, gaya hidup hingga kriteria pasangan yang diinginkan. Dari sana aplikasi akan memproses untuk menemukan pasangan yang tepat sesuai data kepribadian yang telah dimasukkan.

Nantinya setiap pengguna akan ditawari 5 orang yang memiliki kecocokan terdekat dengan kepribadian anggota. Jika masih belum ‘sreg’ dihati, anggota juga bisa me-refresh dan sistem akan segera mengganti profil dengan 5 orang baru.

3. ‘Setipe.com’, Situs Andalan Buat Cari Jodoh!

Bisa dibilang situs online dating satu ini jadi yang paling popular sejauh ini. Konsep serius yang ditawarkan, membuat situs yang dirintis oleh Kevin Aluwi dan Razi Thalib ini berhasil menyatukan beberapa orang hingga naik ke pelaminan lho! Sama seperti situs kencan lainnya, pengguna perlu memasukkan data diri dan preferensi yang menjadi ketertarikannya. Setelah itu sistem akan mencarikan pasangan yang cocok dengan preferensi yang telah dicatat.

mencari jodoh via setipe
Mencari jodoh via setipe [imagesource]
Jika hasil yang dipilihkan cocok, kalian bisa mengajak calon pasangan ini untuk ngobrol lebih lanjut. Jika tidak, sistem bisa kembali me-refresh dan mencarikan kandidat lain untuk kalian. Yang menjadi keunggulan aplikasi ini adalah profil anggota akan dirahasiakan, sehingga tidak akan muncul dalam situs pencarian seperti Google. Jadi satu-satunya orang yang akan tahu aktivitas Anda di Setipe adalah orang yang telah dipasangkan dengan kalian.

Aplikasi inipun juga dilengkapi dengan algoritma khusus dan bantuan psikolog yang makin menambah keakuratan pemasangan anggota. Banyaknya pertanyaan yang diajukan dalam aplikasi tersebut menjadi barometer untuk melihat karakter anggota yang nantinya dipasangkan dengan orang lain yang setipe.

Selain tiga aplikasi di atas, sebelumnya ada aplikasi Jomblo.com dan juga Tristup yang menyediakan layanan matching profile penggunanya. Namun kedua aplikasi tersebut kini terpaksa ditutup karena kurang menguntungkan secara bisnis. Nah, bagi kalian yang ingin mencoba temukan pasangan via internet, tidak ada salahnya membuka situs di atas ya!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya 5 Bercandaan Presiden Soekarno yang Lebih Kocak Dari Stand Up Comedy Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri
BERITA TERKAIT
BACA JUGA