5 Aplikasi Android Merakyat Asli Indonesia yang Kamu Wajib Punya

oleh Tetalogi
09:26 AM on Mar 24, 2016

Di zaman yang serba modern dan praktis seperti sekarang ini, smartphone seperti sudah jadi alat serbaguna yang menunjang segala kepraktisan dan kemudahan. Cuma perlu download aplikasi yang dibutuhkan, kamu sudah bisa melakukan banyak hal.

Nggak perlu jauh-jauh nyari aplikasi buatan luar negeri yang belum tentu cocok dengan kehidupan keseharian kita. Aplikasi lokal juga banyak yang merakyat dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat lokal. 5 aplikasi berikut ini contohnya.

Baca Juga
6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi
4 Lomba Agustusan Greget Ala Suku Dayak Ini Dijamin Bakal Bikin Kamu Melongo

1. Qlue

Qlue adalah aplikasi berbasis media sosial yang digunakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Lewat aplikasi ini, warga Jakarta bisa menyampaikan atau melaporkan keadaan di sekitar Jakarta berupa foto atau teks. Nantinya, laporan-laporan tersebut akan langsung ditindaklanjuti oleh dinas terkait di Jakarta.

Aplikasi Qlue [Image Source]
Aplikasi Qlue [Image Source]
Aplikasi ini diluncurkan pada Desember 2014 lalu dan ternyata mendapatkan respon baik dari masyarakat. Bagaimana tidak, jumlah usernya saja sudah mencapai setidaknya 200 ribu orang. Setidaknya aplikasi ini menerima 5 ribu laporan setiap harinya dan 90 persennya langsung ditangani. Jadi, keluhan warga pada akhirnya juga bisa dengan cepat teratasi.

2. NgaBandungan

Aplikasi NgaBandungan hadir untuk warga Bandung. Fungsinya mirip seperti Qlue, yaitu warga bisa melaporkan keluhannya lewat aplikasi ini. Tapi, cakupan keluhannya lebih luas, bisa mulai dari keluhan masalah sampah, jalanan rusak, layanan kesehatan, sarana transportasi, juga layanan pendidikan.

NgaBandungan [Image Source]
NgaBandungan [Image Source]
Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna cuma perlu memotret lokasi masalah, dan mengisi posisinya. Foto yang sudah mendapatkan verifikasi akan muncul di bagian home. Nah, lewat aplikasi ini pula, warga Bandung jadi punya kesempatan untuk ikut berpartisipasi membangun kota Bandung lewat aksi-aksi kecil tapi penting seperti ini. Keren!

3. LAPOR!

Ada lagi aplikasi lain yang juga untuk membantu tersampainya aspirasi rakyat yaitu LAPOR!. LAPOR merupakan singkatan dari Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat. Tidak cuma tersedia aplikasi androidnya saja, LAPOR juga melayani pengaduan lewat situs resminya, akun Facebook, dan bahkan Twitter.

Aplikasi LAPOR! [Image Source]
Aplikasi LAPOR! [Image Source]
Pengaduan dan aspirasi masyarakat tersebut nantinya diteruskan kepada Presiden atau kementrian dan lembaga terkait. Saat ini, LAPOR! sudah terhubung dengan 81 kementrian dan lembaga, 5 pemerintah daerah, dan 44 BUMN. Nah, nggak perlu takut aspirasinya nggak tersampaikan lagi, kan?

4. Komutta

Aplikasi Komutta cocok untuk mereka yang banyak menggunakan angkutan umum untuk kegiatan sehari-harinya. Apalagi untuk mereka yang memang nggak hafal dengan rute angkutan umum yang ada di daerah Jakarta.

Aplikasi Komutta [Image Source]
Aplikasi Komutta [Image Source]
Lewat aplikasi ini, pengguna bisa mendapatkan informasi tentang transportasi umum di Jakarta mulai dari jadwal KRL, jadwal dan trayek bis TransJakarta, daftar kontak taksi, angkot, bisa, dan lainnya. Hebatnya lagi, konten Komutta juga cukup update. Jadi ketika ada perubahan jadwal massar pada KRL Jabodetabek, MReunion akan langsung mengupdate jadwal KRL di Komutta.

5. Sebangsa

Sebangsa adalah sebuah aplikasi sosial media asli Indonesia. Uniknya, aplikasi ini bukan cuma berfungsi sebagai sosial media layaknya Facebook atau Twitter, tapi juga memiliki fitur lain seperi 911 dan 1800. Fitur ini bisa digunakan untuk melihat postingan yang berhubungan dengan kejadian kecelakaan, pencurian, atau tindakan kriminal lainnya.

Aplikasi Sebangsa [Image Source]
Aplikasi Sebangsa [Image Source]
Ada juga fitur kirim jaga-jaga dan kirim pesan panik. Dua fitur tersebut berfungsi untuk menjaga teman kita. Misalnya, ketika seorang pengguna hendak bepergian menggunakan kendaraan bermotor, ia dapat mengirimkan nomor lambung kendaraan dan peta yang dituju pada anggota lain, sehingga pengguna lain bisa memantau kondisi si teman. Sementara pada fitur kirim pesan panik, pengguna dapat mengirimkan pesan singkat dengan cepat yang mengatakan bahwa ia dalam keadaan bahaya atau terancam. Keren!

Nah, aplikasi lokal tersebut jelas bermanfaat untuk masyarakat. Makanya, jangan cuma download aplikasi game saja, kamu juga perlu memanfaatkan aplikasi seperti ini agar bisa membuat daerahmu bahkan negara kita jadi lebih baik lagi. Yang seperti ini nih perlu didukung masyarakat luas.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA