6 Angkatan Militer Paling Kuat dan Berpengaruh Sepanjang Sejarah

oleh Rizal
07:50 AM on Jan 1, 2016

Perang menjadi bagian sejarah yang tak mungkin dilepaskan. Apa yang ada hari ini, semua bekas perang. Bahkan kita bisa menghormat bendera merah putih dan juga menyanyikan lagu Indonesia Raya, juga adalah karena perang. Sejarah sendiri tak hanya mencatat momen perang penting, namun juga angkatan-angkatan perang mematikan.

Dari awal dulu sebelum masehi hingga hari ini, banyak bangsa yang mencatatkan nama mereka sebagai pasukan perang paling mematikan. Alasan kenapa mereka hebat tak hanya tentang prestasi, tapi kemampuan, alutsista, strategi, sampai deretan tokoh-tokoh penting di belakangnya.

Baca Juga
6 Alasan Kenapa One Piece Nggak Pernah Bikin Penggemar Bosen Meski Sudah 20 Tahun
Inilah 4 Alasan Mengapa Profesi TKI Bisa Bikin Seseorang Jadi Kaya Mendadak

Nah, berikut adalah deretan angkatan militer paling kuat dan berpengaruh sepanjang sejarah.

1. Nazi Jerman

Memang benar jika mereka kalah dalam Perang Dunia II. Namun, akuilah jika Nazi sangatlah hebat angkatan perangnya. Nazi tahu bagaimana caranya perang. Lewat pemikiran Hitler, Nazi benar-benar mengimplementasikan strategi-strategi gila. Mulai dari alutsista sampai propaganda licik yang menguntungkan mereka.

Meskipun kalah, harus diakui angkatan perang Jerman sangat mematikan [Image Source]
Meskipun kalah, harus diakui angkatan perang Jerman sangat mematikan [Image Source]
Bicara soal alutsista, harus diakui Jerman adalah negara Super power pertama. Dulu belum ada senjata canggih ini itu, namun Jerman sudah menggunakannya. Bahkan terinspirasi dari Jerman pula senjata-senjata Sekutu dibuat. Sayangnya, mereka ditakdirkan kalah dengan skenario seperti yang tertulis dalam sejarah. Seumpama Jerman menang, mungkin saja saat ini senjata-senjata di dunia sudah sangat canggih.

2. Kekaisaran Mongol

Mongol menguasai hampir sepertiga dunia, membentang mulai dari ujung barat sampai timur Asia. Tak ada yang benar-benar bisa menyamai kemampuan mereka. Bahkan jika pasukan Eropa atau Amerika digabungkan saat itu, maka mereka akan menyerah dipenggal para tentara berkuda Mongol yang sangat bar-bar itu.

Bukti kegilaan Mongol adalah daerah kekuasaannya yang sangat luas [Image Source]
Bukti kegilaan Mongol adalah daerah kekuasaannya yang sangat luas [Image Source]
Mongol memang terlahir sebagai bangsa penakluk. Pasukan mereka bahkan sudah disiapkan sejak anak-anak. Sejak kecil bocah-bocah Mongol sudah diajari cara berkuda dan memanah. Semakin dewasa, kemampuan mereka pun melesat. Bahkan menurut rumor, pasukan Mongol bisa bertahan berminggu-minggu tanpa makan namun sambil melakukan perang. Mereka juga ahli dalam strategi yang jarang sekali gagal. Mereka mungkin akan menaklukkan Rusia dan Eropa, sayangnya takdir berkata lain.

3. Uni Soviet

Membahas soal angkatan perang mematikan, maka Uni Soviet wajib ada di dalamnya. Seperti yang kita tahu, negara terbesar sebelum pecah ini merupakan teror terbesar dunia. Mereka punya pasukan yang jumlahnya jutaan, alutsista yang membludak, serta dikomandoi oleh orang-orang gila. Bahkan ini belum termasuk badan intelijen mereka yang tugasnya juga tak kalah penting dan besar.

Angkatan militer Rusia juga paling mematikan di masa Perang Dunia II [Image Source]
Angkatan militer Rusia juga paling mematikan di masa Perang Dunia II [Image Source]
Uni Soviet sebenarnya punya segalanya untuk menguasai dunia ini sendirian. Bahkan bukti kalau mereka sangat mampu adalah keberhasilan melumat Jerman di Perang Dunia II. Sayangnya, meskipun begitu jumawa, pada akhirnya Uni Sovet harus mengalami de-kolonisasi serta kalah saing dengan Amerika di Perang Dingin.

4. Kekaisaran Ottoman

Ketika jalan-jalan di Eropa dan Amerika masih penuh dengan bandit dan tak ada penerangan di sana, kota-kota besar dinasti Ottoman sudah sangat maju. Ya, kejumawaan Ottoman yang paling penting adalah di bidang keilmuwan yang memberikan sumbangan besar untuk dunia. Mekanik, fisika, astronomi, kedokteran, sampai filosofi, semuanya dikembangkan di sana. Bahkan jika mau menurut dari awal, mungkin sebagian besar penemuan penting dunia berawal dari bilik-bilik penelitian orang-orang Ottoman.

Tak hanya militer, kekaisaran Ottoman juga sukses dalam bidang lain [Image Source]
Tak hanya militer, kekaisaran Ottoman juga sukses dalam bidang lain [Image Source]
Soal kekuatan militer sudah tentu tidak perlu diragukan lagi. Nenek moyang mereka lah yang mengalahkan Persia yang sangat hebat itu. Bahkan di era keemasannya, dinasti Ottoman juga menaklukkan kota Byzantium yang terkenal sangat kuat dan susah untuk ditaklukkan. Tak hanya militer, Kekaisaran Ottoman juga kuat dalam hal-hal non perang.

5. Kekaisaran Jepang

Kita harus akui kalau Kekaisaran Jepang adalah momok menakutkan dunia. Mereka mungkin kecil, namun benar-benar menggigit. China dan Indonesia dulu adalah bukti nyata jika bangsa ini sangat gila angkatan perangnya.

Jepang yang sekecil itu saja sangat hebat, apalagi jika wilayah dan kekuatannya sedikit lebih besar? [Image Source]
Jepang yang sekecil itu saja sangat hebat, apalagi jika wilayah dan kekuatannya sedikit lebih besar? [Image Source]
Mereka terkenal sangat susah dilawan bahkan sebelum bergulirnya perang dunia pertama. Bahkan Kubilai Khan yang merupakan salah satu panglima perang kebanggaan Mongol sampai mengakui hal tersebut. Jepang bahkan pernah mengalahkan Uni Soviet di tahun 1904. Alasan kenapa Jepang sangat kuat adalah mental prajuritnya yang gila. Bahkan mereka sama sekali enteng saja mengorbankan nyawanya asal bisa memberikan dampak yang besar kepada musuh.

6. Amerika Serikat

Sekarang kita tutup buku sejarah dan melihat realita yang ada. Saat ini, siapa sih pemilik angkatan militer terhebat se-dunia? Ya, jawabannya sudah pasti Amerika Serikat. Amerika Serikat, mereka punya segalanya, mulai dari jumlah tentara yang hampir 5 juta orang itu, sampai deretan peralatan canggih yang mungkin tak dimiliki oleh negara lain. Bahkan rumornya, di sebuah tempat bernama Area 51, Amerika tengah mengembangkan banyak sekali senjata dan mesin perang super canggih.

Saat ini Amerika yang memegang kekuatan militer terkuat di dunia [Image Source]
Saat ini Amerika yang memegang kekuatan militer terkuat di dunia [Image Source]
Menengok masa lalu, Amerika juga sangat jumawa. Hampir tidak ada perang besar yang tak dimenangkannya. Meskipun begitu, Amerika pernah menderita kekalahan memalukan saat melakukan invasi ke Vietnam. Namun, jika semuanya dikembalikan ke masa sekarang, maka tetap Amerika yang menyandang gelar negara dengan angkatan militer paling mematikan.

Memang ketika dua kubu saling berselisih, tak ada cara lain untuk menyudahinya selain membuktikan siapa yang terhebat. Dalam konteks negara, hal ini pun diartikan sebagai perang. Dan inilah mereka para penyandang gelar pemilik angkatan perang militer terbaik sepanjang sejarah. Indonesia yang sekarang sebenarnya cukup berpotensi untuk menjadi yang terbaik. Hanya saja kita kalah alutsista dan jumlah. Soal kemampuan, militer Indonesia adalah guru bagi banyak negara.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA