7 Angkatan Laut Terhebat di Dunia ini Menjadi Penguasa Samudra Paling Jumawa

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Mar 28, 2016

Laut adalah salah satu wilayah paling luas di dunia ini. Setidaknya dua pertiga luas dunia ini dipenuhi dengan lautan. Apalagi wilayah laut juga memiliki sumber daya alam yang tak terbatas banyaknya. Mulai dari perikanan hingga barang tambang seperti minyak bumi. Itulah mengapa pengamanan laut perlu ditingkatkan agar tidak dicaplok dan dimanfaatkan oleh negara lain.

Keadaan yang sangat pelik ini membuat Angkatan Laut akhirnya tercipta. Mereka ditugaskan untuk menjaga lautan dan juga kedaulatan negara apa pun keadaannya. Kapal perang dan kapal selam pun siap dikirim agar menjadi penguasa yang jumawa di samudra. Inilah tujuh Angkatan Laut terhebat di dunia.

Baca Juga
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala

1. U.S Navy – Amerika

Tidak diragukan lagi jika Amerika adalah kekuatan dunia yang tiada ada bandingannya. Negeri ini tak hanya kuat di darat dan udara saja, di laut pun mereka menjadi penguasanya. Setidaknya dengan 288 kapal tempur mereka bisa membuat dunia jadi gugup. Tak cukup itu saja, Amerika juga memiliki setidaknya 10 kapal pengangkut helikopter, 62 kapal perusak, 17 kapal cepat dan 72 kapal selam. Dengan jumlah yang sangat fantastis ini, Amerika boleh berbangga hati dengan kekuatannya.

Angkatan Laut Amerika [image source]
Angkatan Laut Amerika [image source]
Selain memiliki peralatan tempur yang sangat hebat. Amerika juga memiliki setidaknya 320.000 prajurit Angkatan Laut aktif. Jumlah sebanyak itu sudah merupakan tanda jika negeri ini adalah penguasa samudra. Segala taktik perang bisa dilakukan mengingat secara peralatan dan pasukan sudah berada di atas angin.

2. The People’s Liberation Army Navy – Tiongkok

Di peringkat kedua ada Tiongkok yang mulai melakukan pembenahan pada sektor Angkatan Laut-nya sejak tahun 1989. Saat ini negeri tirai bambu ini mulai menjadi negara paling kuat di lautan yang bisa disejajarkan dengan Amerika. Tiongkok memiliki satu kapal pengangkut pesawat tempur, 3 kendaraan pengangkut amfibi, dan 25 kapal penghancur.

Angkatan Laut Tiongkok [image source]
Angkatan Laut Tiongkok [image source]
Selanjutnya da 42 kapal perang jenis frigate, 8 kapal selam bersenjata nuklir dan 50 kapal selam standar. Untuk prajurit yang aktif, Tiongkok telah menyiapkan setidaknya 133.000 orang. Mereka ditugaskan di garda depan menjaga kedaulatan laut Tiongkok.

3. Russian Navy – Rusia

Negara selanjutnya yang memiliki kekuatan Angkatan Laut paling adalah Rusia. Negara ini mendapatkan warisan besar dari Angkatan Laut Uni Soviet yang berakhir setelah perang dingin. Setelah mendapatkan warisan, Rusia mulai mengembangkan Angkatan Laut negerinya hingga saat ini mulai memiliki 79 kapal perang jenis frigate dengan ukuran yang sangat besar dan satu kapal pengangkut kapal tempur.

Angkatan Laut Rusia [image source]
Angkatan Laut Rusia [image source]
Selanjutnya Rusia memiliki 13 kapal penghancur, 52 kapal selam yang memiliki misil mengerikan yang siap menjatuhkan kapal di atasnya. Untuk personil, negara ini memiliki lebih dari 50.000 tentara aktif yang ditugaskan untuk menghadapi musuh yang mengganggu kedaulatan laut di Rusia.

4. Royal Navy – Inggris

Inggris sudah selayaknya masuk dalam daftar negara yang memiliki kekuatan Angkatan Laut paling kuat di dunia. negara ini memiliki lebih dari 33.400 personel tentara yang aktif yang ditugaskan menjaga lautan di sekitar Inggris Raya. Inggris memiliki 3 kapal amfibi raksasa yang digunakan untuk mobilisasi alat tempur dan tentara.

Angkatan laut Inggris [image source]
Angkatan laut Inggris [image source]
Inggris memiliki 19 kapal jenis frigate dan juga perusak yang sangat mengerikan. Untuk keamanan di dalam lautan, Inggris memiliki 11 kapal selam canggih yang dilengkapi dengan senjata nuklir berbahaya. Kekuatan laut Inggris di Eropa termasuk paling juara hingga untuk mengusiknya banyak negara harus berpikir dua kali.

5. Japan’s Maritime Self Defense Force (MSDF) – Jepang

Sebenarnya Jepang tidak memiliki angkatan laut secara resmi, MSDF adalah lembaga pelayanan masyarakat di Jepang. Semua orang bisa masuk ke dalam lembaga ini untuk menjaga kedaulatan Jepang di lautan. Setidaknya 45.800 personel aktif diterjunkan untuk menggunakan alat tempur canggih yang dimiliki oleh Jepang.

Angkatan Laut Jepang [image source]
Angkatan Laut Jepang [image source]
MSDF memiliki 114 kapal perang canggih yang sebagian besar adalah jenis penghancur. Kapal-kapal ini sebagian besar merupakan warisan dari perang dunia ke-II. Selanjutnya Jepang terus melakukan pengembangan hingga memiliki beberapa senjata tempur canggih. Ada kapal pengangkut pesawat tempur, lalu 16 kapal selam dengan senjata mengerikan.

6. Korean People’s Navy – Korea Utara

Kekuatan militer Korea Utara memang tak sekuat Tiongkok atau Rusia. Namun untuk urusan Angkatan Laut, negeri adalah juaranya. Korea Utara mengembangkan banyak sekali kapal tempur dan juga kapal pelindung yang bisa jadi nomor satu di dunia. Korea Utara memiliki setidaknya 221 kapal yang digunakan untuk melindungi pesisir lautnya yang cukup luas.

Angkatan Laut Korea Utara [image source]
Angkatan Laut Korea Utara [image source]
Lalu mereka juga memiliki 70 kapal selam canggih yang siap menyerang kapal negara lain yang mendekat. Jumlah kapal selam ini nyaris menyamai milik Amerika yang berada di angka 72 buah. Di kawasan Semenanjung Korea dan Selat Jepang, Korea Utara adalah penguasa laut yang bisa membuat tetangganya ketar-ketir.

7. Islamic Republic of Iran Navy – Iran

Iran adalah salah satu negara yang memiliki kekuatan militer paling di dunia. Meski secara peringkat negara ini masih kalah jauh dengan Indonesia, namun secara senjata Iran sudah selangkah di depan. Apalagi Iran memiliki banyak sekali senjata nuklir yang membuat Liga Arab jadi kebingungan. Dukungan kekuatan Angkatan Laut Iran pun juga membuat negara ini semakin ditakuti.

Angkatan Laut Iran [image source]
Angkatan Laut Iran [image source]
Saat ini Iran memiliki setidaknya 18.000 personel angkatan laut aktif. Dari jumlah itu, Iran juga melengkapinya dengan 6 kapal frigate dan 33 kapal selam yang memiliki senjata sangat mematikan. Saat ini Iran terus ditekan oleh negara di Liga Arab karena potensi kekuatannya bisa mengganggu misi-misi mereka.

Inilah tujuh negara yang memiliki kekuatan besar di samudra yang sangat luas. Indonesia seharusnya mampu seperti mereka mengingat area perairan Indonesia sangat luas. Belum lagi aksi main selonong dari kapal asing kerap membuat negeri ini selalu kecolongan. Menurut sobat Boombatis semua, Indonesia mampu sehebat mereka apa tidak?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA