Anggrek Hitam, Tanaman Asli Papua yang Sangat Langka dan Harganya Bikin Nangis

oleh Rizal
07:00 AM on Sep 21, 2016

Papua bisa dibilang merupakan daerah di Indonesia yang keragaman hayatinya paling kompleks. Nggak hanya punya banyak jenis hewan, Papua juga jadi rumah dari tumbuhan-tumbuhan unik dan mungkin satu-satunya di dunia. Misalnya adalah anggrek hitam. Tanaman satu ini diketahui endemik di Papua dan hampir nggak bisa kita temukan di tempat lain.

Berbicara lebih dalam soal anggrek hitam, tanaman ini memang luar biasa. Nggak hanya indah dan menampilkan estetika maksimum dari sebuah bunga, Anggrek Hitam juga jadi komoditi dagang yang bagus sekali. Tahu nggak, harga bunga ini begitu mahal. Per bijinya kadang dihargai sampai ratusan juta. Kelangkaan serta sulitnya mencari bunga ini di alam jadi sedikit dari banyak alasan kenapa si anggrek hitam berharga boombastis.

Baca Juga
Menengok Profesi Juru Masak Kapal Selam yang Pendapatannya Tiga Kali Lipat Gaji Direktur
Inilah 5 Bukti Kalau Rusia Ngebet Banget Agar Bisa Jadi Teman Indonesia

Meskipun mahal luar biasa nih, faktanya bunga ini masih sangat diminati. Nggak hanya orang-orang Indonesia sendiri, tapi juga para kolektor anggrek manca negara. Masih tentang si hitam manis yang mahal, berikut beberapa hal yang mungkin belum kamu ketahui soal Anggrek Hitam Papua.

Ciri Khas Unik Anggrek Hitam yang Luar Biasa

Secara fisik, bunga satu ini sangat berbeda dari jenis anggrek yang lain, terutama soal warna. Ya, seperti namanya, anggrek hitam ini warnanya memang benar-benar gelap. Hampir seluruh kelopaknya berwarna hitam di dalam dan luarnya. Tapi, di bagian tengah, bunga ini memiliki warna yang berbeda. Kadang ungu, kadang agak merah terang. Alhasil, perpaduan warna ini menimbulkan kombinasi yang elegan sekali.

Keindahan anggrek hitam [Image Souce]
Keindahan anggrek hitam [Image Souce]
Kata para pecinta anggrek nih, bunga satu ini menimbulkan kesan tersendiri ketika melihatnya. Nggak hanya sekedar memberikan keindahan, anggrek hitam Papua juga seolah menawarkan kesan elegan yang luar biasa. Nggak hanya warna dan bentuk khas, bunga satu ini juga punya aroma yang unik.

Bunga Hitam Elegan yang Super Langka dan Nggak Bisa Dibiakkan

Tidak seperti jenis anggrek pada umumnya, si mahkota hitam Papua ini begitu susah untuk ditemui. Bukan hal yang mustahil sebenarnya, tapi untuk bisa berjumpa dengan bunga ini kita harus menjelajahi kedalaman hutan Papua karena habitatnya memang di situ. Itu pun nggak selalu berhasil, karena jumlah anggrek hitam sendiri sangat terbatas.

Sangat langka dan susah dibiakkan [Image Souce]
Sangat langka dan susah dibiakkan [Image Souce]
Mungkin kamu berpikir kenapa anggrek ini nggak dikembangbiakkan saja ya biar seperti yang lain? Kan bisa jadi lebih banyak tuh jumlahnya? Memang betul demikian, tapi anggrek hitam ini sungguh berbeda. Ya, anggrek hitam sangat susah untuk dibiakkan. Untuk bisa menghasilkan bibit ia harus ditempatkan dalam kondisi dan lingkungan seperti habitat aslinya. Bahkan meskipun sudah ditempatkan sedemikian rupa, kemungkinan berhasilnya hanya 20-30 persen saja.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA