7 Anggota Tubuh yang Sebenarnya Tidak Terlalu Dibutuhkan

oleh Rizal
12:00 PM on Aug 12, 2015

Tubuh tersusun atas berbagai sistem yang kompleks, mulai saraf, pencernaan hingga reproduksi. Tidak ada satu pun bagian tubuh yang sifatnya useless alias tidak berguna. Apa benar demikian? Ternyata pernyataan ini tidak seratus persen harus dipercaya.

Baca Juga : 7 Manusia yang Lahir Dengan Kelebihan Anggota Tubuh Paling Aneh

Baca Juga
5 Jasa Chairul Huda Semasa Hidup yang Membuat Dirinya Jadi Sosok Tak Tergantikan
Misnadi Abdullah, Ketua Aliran Baru Penyembah Matahari yang Bikin Netizen Geram

Benar sekali, ternyata ada beberapa bagian tubuh kita yang perannya tidak begitu penting. Sehingga meskipun dihilangkan, tidak akan berpengaruh banyak pada tubuh. Meskipun begitu, tidak jadi alasan bagi kita untuk mengambilnya kecuali karena penyakit dan prosedur medis lainnya. Tubuh bagian mana sih yang meskipun dihilangkan tapi masih bisa hidup normal? Berikut ulasannya.

1. Appendix

Organ kecil tipis berukuran 5-10 sentimeter ini terletak di ujung usus besar. Fungsinya sendiri masih belum diketahui dengan pasti. Namun berdasarkan penelitian yang ada, diketahui kalau appendix adalah rumahnya bakteri baik yang membantu pencernaan kita. Ajaibnya, meskipun usus buntu diangkat, ternyata tidak begitu mempengaruhi kesehatan.

Usus buntu [Image Source]
Usus buntu [Image Source]
Seperti yang kamu tahu, usus buntu adalah penyebab dari penyakit yang dinamakan appendicitis. Kondisi tersebut terjadi jika benda tabung kecil ini mengalami peradangan atau pembengkakan. Operasi pengangkatan appendix jadi salah satu solusi paling mujarab untuk mengatasi penyakit ini. Namun jika kondisi seperti ini lambat ditangani maka akan menyebabkan komplikasi yang lebih parah.

Next
BACA JUGA