in

7 Anggota Tubuh yang Sebenarnya Tidak Terlalu Dibutuhkan

Tubuh tersusun atas berbagai sistem yang kompleks, mulai saraf, pencernaan hingga reproduksi. Tidak ada satu pun bagian tubuh yang sifatnya useless alias tidak berguna. Apa benar demikian? Ternyata pernyataan ini tidak seratus persen harus dipercaya.

Baca Juga : 7 Manusia yang Lahir Dengan Kelebihan Anggota Tubuh Paling Aneh

Benar sekali, ternyata ada beberapa bagian tubuh kita yang perannya tidak begitu penting. Sehingga meskipun dihilangkan, tidak akan berpengaruh banyak pada tubuh. Meskipun begitu, tidak jadi alasan bagi kita untuk mengambilnya kecuali karena penyakit dan prosedur medis lainnya. Tubuh bagian mana sih yang meskipun dihilangkan tapi masih bisa hidup normal? Berikut ulasannya.

1. Appendix

Organ kecil tipis berukuran 5-10 sentimeter ini terletak di ujung usus besar. Fungsinya sendiri masih belum diketahui dengan pasti. Namun berdasarkan penelitian yang ada, diketahui kalau appendix adalah rumahnya bakteri baik yang membantu pencernaan kita. Ajaibnya, meskipun usus buntu diangkat, ternyata tidak begitu mempengaruhi kesehatan.

Usus buntu [Image Source]
Usus buntu [Image Source]
Seperti yang kamu tahu, usus buntu adalah penyebab dari penyakit yang dinamakan appendicitis. Kondisi tersebut terjadi jika benda tabung kecil ini mengalami peradangan atau pembengkakan. Operasi pengangkatan appendix jadi salah satu solusi paling mujarab untuk mengatasi penyakit ini. Namun jika kondisi seperti ini lambat ditangani maka akan menyebabkan komplikasi yang lebih parah.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Kisah Nyata Putri Arab Saudi yang Dieksekusi Mati Karena Menjalin Cinta Terlarang

7 Radiasi Nuklir yang Justru Membantu Hidup Manusia!