Anang Hermansyah Suarakan Anti Pembajakan

oleh Adys Disty
07:02 AM on May 31, 2015

Kasus pembajakan yang sering kali menimpa industri musik dan film Tanah Air membuat politikus sekaligus musisi Anang Hermansyah gerah. Anang bersama sejumlah vokalis dan pemain film menyambangi Badan Reserse Kriminal Mabes Polri. Kedatangan mereka untuk melaporkan kasus pembajakan yang menimpa industri musik dan film.

“Hari ini kami laporkan bersama teman-teman (musisi dan film). Bahwa pesannya, polisi sudah siap menindak. Lalu teman dari Barekraf (Badan Ekonomi Kreatif) juga sudah buat Satgas,” kata penyanyi sekaligus pencipta lagu Anang Hermansyah mewakili sejumlah artis di Bareskrim Mabes Polri.

Baca Juga
5 Fakta Mengenai Kezia Toemion, Gadis Super Cantik yang Bikin Luluh Hati Cucu Soeharto
Inilah 7 Artis Impian ‘Netizen Boombastis’ untuk Dijadikan Pendamping Hidup, Pilihanmu Masuk?

Menurut Anang, kasus pembajakan telah melanggar Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta yang cukup merugikan para pelaku industri musik dan film. Pembayaran royalti yang belum menemukan kejelasan sehingga kerugian negara yang disebabkan tidak adanya penerimaan pajak.

Selain itu, barang bajakan yang sudah beredar tersebut dinikmati terus-menerus. Dia juga menyesalkan bisnis karaoke yang masih saja memutar lagu-lagu tanpa seizin pencipta dan penyanyinya. “Tapi yang lebih miris adalah kalau barang yang sudah beredar tapi dinikmati terus, dampak panjang bahaya. Itu yang kami pikirkan. Makanya kami bersama Pappri, Asiri, dan Wami ingin lakukan laporan komprehensif,” imbuhnya.

Karena masalah tersebut itulah Anang dan para pelaku industri musik dan film akhirnya memilih untuk mengadukan pembajakan ke tingkat Bareskrim. Kabareskrim Budi Waseso pun langsung memerintahkan kepada aparat penegak hukum di seluruh Indonesia untuk segera menertibkan kasus pembajakan. Bahkan, Budi mengaku akan berkomitmen untuk menuntaskannya ke meja peradilan.

Sebelumnya, Anang juga sempat mengadu kepada Presiden Joko Widodo terkait maraknya pembajakan. Dia harus memerjuangkan hak para pelaku indusrti seni di Tanah Air. Mewakili para musisi dan pelaku seni itu Anang terus menyuarakan berbagai keluhan mereka. Selain Anang Hermansyah, sejumlah artis lain yang juga hadir ke Mabes Polri di antaranya, Once Mekel, Aura Kasih, Vicky Shu, Bebi Zee, dan Shirley Mey.

Anang Hermansyah via kompas
Anang Hermansyah via kompas
Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA