7 Alasan Kenapa Anak Muda Harus Mulai Bekerja Sejak Bangku Sekolah

oleh Adi Nugroho
11:00 AM on Nov 30, 2015

Satu saja pertanyaan buat kamu semua: kewajiban seorang siswa atau mahasiswa apa ya? Well, pasti kamu bakalan jawab: belajar! Atau kalau enggak dapat uang saku yang banyak dan main setiap minggu. Jawaban itu semuanya klise! Anak zaman sekarang itu wajib bisa bekerja sejak dini. Bahkan saat kita masih sekolah di SMA sekali pun kita sudah seharusnya mulai bekerja.

Di negara-negara maju seperti Amerika dan Jepang, anak mudanya sangat menyukai bekerja. Bahkan saat libur atau memiliki waktu senggang mereka bakalan sibuk mencari tempat kerja. Berbeda dengan Indonesia yang sejak kecil ditekankan jika anak sekolah ya belajar saja!

Baca Juga
Inilah 4 Fakta Meikarta, Kota Baru yang Katanya Bakal Menyaingi Ibukota
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi

Anyway, ini lho alasan kenapa anak muda harus bekerja sejak bangku sekolah!

1. Menghargai Uang dengan Lebih Baik

Enggak semua anak mampu menghargai uang yang diberikan padanya dengan baik. Banyak dari mereka yang menggunakan uang itu untuk hal-hal yang enggak berguna. Padahal orang tua yang mencari uang harus jungkir balik memutar utak hingga berangkat pagi pulang malam.

Menghargai Uang dengan Lebih Baik [image source]
Menghargai Uang dengan Lebih Baik [image source]
Kalau kamu bekerja sejak dini, maka kamu akan tahu bagaimana susahnya mencari uang. Bagaimana setiap tetes keringatmu yang menetes adalah sebuah perjuangan. Kalau sudah tahu susahnya cari uang kamu akan mampu menggunakan uang dengan baik.

2. Mendapatkan Tambahan Uang Saku

Kamu enggak perlu bangga punya banyak duit atau gadget keren kalau hasil minta. Kamu harusnya bangga jika sudah enggak minta uang lagi sama orang tua. Bahkan bila perlu bisa membiayai uang sekolah dan beli gadget impian dengan hasil jerih payah.

Mendapatkan Tambahan Uang Saku [image source]
Mendapatkan Tambahan Uang Saku [image source]
Serius, bro! Beli apa-apa dengan uang yang dihasilkan sendiri itu lebih greget. Bahkan jika kamu bisa memberi uang pada orang tuamu. Wah, rasanya seluruh rasa lelah saat kerja itu rontok dan berganti semangat yang berapi-api.

3. Mampu Mengatur Waktu dengan Baik

Bekerja akan membuat kamu mampu mengatur waktu dengan baik. Pasalnya kamu juga haru sekolah dan mengerjakan tugas. Namun jika kamu bisa mengatur waktu dengan lebih efisien semuanya bisa berjalan dengan baik. Bahkan kamu akan terbiasa menghargai waktu dengan baik.

Mampu Mengatur Waktu dengan Baik [image source]
Mampu Mengatur Waktu dengan Baik [image source]
Bekerja untuk anak sekolah mungkin tidak full time. Bisa part time sebagai penulis, ilustrator, atau sebagai team marketing hingga menjaga cafe atau warnet. So, pasti selalu ada celah waktu untuk tetap mengerjakan tugas dan tetap bekerja. Capek memang, tapi hasil akan sebanding.

4. Mendapatkan Pengalaman Baru yang Sangat Berharga

Pengalaman adalah hal yang tidak bisa dibeli. Pengalaman hanya bisa didapat dengan menjalaninya dengan sepenuh hati hingga mendapatkan manfaatnya. Jika kamu bekerja saat masih sekolah maka pengalaman baru bakalan masuk dan membuatmu kian cerdas. Misal saat ini kamu tidak tahu masalah kepenulisan konten dan mengelola cafe. Namun setelah menjalaninya selama beberapa bulan, kamu jadi tahu dasar-dasarnya.

Mendapatkan Pengalaman Baru yang Sangat Berharga [image source]
Mendapatkan Pengalaman Baru yang Sangat Berharga [image source]
Hal-hal semacam ini enggak akan kamu dapatkan di dunia sekolah. Itulah mengapa saat sekolah kamu sebaiknya mencoba berbagai pekerjaan yang akan membuka wawasanmu akan hal-hal baru. Untung dobel kan? Sudah dapat uang, pengalaman pun juga ikut menyertai.

5. Meningkatkan Kemampuan Belajar di Sekolah

Terdengar aneh kan? Bagaimana mungkin bekerja justru kemampuan belajarnya jadi meningkat. Tapi beneran! Menurut penelitian yang dilakukan oleh lembaga di Amerika, anak-anak yang sekolah sambil bekerja kemampuan akademiknya meningkat.

Meningkatkan Kemampuan Belajar di Sekolah [image source]
Meningkatkan Kemampuan Belajar di Sekolah [image source]
Hal ini bisa terjadi karena kamu bisa mengatur waktu dengan baik. Selain itu kamu jadi bisa berkonsentrasi dan menggunakan waktu secara efektif untuk belajar dan bekerja. Hal-hal positif ini akan membentuk kebiasaan baik yang terus berkembang tanpa kamu sadari.

6. Memiliki Pandangan Tentang Karier dan Masa Depan

Banyak sekali anak yang tidak tahu akan menjadi apa di masa depannya. Bahkan saat kuliah pun mereka mengambil jurusan yang random. Bukan jurusan yang benar-benar akan membuat mereka mendapatkan pekerjaan yang baik. Sebagai bukti, saat ini banyak anak muda yang bekerja tidak sesuai dengan jurusannya saat kuliah.

Memiliki Pandangan Tentang Karier dan Masa Depan [image source]
Memiliki Pandangan Tentang Karier dan Masa Depan [image source]
Jika kamu sudah bekerja sejak masih sekolah. Maka kamu akan tahu di mana letak kemampuanmu. Di mana saja kamu mampu bekerja dengan baik. Dengan begitu kamu bisa kuliah di jurusan yang sesuai kemampuan.

7. Mengenal Banyak Orang yang Profesional

Bekerja akan membuatmu bertemu banyak sekali orang di dunia kerja. Mereka adalah profesional yang akan mengajarimu banyak hal. Jika kamu mampu berkembang dengan baik maka mereka akan terus mengajarimu banyak hal. Bahkan mereka akan mencarimu lagi kelak saat lulus kuliah.

Mengenal Banyak Orang yang Profesional [image source]
Mengenal Banyak Orang yang Profesional [image source]
Mengenal banyak sekali profesional bukanlah hal yang mudah. Jadi manfaatkan masa-masa sekolah untuk mengenal banyak sekali orang. Semakin banyak jaringanmu maka semakin gampang kamu mendapatkan pekerjaan di masa depan.

Nah, terbukti kan kalau bekerja sejak dini justru membuatmu jadi semakin produktif dan membuka banyak sekali peluang kerja di masa depan. So, dari pada menghabiskan waktu luang untuk hal tak berguna lebih baik gunakan untuk bekerja.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA