Hal-hal Keren yang Nggak Didapatkan Anak Jaman Sekarang

oleh Tetalogi
15:00 PM on Aug 13, 2015

Bagi mereka yang melewati masa remaja atau ABG di tahun 90an, pasti merasakan gimana serunya masa-masa tersebut. Bahkan, kita sering membanding-bandingkan gimana pengalaman remaja jaman dulu itu lebih seru dan berkesan daripada remaja jaman sekarang.

Nah, buat kamu yang melewati masa anak-anak dan remaja di tahun 90an, yuk kumpul di sini dan baca artikel ini sampai kelar. Mari bernostalgia tentang hal-hal keren dan gaul yang kita lakukan dulu di waktu luang.

Baca Juga
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal

1. Sensasi Denger Lagu Favorit Diputar di Radio

Di jaman yang belum ada youtube atau mp3, apalagi smartphone, maka sumber musik-musik terbaru saat itu adalah radio atau televisi. Nah, jaman dulu ada program televisi yang paling ditunggu yaitu Clear Top 10 yang dibawakan oleh Dewi Sandra dan Bertrand Antolin. Isinya membahas tentang lagu-lagu hits dari dalam dan luar negeri.

Mendengar lagu favorit diputar di radio itu kebahagiaan tersendiri [Image Source]
Mendengar lagu favorit diputar di radio itu kebahagiaan tersendiri [Image Source]
Nah, anak remaja dulu juga suka banget mantengin radio sambil berharap lagu mereka diputar. Dan kalau ternyata lagu tersebut diputar, senengnya itu bukan main. Terkadang kita juga suka telepon stasiun radio tersebut agar lagu favorit kita diputar. Tapi ya gitu, telepon stasiun radio bakal butuh perjuangan karena telepon mereka selalu sibuk dengan begitu banyaknya telepon yang masuk.

2. Bikin Kaset Mix Lagu Sendiri dan Dengerin Musik Pakai Walkman

Karena belum ada mp3, bikin playlist di jaman dulu itu juga nggak gampang karena butuh ketelitian dan kesabaran. Nah, biasanya para ABG era 90an akan beli kaset kosong untuk merekam lagu-lagu favorit mereka. Membuat mix lagu dengan cara merekam seperti ini perlu teliti agar kamu tidak menindih rekaman yang sebelumnya dibuat.

Bikin kaset mix lagu sendiri itu keren! [Image Source]
Bikin kaset mix lagu sendiri itu keren! [Image Source]
Nah, setelah punya kaset mix lagu, lalu ndengerin musik pakai walkman. Di era itu, mereka yang sudah punya walkman termasuk anak-anak keren. Apalagi mengingat walkman pernah menjadi barang yang cukup mahal saat itu.

3. Beli Majalah Biar Bisa Dapet Poster

Jaman dulu itu lagi ngetrend banget nempelin poster di dinding kamar. Jadi, tiap bulan kita bakal ngintip ke kios majalah buah nyari tahu kira-kira majalah favorit bulan itu punya poster gambar apa. Nah, kalau ternyata posternya tersebut adalah musisi atau aktor favorit, pasti deh cepet-cepet beli biar nggak kehabisan.

Poster Backstreet Boys [Image Source
Poster Backstreet Boys [Image Source]
Kalau sekarang sudah jarang nih yang melakukan ritual ini. Kalau mau poster keren tinggal download wallpaper beres sudah. Kamu sudah bisa dapet poster idola kamu dengan kualitas gambar yang nggak kalah bagus dari poster hadiah majalah atau tabloid.

4. Koleksi Kertas Surat Warna – Warni dan Wangi

Kalau yang ini biasanya buat cewek – cewek yang hobi mengoleksi barang. Dulu banyak banget yang jual kertas surat warna –warni atau dengan motif yang lucu-lucu. Tapi nggak cuma itu aja, ada juga kertas surat yang wangi, lho. Nah, mereka yang punya kertas surat warna-warni ini biasanya dipandang sebagai cewek-cewek keren.

Kertas surat warna warni [Image Source]
Kertas surat warna warni [Image Source]
Nah, buat yang lagi punya gebetan, kertas surat yang lucu dan wangi ini bisa dimanfaatkan. Karena jaman dulu masih nggak ada yang namanya SMS-an apalagi BBM-an atau Whatsapp-an, jadilah para muda-mudi berkreasi dengan surat – surat romantis yang ditulis di kertas surat warna-warni dan wangi. Hayoo… siapa dulu yang pacarannya seperti ini? 😉

5. Kamus Gaul Deby Sehertian

Dulu bahasa gaul yang digunakan beda dengan yang sekarang. Bahasa gaul jaman dulu itu mirip dengan yang biasanya digunakan di salon-salon. Seperti ‘aku’ jadi ‘akika’, ‘serius’ jadi ‘Sherina’, dan masih banyak lagi. Bahasa gaul ini bahkan ada kamusnya sendiri, lho.

Kamus gaul Deby Sehertian
Kamus gaul Deby Sehertian

Kamus gaul tersebut dibuat berdasarkan kata-kata yang sering digunakan oleh Deby Sehertian di acara lenong rumpi. Jadi saat itu jika kamu belum punya kamus ini, kamu belum bisa dibilang gaul. Tapi dengan bergantinya era, bahasa gaul juga semakin berubah setiap saat.

6. Baca Goosebumps

Goosebumps merupakan novel horor favorit anak-anak di tahun 90an. Rasanya cerita-cerita didalamnya itu benar-benar bikin ngeri dan susah tidur waktu malam hari. Jadi, novel-novel Goosebumps banyak dicari karena kamun penakut kalau nggak baca Goosebumps.

Goosebumps
Goosebumps

Meski dulu sempat ketakutan waktu baca Goosebumps, tapi kalau sekarang nyoba baca lagi ternyata nggak seseram dulu. Apa mungkin karena jaman sekarang sudah ada banyak film horor yang lebih bikin merinding dari cerita-cerita Goosebumps ya?

Nah, itu tadi beberapa hal keren yang dimiliki mereka yang tumbuh di tahun 90an. Hal apa yang menurutmu paling keren dan berkesan?

 

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA