7 Alasan Kenapa Amerika Serikat Memang Pantas Untuk Dipuji

oleh Rizal
07:00 AM on Nov 22, 2015

Selama ini kita mungkin hanya nyinyir dan memandang geram Amerika. Padahal di sisi lain tak dipungkiri jika negara adidaya ini memang unggul dalam segala hal. Berangkat dari negara buangan orang-orang Eropa, Amerika bertumbuh menjadi negara terhebat yang pengaruhnya mendunia. Bahkan keputusan Amerika bisa dianggap keputusan dunia saking jumawanya negara ini.

Memang harus diakui jika negara yang katanya saingan berat Rusia ini menjadi juara dalam segala hal. Mulai dari musik, film, sistem sosial kemasyarakatan, sampai militer. Julukan Dream Country yang sering diberikan bangsa-bangsa di dunia kepada mereka memang sama sekali tak salah.

Baca Juga
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila “Janda” Dijamin Bikin Publik Melongo
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya

Kita harus akui kalau mereka memang hebat. Dan berikut adalah beberapa alasan kenapa kita sepertinya harus angkat topi akan menterengnya negeri satu ini dalam berbagai hal.

1. Industri Musik Amerika yang Gila

Bicara soal musik, siapa sih yang bisa mengalahkan Amerika? Hampir tak ada yang benar-benar mampu menyaingi musisi Amerika soal kepopuleran, karya dan lain sebagainya. Industri musik dunia bahkan sudah identik dengan Amerika. Pasalnya, apa pun yang dibuat oleh para musisi negeri Paman Sam selalu jadi trend global.

Selain si American Sweethearth ini, banyak musisi Amerika yang kiprahnya gila dan mendominasi dunia [Image Source]
Selain si American Sweethearth ini, banyak musisi Amerika yang kiprahnya gila dan mendominasi dunia [Image Source]
Harus diakui Amerika memang negeri para musisi jempolan. Sejak dulu, negeri ini sudah didiami oleh orang-orang yang mendedikasikan hidupnya untuk musik. Makin berkembangnya waktu kehebatan musisi Amerika tidak juga sirna justru makin kuat. Kini lahirlah bibit-bibit kebanggaan Amerika seperti Taylor Swift yang berulang kali bikin rekor dunia soal musik. Satu-satunya yang bisa menyaingi mereka mungkin Inggris. Namun tetap, Amerika lah yang lebih unggul.

2. Industri Film Amerika Adalah Role Model

Kita tak bisa menyangkal jika film Amerika adalah contoh terbaik yang bisa didapatkan di industri ini. Ya, tak ada yang benar-benar menyaingi mereka soal bagaimana mengemas film menjadi sesuatu yang greget dan menjaring banyak penonton. Maka tak heran jika semua negara berkiblat kepada si pemilik Patung Liberty soal film.

Soal industri film Amerika juga yang paling hebat [Image Source]
Soal industri film Amerika juga masih yang paling hebat [Image Source]
Berkaca dari film-film Indonesia, tentu sangat jauh dengan mereka meskipun ada beberapa yang greget. Amerika juga jadi percontohan industri perfilman kita. Bagaimana mengatur latar, peran, cerita, semua sebisa mungkin harus standar Hollywood. Sayangnya, kita bahkan tidak bisa mencapai setengah level mereka. Alhasil, silakan intip bioskop dan bandingkan seberapa minat film lokal dan Hollywood.

3. Amerika Menjunjung Tinggi HAM

Soal kebebasan Amerika nomor satu di dunia. Di negara ini semuanya diatur dengan berlandaskan HAM. Salah satu bentuknya misalnya legalitas LGBT yang disahkan oleh parlemen mereka beberapa waktu lalu. Amerika mengatur kebebasan rakyatnya untuk berbuat apa pun asal tak mengganggu kepentingan orang lain.

Soal kebebasan dan HAM Amerika adalah negara yang paling menjunjung tinggi hal tersebut [Image Source]
Soal kebebasan dan HAM Amerika adalah negara yang paling menjunjung tinggi hal tersebut [Image Source]
Bentuk kebebasan ini juga sangat luas, tak hanya mempersilakan para pria menjalin hubungan tapi juga soal agama dan hak di muka hukum. Masyarakat Amerika sendiri sangat menghormati hak-hak antara satu dan lainnya. Jujur saja, hal-hal seperti ini kadang masih susah ditemui di negara kita.

4. Amerika Membuat Dunia Lebih Melek Teknologi

Ada banyak penemuan fundamental yang diciptakan oleh orang-orang Amerika. Sebut saja, pesawat oleh Wright bersaudara, lalu telepon oleh Alexander Graham Bell, penemu banyak alat fungsional oleh Thomas Alva Edison, serta ditambah dengan karya gila nan futuristik hasil temuan Nikola Tesla. Singkatnya, tanpa mereka mungkin dunia masih dalam masa kegelapan.

Amerika melahirkan para penemu yang membuat kita memasuki era yang lebih baik [Image Source]
Amerika melahirkan para penemu yang membuat kita memasuki era yang lebih baik [Image Source]
Tak hanya sebagai pioneer, Amerika masih yang terdepan soal teknologi hingga detik ini. Banyak peralatan canggih yang tetap dibuat orang-orang Amerika dan semua bermanfaat kepada banyak orang di dunia. Sebut saja Intel, Apple, Microsoft, Google, Facebook dan masih banyak lagi yang lainnya. Tanpa mereka, mungkin kita masih udik dalam hal teknologi.

5. Militer Amerika Adalah Nomor 1 di Dunia

Indonesia mungkin punya Paskhas, Denjaka, Kopassus dan lain sebagainya, namun tak dipungkiri jika Navy Seal, USAF, Delta Force, SWAT Amerika, tetap yang dijadikan contoh oleh dunia. Hal ini sangat beralasan karena mereka memang hebat dan paling mematikan di dunia.

Angkatan militer Amerika juga masih yang paling hebat dan mematikan hingga hari ini [Image Source]
Angkatan militer Amerika juga masih yang paling hebat dan mematikan hingga hari ini [Image Source]
Tak hanya karena personil saja, kehebatan militer Amerika juga didukung berbagai Alutsista paling canggih seantero jagad. Tank-tank, pesawat tempur, pesawat pengintai, senjata-senjata mematikan, hingga robot dan drone. Tak banyak yang bisa menyaingi Amerika soal militer, terlebih jumlah tentara mereka juga sangat melimpah.

6. Prestasi Amerika Membuat Dunia Bangga

Orang-orang dulu mungkin hanya memandang bulan sebagai obyek indah di malam hari saja. Sampai akhirnya Amerika membuat dunia bagai terlepas matanya dengan misi paling mustahil sepanjang sejarah. Ya, pendaratan manusia ke bulan.

Amerika berkali-kali sukses mengejutkan dunia dengan apa yang mereka lakukan [Image Source]
Amerika berkali-kali sukses mengejutkan dunia dengan apa yang mereka lakukan [Image Source]
Bertahun-tahun setelah itu, Amerika pun makin menggila dengan beberapa kali membuat kejutan kepada dunia lewat hal-hal mustahil yang mereka lakukan. Mungkin tak butuh waktu lama sampai mereka menemukan mesin waktu, mobil terbang dan hal-hal keren yang sekali lagi akan membuat nama mereka begitu prestisius di mata dunia.

7. Pendidikan Amerika Adalah Standar Dunia

Satu hal lagi yang tak boleh kita lewatkan dari Amerika adalah sektor pendidikan mereka. Tak dipungkiri jika negara ini adalah nomer satu soal standar pendidikan. MIT, Harvard adalah segelintir pendidikan tinggi mereka yang menghasilkan alumnus yang kiprahnya mendunia.

Harvard jadi almamater pendidikan tinggi paling mentereng se dunia [Image Source]
Harvard jadi almamater pendidikan tinggi paling mentereng se dunia [Image Source]
Pemerintah Amerika begitu perhatian soal pendidikan bahkan mulai jenjang yang paling bawah. Sistem pendidikan mereka mengatur anak-anak menjadi lebih bisa cakap dalam berbagai hal. Tak ayal sistem pendidikan mereka ditiru oleh banyak negara di dunia. Nah, soal peminat, hampir rata-rata kampus di Amerika kebanjiran mahasiswa dari luar negeri termasuk juga Indonesia.

Alasan-alasan di atas yang menjadikan Amerika hebat. Mereka mampu menjadi nomor satu dalam setiap hal, mulai dari entertainment sampai militer dan pendidikan. Sepertinya tak ada salahnya jika Indonesia meniru negeri tetangga Kanada ini. Hanya saja mungkin kita terlalu gengsi karena sudah jadi haters Paman Sam sejak lama. Terlepas dari kelakuan buruk mereka, ada banyak hal yang bisa kita ambil sebagai contoh.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA