5 Amalan Sederhana yang Jika Tidak Dilakukan Akan Menimbukan Perpecahan Antar Umat

oleh Adi Nugroho
14:45 PM on Nov 29, 2015

Manusia diciptakan berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar saling mengenal dan memahami satu sama lain. Sayangnya, hubungan antar bangsa, suku, bahkan umat beragama tak semudah yang dibayangkan. Adu mulut, cek-cok, hingga perang bisa terjadi karena adanya banyak perbedaan.

Hal-hal mengerikan seperti perang sebenarnya bisa tanggulangi atau dicegah jika banyak orang melakukan 5 amalan sederhana ini. Amalan-amalan yang anda baca mungkin terlihat biasa hingga sering disepelekan. Namun efeknya sungguh luar biasa!

Baca Juga
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Bikin Netizen Geram

1. Bertutur Kata yang Baik

Anda pasti sudah paham pepatah mulutmu harimaumu, kan? Ya benar sekali, apa yang keluar dari mulut bisa jadi mala petaka bagi anda atau bahkan sekelompok orang. Tak sedikit kekacauan yang terjadi di dunia ini bermula dari kesalahpahaman atau ucapan yang tidak baik kepada banyak orang.

Bertutur Kata yang Baik [image source]
Bertutur Kata yang Baik [image source]
Itulah mengapa kita harus menjaga tutur kata. Setiap akan mengatakan sesuatu hendaknya dipikir. Dengan begitu kesalahpahaman tidak akan pernah terjadi. Bertutur kata baik juga memiliki arti tidak menghina orang lain atau kelompok tertentu meski mereka melakukan banyak kesalahan.

2. Menahan Emosi

Emosi adalah sesuatu yang sulit ditahan oleh banyak orang. Akhirnya kemarahan yang meledak-ledak terjadi dengan cepat. Saat marah kita semua cenderung tak bisa berpikir dengan baik. Bahkan terus-terus melakukan hal buruk dan tidak menyadarinya. Dampaknya, akan terjadi kekacauan besar dan berdampak ke kehidupan orang banyak.

Menahan Emosi [image source]
Menahan Emosi [image source]
Kemampuan menahan emosi akan membuat kita semua terbebas dari tindakan buruk. Coba perhatikan perang-perang yang ada di seluruh dunia. Kebanyakan perang itu terjadi akibat tak menahan emosi. Yang dilakukan hanyalah melupakan segala kekesalan agar rasa sakitnya habis. Padahal hal semacam ini justru membuat rasa sakit dan kesal terus berlipat-lipat.

3. Berprasangka Baik

Berprasangka baik adalah hal yang sangat susah dilakukan. Mungkin kita mudah mengatakannya melalui mulut. Namun pada praktiknya selalu nol. Kita cenderung melakukan prasangka buruk kepada orang lain bahkan sebelum mengetahui duduk permasalahannya. Dampaknya, hubungan dua orang akan berjalan dengan tersendat-sendat.

Berprasangka Baik [image source]
Berprasangka Baik [image source]
Dengan berprasangka baik, maka kita akan mampu berpikir lebih jernih. Tidak secara sembrono melakukan tindakan tertentu. Selain itu, dengan berprasangka baik, kita akan jauh dari yang namanya saling curiga dan benci. Jika kita tak bisa berprasangka baik maka pertikaian besar bisa terjadi dengan cepat.

4. Rendah Diri dan Tak Merasa Terbaik

Beberapa perang yang sekarang terjadi di dunia ini terjadi akibat banyak oknum yang merasa lebih kuat dan lebih baik dari siapa saja. Selain itu mereka juga merasa kuat hingga mampu menyelesaikan semua masalah dengan kekuatan. Namun kekuatan yang mereka tunjukkan justru membuat orang lain jadi menderita.

Rendah Diri dan Tak Merasa Terbaik [image source]
Rendah Diri dan Tak Merasa Terbaik [image source]
Jika saja sekelompok orang atau mat manusia bisa memiliki rasa rendah diri. Merasa tak paling kuat dan paling benar, maka dunia ini akan damai. Tak akan ada perpecahan hingga perang terus meledak tak ada habisnya lagi.

5. Menghormati Tanpa Memberi Label

Kasus rasial adalah hal mengerikan yang saat ini membuat dunia ini jadi kacau. Sebut saja diskriminasi orang kulit hitam di Amerika. Selain itu saat ini juga dunia sedang mengalami demam Islamophobia. Banyak orang merasa takut bahkan benci dengan Islam hanya karena kelakuan segelintir oknum yang berbuat onar.

Menghormati Tanpa Memberi Label [image source]
Menghormati Tanpa Memberi Label [image source]
Peperangan akibat label-label suku dan agama membuat dunia tak pernah damai. Jika saja semua orang bisa menganggap semua orang sama. Tanpa ada label warna kulit, suku, agama, hingga mungkin orientasi seksual. Maka dunia ini akan lebih damai. Sayangnya perkara menghormati adalah hal paling sulit dilakukan.

Lima amalan di atas terlihat sederhana, bahkan sepele. Namun pada kenyataannya, banyak sekali masalah di dunia  ini terjadi akibat rendahnya pemahaman manusia akan apa itu menghormati, rendah diri hingga berprasangka baik. Akhirnya kekacauan terjadi dan membuat bumi tak lagi aman.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA