5 Produksi Alutsista Lockheed Martin ini Bikin Pindad Seolah Tak Ada Apa-Apanya

oleh Rizal
07:00 AM on May 23, 2016

Seperti yang kamu tahu, Lockheed Martin terkenal di dunia gara-gara produksi alutsista udaranya. Mulai dari pesawat pengangkut macam Hercules, sampai pesawat-pesawat tempur canggih seperti F-16 dan lainnya. Meskipun dikenal sebagai produsen pesawat, namun Lockheed Martin sebenarnya tak hanya berfokus pada satu hal itu saja. Tanpa banyak yang tahu, ternyata perusahaan AS ini juga memproduksi benda-benda lain yang sangar.

Tak hanya rudal, kapal tempur, dan robotik, Lockheed Martin juga membuat alutsista tempur darat. Bukan tank, tapi kendaraan taktis yang bisa dibilang sangat keren dan mematikan. Ada beberapa varian yang tengah mereka kembangkan sekarang. Mulai dari ACV Amphibi sampai AMA si kendaraan autonomous mereka yang gila.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Nah, berikut adalah deretan alutsista darat hasil kreasi Lockheed Martin yang sangar luar biasa itu. Jangan bandingkan dengan Pindad ya. Pasalnya, perusahaan alutsista kebanggaan ini masih belum segila Lockheed Martin.

1. 8×8 Amphibious Combat Vehicle

Amphibious Combat Vehicle (ACV) bisa dibilang kendaraan tempur paling komplit saat ini. Salah satu alasan pentingnya adalah kemampuan ACV yang bisa dipakai tak hanya di darat saja tapi juga di air. ACV memang dilengkapi kemampuan sangar itu, bahkan ketika di air manuvernya juga sama baiknya ketika di darat.

8x8 Amphibious Combat Vehicle [Image Source]
8×8 Amphibious Combat Vehicle [Image Source]
Tentu saja bukan cuma itu keandalan ACV. Kendaraan perang satu ini dibekali dengan pernik mumpuni yang ngeri. Misalnya body yang terbuat dari baja tebal yang sangat tahan dari ledakan macam apa pun. ACV juga dilengkapi dengan persenjataan yang lengkap dan bisa disesuaikan. Yang paling penting lain, ACV juga dilengkapi dengan sistem serba canggih untuk membantu misi. Benar-benar kendaraan perang sempurna!

2. Autonomous Mobility Applique

Tak hanya soal kendaraan perang, dalam sebuah misi dibutuhkan juga kendaraan pengangkut serba bisa yang tangguh. Jarang perusahaan alutsista memikirkan bagaimana membuat kendaraan semacam ini, padahal keberadaannya tak kalah fundamental. Oleh karena itu, kemudian Lockheed Martin membuat Autonomous Mobility Applique.

Autonomous Mobility Applique [Image Source]
Autonomous Mobility Applique [Image Source]
Kendaraan ini bukanlah pengangkut biasa. Ia didesain dengan apik dengan bentuk ergonomis serta dilengkapi dengan berbagai keandalan. Misalnya bagian body yang luar biasa kuat, serta tenaga mobilnya sendiri yang juga sangar. Tak hanya itu, mobil satu ini juga punya fitur autonomous alias bisa bergerak sendiri tanpa bantuan manusia.

3. Next Generation Vehicle

Dalam sebuah misi, para tentara tak harus melulu pakai kendaraan perang kelas berat. Ada kalanya, mereka butuh pergerakan cepat untuk misi investigasi dan semacamnya. Oleh karenanya, dibutuhkan kendaraan taktis super cepat yang bisa diandalkan. Nah, salah satu kendaraan tipe cepat terbaik saat ini adalah Next Generation Vehicle buatan Lockheed Martin.

Next Generation Vehicle [Image Source]
Next Generation Vehicle [Image Source]
Sekilas kendaraan satu ini nampak biasa. Tapi, ia menyimpan kegilaan yang sangar. Soal kecepatan misalnya, Next Generation bisa dipacu dengan sangat cepat, ditambah dengan kualifikasi mesin oke, ia bisa melaju sangar di daerah macam apa pun. Tak hanya itu, ia juga dibekali semacam armor pertahanan yang bisa dibongkar pasang. Sebagai tambahan yang tak kalah penting, kendaraan satu ini bisa disemati persenjataan super yang bisa disesuaikan.

4. High Mobility Artilery Rocket

Ada kalanya perang tak lagi pakai senapan-senapan, melainkan yang lebih gila lagi yakni roket-roket. Namun, kendala roket biasanya adalah jarak tempuhnya yang terbatas. Oleh karenanya, butuh sebuah kendaraan yang bisa memboyongnya. Lockheed Martin menyadari jika kendaraan seperti ini juga sangat penting, kemudian mereka menciptakan High Mobility Artilery Rocket.

High Mobility Artilery Rocket [Image Source]
High Mobility Artilery Rocket [Image Source]
Sama seperti namanya, kendaraan satu ini benar-benar high mobility. Ia bisa bermanuver lincah dengan menempuh jarak yang diperlukan. Soal armor, kendaraan juga ini dilengkapi dengan plat-plat baja tahan granat dan RPG. Nah, yang paling penting adalah soal kemampuan luncur roketnya. Kendaraan satu ini bisa dibilang yang paling akurat soal peluncuran roket. Alasannya, ada sebuah sistem kendali khusus yang mampu membuat roket bisa meluncur sangat akurat. Selain dari semua fungsi ini, hal yang juga tak kalah menyenangkan adalah harga per unitnya yang cukup murah.

5. Squad Mission Support

Seperti namanya, kendaraan satu ini bertugas sebagai pendukung misi para prajurit. Fungsi utama SMS bertugas untuk mengantarkan logistik atau pun persenjataan ke tangan para tentara yang tengah dalam konfrontasi. SMS memang berbentuk sebuah kendaraan, tapi sejatinya ia adalah sebuah robot.

Squad Mission Support [Image Source]
Squad Mission Support [Image Source]
SMS bisa bergerak sangat taktis penuh perhitungan dan mandiri. Ia mampu mengkalkulasi jarak dan kecepatan sehingga bisa memberikan bantuan secara presisi waktunya. Soal keamanan, SMS juga dilengkapi dengan berbagai macam armor yang bisa membuatnya tetap selamat meskipun dilempar granat sekalipun.

Hampir semua kendaraan perang ini dipakai oleh militer Amerika. Meskipun begitu, Lockheed Martin juga membuka pintu lebar-lebar bagi negara-negara di luar AS yang ingin mencicipi kendaraan tempur maut ini. Indonesia mungkin butuh beli beberapa. Selain untuk melengkapi koleksi, bisa dipakai juga sebagai inspirasi Pindad dalam bikin Panser Anoa berikutnya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA