Ternyata, 7 Hal Nggak Masuk Akal ini Bisa Dijadikan Alternatif Energi

oleh Adi Nugroho
09:33 AM on Feb 29, 2016

Dewasa ini dunia sudah mulai mencari-cari sumber energi alternatif. Banyak orang melakukan eksperimen untuk mengganti energi listrik dan energi dari bahan bakar fosil dengan sesuatu yang baru. Dengan penggantian ini, manusia tidak akan terlalu menggantungkan diri dengan sesuatu yang ada. Jika di masa depan bahan bakar fosil atau listrik ini habis, kita semua tidak akan kesusahan karena memiliki alternatifnya.

Selama ini, untuk mendapatkan listrik semua orang terlalu menggantungkan diri dengan pembangkit yang dikelola pemerintah Jika kelak pembangkit ini bangkrut atau tak ada bahan untuk membuat listrik (kadang dibuat dari batu bara), manusia bisa tamat. Tapi tenang, sebelum hal itu terjadi beberapa orang telah melakukan penelitian untuk mencari alternatif sumber listrik dan bahan bakar fosil. Dan inilah alternatif itu, dari benda yang enggak masuk akal.

Baca Juga
Seperti Ini Nasib 5 Orang Kontroversial di Indonesia Sekarang, Dijamin Bikin Melongo
Inilah 4 Fakta Mengenai Bodyguard Cantik China yang Buat Kamu Ingin Dijagain Aja Hatinya

1. Pernapasan Manusia

Inovasi memang tidak ada habisnya. Bahkan hanya dengan napas saja, seseorang bisa menghasilkan energi listrik yang cukup besar. Yang cukup kita lakukan hanyalah bernapas dan membiarkan energi dalam tubuh menghasilkan listrik untuk melakukan pengisian pada ponsel dan benda elektronik kecil lain.

Pernapasan manusia [image source]
Pernapasan manusia [image source]
Selain dari napas, energi ini juga mendapatkan energi dari detak jantung dan getaran otot pada tubuh. Energi ini nantinya akan dikumpulkan dan disalurkan dalam bentuk energi listrik yang cukup berguna untuk keadaan darurat.

2. Mayat Manusia

Tubuh manusia memiliki banyak sekali partikel karbon. Seperti layaknya bahan bakar lainnya, energi ini bisa menghasilkan panas. Panas inilah yang nantinya akan diubah menjadi sebuah energi listrik yang bisa digunakan oleh keluarga dari mayat yang dikremasi.

Mayat Manusia [image source]
Mayat Manusia [image source]
Sebuah perusahaan di Inggris membuat sebuah ide brilian yang agak ekstrem ini. Mereka membakar tubuh mayat lalu menggunakannya untuk energi listrik. Energi ini akan digunakan untuk penerangan rumah kremasi hingga keluarga korban tidak akan kegelapan karena lampu yang menyala berasal dari energi keluarganya yang telah dikremasi itu.

3. Air Seni Manusia

Air seni manusia ternyata mampu digunakan untuk alternatif energi yang cukup besar. Ada sebuah perusahaan yang mengumpulkan air buangan manusia ini lalu diolah menjadi bahan bakar yang cukup menjanjikan. Mereka akan melakukan pengekstrakan pada air kotoran itu lalu menyaring kandungan hidrogennya.

Bio diesel [image source]
Bio diesel [image source]
Dari air yang diolah ini mereka akhirnya mampu menghasilkan biodiesel. Dengan campuran beberapa bahan alami lainnya, biodiesel bisa digunakan untuk menggerakkan mesin-mesin seperti mobil atau truk besar sekali pun.

4. Sapi

Disadari atau pun tidak, sapi juga merupakan penyumbang adanya pemanasan global yang ada di dunia. Setiap sapi bersendawa atau pun kentut, udara yang keluar banyak sekali mengandung gas metana. Gas ini nanti akan naik ke udara dan menjadi permukaan bumi kian panas dari hari ke hari.

Gas sapi [image source]
Gas sapi [image source]
Ilmuwan telah berusaha untuk memanfaatkan energi yang dikeluarkan sapi itu. Mereka melakukan uji coba penangkapan gas dengan memasang kantong udara besar pada sapi. Gas inilah yang bisa digunakan sebagai pengganti bahan bakar mirip dengan biogas.

5. Serangga dan Bakteri

Biodiesel adalah sumber bahan bakar alternatif yang bisa digunakan untuk mengganti bahan bakar fosil. Sayangnya, dalam pembuatan biodiesel dibutuhkan bayak sekali minyak dari sayuran dan juga alkohol. Butuh lahan yang sangat luas untuk mampu mencukupi bahan baku yang sangat melimpah itu.

Bakteri [image source]
Bakteri [image source]
Saat ini ilmuwan mulai mengembangkan minyak dari biji tumbuhan. Biji-bijian ini nanti akan diberi semacam bakteri hingga semua minyak akan terekstrak dengan sempurna. Ilmuwan juga menggunakan serangga yang akan menghasilkan minyak dengan memakan tumbuhan tertentu yang diberikan padanya.

6. Belut Listrik

Belut listrik mampu menghasilkan listrik sebesar 400 V. Listrik ini bisa membuat manusia langsung pingsan dalam sekejap mata. Kekuatan alami yang sangat mengagumkan ini akhirnya memberi ide pada ilmuwan untuk menggunakannya sebagai salah satu sumber pengganti listrik.

Belut listrik [image source]
Belut listrik [image source]
Di beberapa tempat di Jepang, belut listrik banyak ditaruh pada akuarium. Lalu listrik yang mereka hasilkan disalurkan pada kabel-kabel dan mampu menghidupkan pohon natal yang penuh dengan lampu. Sekarang coba kita bayangkan jika ada jutaan belut listrik, berapa energi listrik yang bisa dihasilkan?

7. Sampah Organik

Sampah organik adalah salah satu sumber energi yang mulai banyak digunakan di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Sampah-sampah yang berasal dari limbah rumah tangga ini akan ditempatkan pada sebuah ruangan di dalam tanah. Di dalam sana, sampah ini akan mengalami pembusukan hingga menghasilkan banyak sekali gas.

Sampah organik [image source]
Sampah organik [image source]
Gas inilah yang bisa digunakan sebagai bahan alternatif pengganti energi. Jika terkena api, gas akan menyala dan berfungsi sebagai pengganti energi. Jika semua rumah memiliki ruang produksi biogas, konsumsi gas LPG bisa dikurangi dengan sangat signifikan.

Inilah tujuh benda tidak masuk akal yang bisa digunakan sebagai alternatif pengganti energi. Dengan memanfaatkan energi alternatif di atas, manusia di bumi tak akan bergantung lagi dengan bahan bakar dari fosil yang mulai habis dari tahun ke tahun.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya 5 Bercandaan Presiden Soekarno yang Lebih Kocak Dari Stand Up Comedy Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri
BERITA TERKAIT
BACA JUGA