5 Aliran Musik Aneh di Dunia, Beberapa di Antaranya Bisa Bikin Kamu Pusing

oleh Centralismo
10:10 AM on Jul 27, 2015

Apa jadinya sebuah dunia tanpa musik? Mungkin akan ada sebagian manusia yang mati bosan. Musik telah ada dalam kehidupan manusia sejak adanya peradaban manusia itu sendiri. Selain untuk menghibur dan mengusir kebosanan, musik juga berfungsi sebagai sarana untuk mengeskpresikan pikiran dan hati.

Begitu banyak aliran musik yang bisa kita pilih sesuai dengan selera kita masing-masing. Oleh karena itu, musik favorit teman kita, mungkin saja adalah jenis musik yang membuat kepala kita menjadi pusing. Berikut Boombastis sajikan beberapa genre musik yang aneh dan unik, yang mungkin akan membuat kepalamu pusing.

Baca Juga
Blunder! 7 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi

1. Danger Music, Ketika Menghancurkan Barang di Atas Panggung Dianggap Seni

Danger Music adalah sebuah aliran musik dimana benda apapun dianggap sebagai instrumen. Jadi jangan heran jika Anda pergi ke konser sebuah band beraliran Danger Music, Anda tidak akan menemukan satupun istrumen musik di atas panggung. Penemu musik ini, Takehisa Kosugi, mengatakan bahwa aliran musiknya adalah sebuah revolusi di bidang musik.

Hanatarash adalah salah satu band Jepang yang menganut aliran Danger Music. Dalam sebuah konsernya di tahun 1998, band ini tidak melengkapi diri dengan alat musik, melainkan beberapa alat berat. Lalu sang vokalis mulai membantingi alat-alat tersebut. Dia juga mengambil potongan kaca di balik panggung dan membantingnya. Para penonton terdengar bersorak bahagia, seolah itu adalah pertunjukan musik yang mengagumkan.

2. Baby Metal, Vokalis Metal Bersuara Seperti Anak-Anak

Apa yang ada di pikiran Anda ketika mendengar kata “metal”? Mungkin Anda membayangkan para musisi pria bertampang sangar dan bersuara melengking. Atau Anda membayangkan seorang metal-head yang memakan kepala kelelawar untuk aksi pamungkas pertunjukan musiknya. Hilangkan semua bayangan seram itu, karena semuanya tidak akan ada dalam genre Baby Metal.

Vokalis dari band beraliran Baby Metal adalah para cewek imut, mirip personil JKT 48 atau AKB 48. Mereka memakai baju-baju imut nan menggemaskan dan berdandan cantik. Sementara musik menghentak seperti musik metal pada umumnya, vokalis ini memiliki ciri suara yang imut bagaikan suara anak bayi. Mereka juga punya koreografi keren layaknya para idol Jepang lainnya.

3. Chap-Hop, Hip Hop ala Pria Inggris

Musik Hip Hop memang identik dengan orang-orang berkulit hitam. Hampir semua musisi hip-hop yang memiliki karya laris adalah orang-orang keturunan kulit hitam. Musik Hip Hop pun sering kali menggunakan kata-kata yang agak kasar dan video klip agak vulgar, mewakili gaya hidup kalangan pelaku hip hop.

Namun, Chap-Hop adalah hip hop versi orang kulit putih. Dalam Chap Hop, lirik yang dikembangkan adalah lirik dalam kehidupan sehari-hari, dengan bahasa yang jauh lebih sopan. Namun gaya penyanyinya amatlah kaku dan tidak enak dilihat.

4. Drone Music, Musik yang Menghipnotis Jiwa.

Drone adalah sebuah aliran musik yang sangat minimalis. Musik ini biasanya berisi suara instrumen yang sengaja dibuat panjang dan monoton. Bagi yang tidak suka, musik ini akan terdengar sangat membosankan. Namun, bagi yang suka akan musik Drone, mereka merasa mendengar suara detakan hujan di genting; meski monoton namun tetap indah.

Drone memiliki banyak sub genre seperti drone ambient, drone metal, drone noise dan drone tekno. Beberapa musisi besar seperti Velvet Underground, Brian Eno dan John Cage pernah memasukkan unsur Drone dalam musik mereka. Drone juga baik untuk didengarkan ketika Anda susah tidur, karena konon punya efek “hipnotis” yang bisa membuat ngantuk

5. Japanoise, Aliran Musik yang Terdengar Bak Televisi Rusak

Sebelum Anda mengklik video di bawah, ada baiknya Anda kecilkan dulu volume PC Anda. Sebab, Japanoise sepertinya memang aliran musik yang diciptakan untuk merusak telinga Anda. Bagaimana tidak? Seluruh musik Japanoise berupa gemersik yang diulang-ulang, mirip televisi rusak.

Anehnya, banyak orang di Jepang yang menggemari musik satu ini. Di negara matahari terbit tersebut terdapat banyak band terkenal yang menganut aliran Japanoise seperti Merzbow dan Melt-Banana. Sampai sekarang, band tersebut masih memiliki fans loyal. Apa bedanya musik ini dengan suara radio tanpa sinyal, ya?

Beda selera, beda aliran musik. Jadi kita tidak bisa memaksakan selera kita terhadap orang lain dan demikian pula sebaliknya. Meski sebagian besar dari kita merasa asing dengan musik di atas, para band di atas justru punya banyak fans loyal.

Mana dari kelima musik tadi yang paling aneh menurut Anda? Atau Anda justru jatuh cinta dengan salah satu dari musik aneh tadi? (HLH)

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA