3 Alasan Wajar Kenapa Warung Nggak Perlu Tutup Saat Ramadan

oleh Sastranagari
10:46 AM on Jun 10, 2016

Ramadan tiba! Buat kamu yang muslim pasti seneng banget dong masih diberi lagi kesempatan untuk berpuasa di bulan yang istimewa ini. Kamu pasti menjalankan ibadah puasa dengan bersungguh-sungguh dong, iya nggak?

Kalau sudah niat, tentunya kamu nggak bakalan tergoda sama apapun juga. Kamu menjalani ibadah puasa dengan sepenuh hati dan nggak memedulikan godaan yang lewat di kanan kiri. Termasuk juga warung yang tetep buka di Bulan Ramadan. Untungnya nih, kebanyakan warung di Indonesia justru tutup di bulan puasa. Padahal sebenernya itu nggak perlu banget. Kalau menurut Boombastis, ini nih beberapa alasannya.

Baca Juga
4 Bukti Gregetnya Orang Indonesia Kalau Ada Bahaya, Kayak Sudah Hilang Urat Takutnya
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer

1. Ada Orang yang Menggantungkan Hidup Dari Penghasilan Warung

Warung rame, kantong tebel [image source]
Warung rame, kantong tebel [image source]
Membuka warung adalah salah satu bentuk mencari nafkah. Nah, bisa dibayangin kan kalau pas bulan Ramadan warung harus tutup selama sebulan penuh? Kelimpungan deh orang yang menggantungkan hidupnya dari penghasilan warung. Mereka bakalan putar otak lagi gimana caranya menyambung hidup selama bulan Ramadan. Padahal dari beberapa orang ini, ada juga yang menggantungkan pendapatan dari warung untuk bersuka cita di lebaran nanti.

2. Sarana Menguji, Apakah Kamu Muslim Tangguh?

Berdoa [image source]
Berdoa [image source]
Dengan tetap dibukanya warung di bulan Ramadan, justru memberi kesempatan besar buat kamu untuk mempertebal iman. Inti dari puasa sendiri kan menahan diri dari godaan, baik itu godaan lapar, haus, bergosip , dan yang berubungan dengan nafsu seksual. Nah karena itu kamu yang emang sudah niat menjalankan puasa dengan sepenuh hati, pasti nggak bakalan kegoda sama warung yang tetep buka pas bulan puasa dong?

3. Ada 6 Agama yang Diakui di Indonesia, Karena itu Nggak Semua Orang Berpuasa

Tempat beribadah umat beragama di Indonesia [image source]
Tempat beribadah umat beragama di Indonesia [image source]
Masyarakat Indonesia memang mayoritas muslim, tapi nggak berarti semuanya ikut-ikutan puasa kan? Ada masyarakat non muslim yang nggak puasa. Kalau semua warung ditutup saat bulan Ramadan, sama aja kita nggak menghormati mereka. Selain itu, nggak semua umat muslim ikut puasa. Ada beberapa yang mungkin meninggalkan puasa karena sakit atau musafir. Karena itulah, mendingan warung tetap buka selama Ramadan.

Toleransi merupakan tema yang sensitif untuk dibahas, apalagi saat bulan Ramadan. Salah satu yang sering menjadi perdebatan adalah soal warung ini. Tetap buka sebenernya nggak jadi masalah, asalkan tetap menghormati mereka yang manjalankan ibadah puasa. Salah satu caranya adalah dengan memberi penutup. Setuju nggak?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA