4 Hal yang Kerap Dijadikan Alasan Para PNS Mangkir Kerja

oleh Febri
12:28 PM on Jun 10, 2015

Para pegawai negeri sipil adalah orang-orang penting yang bertugas melayani kepentingan masyarakat dalam berbagai hal. Profesi ini juga dipandang sebagai profesi idaman dan membanggakan bagi kebanyakan orang.

Tapi sering waktu, karena dirasa pengawasan terhadap kinerja para PNS ini rendah, ada beberapa oknum pegawai negeri sipil yang memanfaatkannya untuk mangkir dari tanggung jawab. Alasan yang digunakan pun terkadang tidak masuk akal, berikut ini adalah beberapa alasan yang biasa digunakan oleh para PNS ketika kedapatan mangkir dari pekerjaanya.

Baca Juga
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal

1. Mengantar Keluarga

Alasan yang paling umum digunakan oleh para PNS adalah mengantar keluarganya. Entah anak, suami, istri atau bahkan orang tua nya. Sehingga kadang kala mereka telat masuk kerja, keluar saat jam kerja atau bahkan malah bolos.

Para Pegawai Negeri Sipil
Para Pegawai Negeri Sipil [imagesource]
Sangat Ironis sekali dengan apa yang terjadi di Indonesia. Di saat banyak masyarakat membutuhkan pelayanan publik, para PNS yang seharusnya bertugas, seakan malah mengabaikan hal ini dan bersikap tidak bertanggung jawab.

2. Berbelanja

Memang ada saja ulah para PNS negeri ini. Seakan belum cukup libur yang diberikan oleh pemerintah, mereka kadang masih memanfaatkan jam kerja untuk keluyuran di mall-mall dan berbelanja dengan sesama rekannya maupun sendirian.

PNS sedang berbelanja
PNS sedang berbelanja [imagesource]
Untuk mengatasi hal ini satuan polisi pamong praja telah siap setiap saat melakukan razia di berbagai tempat untuk menjaring PNS-PNS nakal yang mangkir saat jam kerja.

3. Banjir

Alasan berikutnya adalah mengkambing hitamkan banjir agar memperoleh ijin tidak masuk kerja. Tapi untuk masalah banjir ini, jika memang tidak memungkinkan untuk menuju ke tempat kerja, para PNS masih diberikan keringanan untuk tidak bekerja sampai banjir surut.

Banjir
Banjir [imagesource]
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Yuddy Chrisnandi menegaskan bahwa, jika banjir telah surut maka PNS harus bekerja lagi, jika kedapatan memanfaatkan alasan banjir untuk mangkir dari pekerjaan maka akan dikenakan sanksi disiplin.

4. Macet

Selain banjir, kemacetan di kota-kota besar juga kerap dijadikan alasan untuk telat masuk kerja. Mirisnya, tak hanya telat beberapa menit saja, kadang ada PNS yang telat sampai berjam-jam karena alasan macet.

Macet
Macet [imagesource]
Ada beberapa sanksi yang akan dikenakan pada PNS yang mangkir, mulai dari teguran hingga sanksi keras berupa pemecatan. Tapi walupun begitu, sampai sekarang masih banyak PNS-PNS yang masih saja nekat melanggar aturan dan mangkir dari pekerjaannya.

Itulah beberapa alasan tak masuk akal yang kerap kali membuat PNS yang seharusnya bertugas melayani masyarakat, malah mengabaikan kewajibannya. Dalam hal ini sangat diperlukan kesadaran yang tinggi tentang kewajiban PNS agar mereka lebih disiplin lagi dalam melakukan tanggung jawabnya sebagai bagian dari komponen masyarakat.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA