4 Alasan Mengapa PNS Indonesia Itu Jauh Lebih Enak Ketimbang di Luar, Pegawai Negeri Wajib Sujud Syukur

Di luar, gaji memang besar, tapi kalau kebutuhan juga mahal, sama saja bohong

oleh Arief Dian
13:30 PM on Aug 1, 2017

Menjadi seorang PNS memang seolah cita-cita banyak orang di Indonesia. Gaji besar dan tunjangan hari tua menjadi salah satu alasan kuat banyaknya para pencari kerja yang memburu profesi itu. Bahkan sekalipun sangat tidak relevan dengan jurusan saat kuliah, semua akan dijabani.

Masih soal PNS, kira-kira bagaimana nasib PNS di negara lain ya. Pastinya dapat gaji yang lebih besar dan tunjangan yang lebih banyak. Eits, tunggu dulu. Ternyata kehidupan PNS di luar negeri tidak seenak yang kamu bayangkan. Bahkan kalian bakal mikir dua kali kalau mau jadi pegawai negeri di luar? Tidak percaya, simak ulasan berikut.

Baca Juga
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Bikin Netizen Geram

Gaji para PNS Indonesia lumayan ketimbang negara lain

Dikutip dari data Numbeo pada tahun 2015, gaji para PNS yang ada di Indonesia ternyata dibilang cukup lumayan ketimbang di negara lain di ASEAN.  Daftar rata-rata gaji PNS Indonesia adalah Rp 3 sampai 4 juta. Ya, kalau mau dibandingkan dengan negara seperti Singapura atau Malaysia mungkin masih terpaut sangat jauh, tapi kita juga mesti menengok biaya hidup negara tersebut yang lumayan tinggi.

Gaji terbilang lumayan [image source]
Meskipun di Singapura kamu memiliki gaji hampir Rp 9 juta per bulan, dijamin itu masih tidak cukup buat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sebaliknya kalau kamu hidup di Indonesia dengan gaji Rp 3-4 jutaan, pastinya masih dapat nabung 1 sampai 2 juta buat keperluan kelak.

Indonesia masuk urutan keempat cuti terbanyak

Selain masalah gaji, para pekerja di Indonesia ternyata juga mendapatkan cuti yang lumayan banyak dari pemerintah. Dalam satu tahun, para pekerja mendapatkan 16 hari libur nasional. Itu masih ditambah 13 jatah cuti yang diberikan negara pada para pekerjaannya.  Hal ini pastinya sangat tidak sebanding dengan beberapa negara maju yang super minim liburan.

Dapat banyak liburan dan cuti [image source]
Misal coba bandingkan dengan Malaysia yang hanya memiliki 14 hari libur nasional dan hanya punya 7 hari jatah cuti. Bila melihat perbandingan yang seperti itu, bisa dibilang kalau bekerja jadi PNS di Indonesia lebih enak ketimbang di negara lain.

Tertarik mau lanjut sekolah? Bukan masalah

Umumnya saat seseorang memutuskan untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, dia akan melakukan resign dari perusahaan terlebih dahulu. Namun bagi PNS, ada banyak jalan yang memudahkan mereka menempuh pendidikan lanjut. Seperti yang diketahui kalau pemerintah siap memberikan beasiswa bagi para PNS bahkan sampai kuliah di luar negeri.

Bisa lanjut sekolah [image source]
Semua kebutuhan akan ditanggung, bahkan tunjangan untuk mereka yang berkeluarga pun diberikan. Pastinya untuk mendapatkannya perlu melengkapi persyaratan khusus dan izin dari atasan. Enak bukan jadi PNS di Indonesia itu, tidak kehilangan pekerjaan, bisa sekolah gratis pula.

Seleksi terbilang lebih muda ketimbang negara lain

Mungkin banyak yang bilang kalau seleksi CPNS di Indonesia itu sulitnya bukan main. Selain harus lulus tes TPA, juga mesti dapat nilai tinggi dalam beberapa mata pelajaran. Namun sayang kalau dibandingkan dengan negara lain ternyata hal itu tidak ada apa-apanya.

Tes yang lebih mudah [image source]
Kita ambil contoh yang ada di Jepang, di negeri sakura itu untuk menjadi PNS butuh seleksi yang sangat ketat. Biasanya yang diambil adalah para lulusan-lulusan terbaik dari sekolah atau universitas terkemuka di sana. Itupun masih ada tes lagi untuk menentukan kelayakannya. Begitu pula dengan yang ada di Perancis, kebanyakan PNSnya adalah para mahasiswa yang punya IPK tertinggi di kampusnya dulu.  Beda banget ya dengan di Indonesia.

Itulah empat kelebihan menjadi PNS di Indonesia dibandingkan dengan negara lain. Melihat banyak kemudahan yang ada seharusnya para PNS kita mesti lebih giat dalam mengabdi pada negara. Apalagi mengingat kinerja para pegawai negeri ini ternyata masih rendah ketimbang beberapa negara di ASEAN.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA