7 Alasan Merantau Itu Adalah Hal Menyenangkan

oleh titi
08:05 AM on Jul 21, 2015

Kata rantau berasal dari Suku Minang yang berarti meninggalkan kampung halaman untuk memperkaya ilmu dan mencari pengalaman di tempat lain. Selain sering menemukan Suku Minang yang merantau ada beberapa suku lain yang ternyata juga sudah pergi kebeberapa tempat hingga keluar negeri. Seperti Suku Batak dan juga Madura.

Meski jauh dari orang tua dan sanak saudara, bukan berarti merantau itu menyedihkan. Malah sebaliknya yang akan didapat anak rantau. Berikut ini Boombastis hadirkan bahwa merantau adalah hal yang menyenangkan untuk dilakukan

Baca Juga
6 Alasan Kenapa One Piece Nggak Pernah Bikin Penggemar Bosen Meski Sudah 20 Tahun
Inilah 4 Alasan Mengapa Profesi TKI Bisa Bikin Seseorang Jadi Kaya Mendadak

1. Teman Baru Beda Suku

Merantau bukan harus pergi keluar negeri dan harus mendayung perahu untuk menyebrangi pulau lain. Pindah dari kota satu ke kota lain juga bisa dikatakan merantau. Entah untuk bekerja atau menambah pendidikan.

Beda suku [Image Source]
Kamu bisa dapat teman beda suku [Image Source]
Dari sinilah anak rantau bisa merasakan perbedaan antara mereka dengan teman baru. Apalagi berbeda suku. Pada awalnya memang sulit, tapi dengan perbedaan tersebut semakin banyak orang yang akan mengenal anak rantau.

2. Ilmu Yang Majemuk

Kadang tradisi hanya berjalan dalam satu atau dua suku. Dan ketika berdiri di tanah orang, tradisinya akan berganti sesuai dengan tanah yang dipijak. Semakin banyak tempat yang disinggahi semakin banyak tradisi yang akan diketahui.

Tradisi [Image Source]
Ilmu dan pengetahuan dari berbagai tradisi [Image Source]
Ilmupun juga sama, setiap daerah yang ditempati pasti berbeda. Meski tak jarang mendapati artian yang sama tapi penjelasan yang diberikan berbeda. Semakin banyak tempat yang disinggahi semakin banyak ilmu yang didapatkan.

3. Mandiri

Baik ngekos, ngontrak ataupun beli rumah di tanah orang, merupakankeberanian yang dimiliki anak rantau untuk tidak mati kutu ditanah orang. Jika di rumah segala sesuatu dilayani orang tua, tapi di tanah orang hal tersebut harus dikerjakan sendiri.

Wanita mandiri [Image Source]
Wanita mandiri [Image Source]
Seperti makan, bersih-bersih dan hidup harus menentukan sendiri. Dari sinilah intinya hidup untuk lebih baik lagi. Jika dari kecil sudah diajarkan mandiri, maka ketika berada diluar akan lebih mudah menerimanya. Begitu juga dengan anak rantau, kalau bukan orang yang mandiri belum sampai tujuan pasti akan kembali ketempat asal.

4. Menjadi Traveler Dadakan

Banyak teman banyak pula cerita yang didengarkan. Sehingga tak jarang mereka ikut ingin tahu cerita apa yang dibicarakan. Selain mendengarkan cerita mereka juga tidak takut untuk membuktikan petualang-pertualangan seru.

Traveler [Image Source]
Menjadi traveler [Image Source]
Berani untuk keluar dari rumah apalagi harus menjelajah isi dunia. Hal itu yang malah menjadikan mereka penambah semangat. Jadi tak jarang kita menemui anak rantau berkelana dari satu tempat ke tempat yang lain.

5. Eksplorasi Bahasa

Satu daerah dengan daerah lain bisa saja memiliki bahasa yang sama, tapi pasti ada beberapa yang memiliki perbedaan. Seperti dialek yang diucapkan tiap orang. Ketika seseorang yang hidup di lingkungan baru, hal pertama yang harus di sesuaikan adalah bahasa.

Ragam Bahasa [Image Source]
Bisa belajar ragam bahasa [Image Source]
Sebagai alat bantu komunikasi, tanpa bahasa anak rantau bakal mati kutu. Karena bahasa ini lah mereka juga mengeksplor bahasa daerah sendiri untuk dikenal banyak orang.

6. Jadi Masyarakat Seutuhnya

Jauh dari orang tua menuntut mereka untuk bekerja lebih keras lagi untuk hidup. Tak jarang lingkungan baru yang dihadapi bertolak belakang dengan apa yang ada dirumah. Tapi tantangan ini yang mustinya mereka pecahkan.

Jadi Bagian Masyarakat [Image Source]
Jadi Bagian Masyarakat [Image Source]
Bagaimana bersosialisasi dengan warga sekitar, berbicara sopan, bertindak sesuai dengan adat yang ada. Memang sulit awalnya, tapi suatu saat kita semua juga akan terjun ke dalam masyarakat seperti mereka.

7. Merasakan Indahnya Mudik

Hal yang paling menyenangkan ketika menjadi anak rantau adalah merasakan kangen terhadap kampung sendiri. Rindu orang tua, keluarga, saudara dan juga teman. Karena kangen tersebut membuat mereka semakin cinta kepada tanah kelahirannya.

Mudik
Mudik[image source]
Dan Mudik adalah hal yang paling berkesan ketika mereka menjadi seorang perantau. Setelah beberapa tahun merasakan pulang kampung dan bertemu dengan orang-orang yang dicintai. Menyenangkan.

Ketika melihat orang merantau, seperti melepas seseorang yang tidak akan kembali. Padahal pada kenyataannya, mereka tidak akan lupa dengan kampung halaman sendiri. Jangan takut untuk mengasah kemampuanmu di luar rumah. Semuanya sudah ada takdirnya, tergantung kamu menanggapi apa yang sudah ditakdirkan. Merantau itu indah loh.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA