Buat Kamu yang Masih Sendiri, Menikahlah Hanya Karena 4 Alasan Berikut Ini!

oleh Sofia Fitriani
07:00 AM on Oct 11, 2015

Menikah adalah sebuah fase kehidupan yang amat sakral dalam kehidupan seseorang. Di mana terjadi sebuah perjanjian antara sepasang hamba dengan Allah SWT, untuk saling mencintai, setia, dan bersama seumur hidup. Karena pernikahan bukanlah sebuah permainan, yaitu menyangkut masa depan dunia akhirat, menyangkut masa depan anak-anak kelak, dan juga hubungan dua keluarga. Maka, kita tak bisa main-main pula dalam menjalani prosesnya. Termasuk dalam melangkah memilih calon pendamping hidup atau menetapkan kriteria pernikahan kita kelak.

Nah, bagi kamu yang masih sendiri dan merindukan kehadiran sosok pelengkap dalam hidup ini, jangan pernah menikah hanya karena usia telah sangat matang, atau karena banyak teman sudah menyalip dahulu, atau karena dipaksa. Tapi, kamu harus menikah karena beberapa alasan berikut ini:

Baca Juga
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia
6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi

Menikahlah dengan Dia yang Kau Rasa Surga Allah Teramat Dekat

Dalam Al-Qur’an surat An-Nur ayat 26 disebutkan bahwa, Laki-laki yang baik akan mendapatkan Perempuan yang baik, begitupun sebaliknya Laki-laki pezina akan mendapatkan Perempuan pezina pula. Dari ayat tersebut, Allah memberikan sebuah peringatan bagi kita agar jangan sampai salah dalam memilih pasangan halal untuk masa depan kita.

Menikah dengan seseorang yang membawa kita dekat dengan Allah SWT
Menikah dengan seseorang yang membawa kita dekat dengan Allah SWT [imagesource]
Jika alasan kita menikah hanyalah karena hawa nafsu duniawi, ya hanya itu yang akan Allah berikan. Allah tak akan pernah mendekatkan kita dengan Surga-Nya, bahkan mencium baunya saja tidak mampu kita lakukan. Maka, pilihan utama dalam menikah adalah dengan dia, yaitu seseorang yang mampu membuat kita merasakan bahwa Surga Allah amat dekat.

Dalam artian, dia mampu menjadi imam atau makmum yang baik dalam manjalankan semua perintah Allah selama hidup. Dengan bersamanya kita semakin dekat dengan Allah, dan semakin mencintai jalan Allah. Sehingga kehidupan akan terasa sakinah atau nyaman, dan segala permasalahan bisa dihadapi bersama dengan penuh kesabaran dan ketangguhan karena yakin Allah selalu dekat dengan kita.

Menikahlah dengan Dia yang Menerimamu Apa Adanya

Ya, seseorang yang benar mencintai kita karena Allah, akan serius menerima semua kekurangan dan kelebihan kita, sebagai bentuk syukur dia kepada Allah yang telah mempertemukan dengan jodoh dunia dan akhirat, jodoh terbaik yang Allah takdirkan. Bukan seseorang yang mencintai kita karena ada apanya kita. Karena itu bukan cinta, namun hawa nafsu.

Menikah dengan seseorang yang menerima kita apa adanya
Menikah dengan seseorang yang menerima kita apa adanya [imagesource]
Jika alasan menikah kita adalah siap membangun rumah di dunia dan di surga Allah, maka kita harus menyadari bahwa ketika dua makhluk bersatu dalam ikatan pernikahan dan akan menjalani hidup bersama, maka segala ketidakcocokan akan mungkin sekali ditemukan. Berbagai ketidaksamaan bahkan perbedaan akan ditemukan pula.

Namun jika kita siap menerima apa adanya pasangan kita, sebagai bentuk syukur kita pada Allah yang telah mengirimnya untuk mendampingi hidup kita, maka hal itu bukanlah sebuah masalah besar. Justru menjadi sebuah seni, karena dua magnet yang berseberangan akan saling melekat lebih kuat, bukan?

Menikahlah dengan Dia yang Membuat Kita Siap Bersamanya Seumur Hidup

Tak hanya sekedar siap menerima kita apa adanya, namun bagaimana dengan dia kita bisa yakin kita siap mendampinginya di seluruh sisa hidup kita. Mungkin bisa menjadi sesuatu yang berat, apalagi saat bayangan bersama dengan satu orang yang sama terus, dengan karakter yang sama pada dirinya, dan ya begitu-begitu saja.

Menikah dengan seseorang yang siap membawa kita seumur hidup
Menikah dengan seseorang yang siap membawa kita seumur hidup [imagesource]
Namun, jika kita merasa nyaman dan yakin dia bisa membuat kita bertahan bersamanya di seluruh sisa hidup kita, pasti segala permasalahan rumah tangga akan bisa dihadapi bersama. Itulah mengapa, yakinkan diri kita bahwa dia adalah seseorang yang akan membuat kita nyaman berada di sisinya, selalu bersama kita, tak hanya di dunia namun juga di Surga Allah kelak.

Menikahlah dengan Dia yang Bisa Jadi Orangtua Terbaik Bagi Anakmu

Tak bisa dipungkiri bahwa menikah tak hanya menjadi masa depan dua insan, namun terlebih adalah masa depan anak-anak kelak dan bagaimana orangtua mendidik. Maka, hak anak pertama yang harus kita tunaikan adalah memilihkan orangtua terbaik baginya, yaitu dengan memilih pasangan yang mampu berpartner dengan kita untuk menjadi orangtua terbaik bagi anak-anak kelak.

Menikah dengan seseorang yang mampu melindungi dan mendidik anak
Menikah dengan seseorang yang mampu melindungi dan mendidik anak [imagesource]
Itulah keempat alasan yang harus kamu punya ketika kamu akan menikah atau memilih seorang pendamping halal dalam kehidupanmu. Niatkan semua karena Allah, demi ridho dan keberkahan dariNya. Maka surga akan terasa dekat, bahkan amat sangat dekat, karena pernikahan yang kita bangun kelak. (sof)

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA