6 Alasan Memilih Pulau Moyo Sebagai Destinasi Wisata

oleh Alfry
10:39 AM on Oct 23, 2014

Kalau Bali atau Lombok sudah tergolong mainstream sedangkan ke Raja Ampat terlalu mahal bagi Anda, maka meluncur saja ke pulau Moyo. Pulau Moyo, pulau kecil di sebelah utara Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat yang menarik pesohor besar. Karena memiliki pulau yang eksotik dengan kekayaan alam yang luar biasa maka tidak salah jika pulau ini menjadi salah satu destinasi wisata kelas dunia yang kerap dimanfaatkan selebritis mancanegara untuk berwisata ketenangan.

Jangan minder bagi traveler yang ber-budged pas-pasan. Pulau yang jadi salah satu destinasi favorit mendiang Lady Diana hingga David Beckham ini bisa kok dijangkau traveler budget ngepas. Disarankan untuk mengexplore pulau ini ditemani pemandu agar tidak tersesat. Ini dia 5 alasan travelling ke Pulau Moyo.

Baca Juga
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia
6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi

1. Surga Para Diver – Pulau Moyo Dengan Taman Bawah Laut Yang Indah

Terumbu karang yang masih dalam kondisi baik dan belum rusak serta bervariasinya jenis ikan hias yang hidup di alam bawah laut pulau Moyo menjadi surga pecinta snorkeling dan diving di pulau ini. Para diver pun juga bisa bertemu dengan ikan pemangsa nomer satu di lautan, hiu dengan panjang 2 meter.

Terumbu karang pulau Moyo yang masih terjaga kelestariannya
Terumbu karang pulau Moyo yang masih terjaga kelestariannya

Tidak hanya itu saja, aneka ragam anemon laut, belut, bahkan kawanan pari manta dapat ditemui di laut pulau ini. Jika masih dirasa itu kurang, Anda dapat melanjutkan untuk menjelajahi laut di sekitar Pulau Medang yang terletak di barat laut pulau Moyo. Pemandangan bawah lautnya tidak kalah indah di banding laut pulau Moyo.

2. Spot Tracking Yang Menantang

Bagi traveler khususnya tracker yang lebih memilih untuk menghabiskan waktu travelingnya dengan cara menyatu dengan alam maka pulau ini wajib masuk daftar destinasi petualangannya. Pulau Moyo memiliki hutan-hutan dalam kondisi yang masih asri dan rute yang menantang sehingga menjadikannya lokasi yang tepat untuk melakukan kegiatan trekking.

Salah satu rute trekking yang melewati Air Terjun Brang Rea
Salah satu rute trekking yang melewati Air Terjun Brang Rea

Rute trekking paling populer ialah dari Labuan Haji menuju Air Terjun Brang Rea (sungai besar) yang ada di tengah pulau. Ada juga yang mengarah ke Gua Ai Manis, tempat tinggal ratusan kelelawar. Buat para trekker yang baru pertama kali menjelajah disarankan menyewa jasa pemandu lokal agar tidak tersesat.

3. Surganya Pecinta Burung – Aneka Spesies Burung Langka Hidup Di Pulau Ini

Tercatat ada 124 spesies burung yang hidup di Sumbawa, dan 86 jenis diantaranya terdapat di pulau Moyo. Dengan banyaknya spesies burung yang hidup di pulau ini, maka tak heran jika pulau ini menjadi surganya para pecinta burung.

Burung Gosong salah satu spesies burung langka di pulau Moyo
Burung Gosong salah satu spesies burung langka di pulau Moyo

Spesies burung langkapun dapat ditemui di pulau ini, diantaranya burung Kakatua berkepala kuning dan burung Gosong (megapodius). Satu hal yang unik dari burung Gosong ini adalah mereka mengandalkan tanaman dan ranting untuk menghasilkan panas selama proses penetasan telur-telurnya.

4. Berlibur Ala Super Star

Seperti yang telah diceritakan di awal bahwa pulau Moyo menjadi destinasi wisata favorit para super star dunia. Bayangkan saja bila bintang sekelas Lady Diana, David Beckham hingga Michael Philip “Mick Jagger” pernah menghabiskan liburannya di pulau ini.

Aman Resort tempat menginap para bintang dunia
Aman Resort tempat menginap para bintang dunia

Salah satu resort paling terkemuka dan pernah menjadi tempat penginapan para bintang tersebut adalah Aman Resort. Namun untuk mencicipi resort ini kita diwajibkan merogoh kocek yang cukup dalam, karena tarifnya berkisar Rp.35 jutaan per orang untuk paket menginap selama 3 malam saja.

5. Sunset Sempurna Pulau Moyo

Pulau yang lagi booming sebagai calon kuat tujuan wisata yang bakal mendunia setelah Bali ini digadang-gadang memiliki sunset sempurna di dunia. Keindahan matahari terbenam ini tak ayal mampu menghipnotis siapapun yang melihatnya.

Sunset sempurna di Pulau Moyo
Sunset sempurna di Pulau Moyo

Saat sore menjelang jangan lewatkan pemandangan menakjubkan ketika matahari mulai tenggelam di tengan lautan. Dikatakan sempurna karena matahari akan terlihat bulat sempurna ketika berada di ujung ufuk.Garis pantainya yang elok akan menjadi bingkai sempurna bagi senja yang indah.

Dengan tawaran-tawaran keindahan alam yang diberikan pulau Moyo tersebut, masih adakah alasan bagi Anda untuk tidak segera mengunjungi pulau yang eksotis ini?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA