4 Alasan Mengapa Berkurban Bisa Dilakukan Oleh Siapa Saja!

oleh Adi Nugroho
09:52 AM on Sep 22, 2015

Dua bulan setelah Idul Fitri biasanya akan banyak orang dari seluruh dunia yang melakukan Ibadah Haji di Mekkah. Selain Ibadah Haji, di beberapa negara Islam seperti Indonesia juga merayakannya dengan berkurban. Setelah Sholat Idul Adha akan diadakan pemotongan hewan berupa kambing, domba, atau sapi. Daging hewan kurban ini biasanya akan diberikan kepada siapa saja yang tidak mampu.

Baca Juga : 7 Hewan Dengan Bentuk Paling Aneh yang Ternyata Ada dan Nyata!

Baca Juga
5 Fakta Gahar Pesawat Buatan Anak Bangsa N219 yang Bakal Bikin Negara Tetangga Iri
Deretan 10 Paskibraka Cantik Pembawa Bendera Pusaka Di Upacara Istana Kepresidenan yang juga Pantas Membawa Hatimu

Berkurban di Indonesia selalu identik dengan orang kaya. Orang yang memiliki kelebihan materi akan membeli hewan kurban dan akhirnya disumbangkan ke masjid setempat. Akhirnya terbentuk dalam pikiran, jika berkurban artinya orang kaya. Jika tidak kaya tidak usah berkurban, toh juga bisa menikmati dagingnya.

Well, sebenarnya kita harus membuang jauh-jauh pikiran itu. Berkurban bukan perkara si kaya dan si miskin. Namun perkara apakah kita niat atau tidak. Berikut empat alasan mengapa berkurban bisa dilakukan oleh siapa saja!

1. Sekali Seumur Hidup

Berkurban mungkin bisa dilakukan lebih dari sekali. Bahkan ada yang setiap tahun seperti dijadikan langganan sebagai orang yang wajib berkurban. Meski hukumnya dalam Islam tidaklah wajib. Namun karena orang yang bersangkutan kaya raya, jadi mau enggak mau pasti berkurban.

Berkurban sekali seumur hidup [image source]
Berkurban sekali seumur hidup [image source]
Sebenarnya kita semua bisa kok berkurban. Waktu yang sangat panjang (dari mulai tahu apa itu berkurban sampai sekarang) ini harusnya bisa kita lakukan untuk berpikir. Bagaimana ya caranya untuk bisa berkurban nanti tahun depan, atau lima tahun lagi. Jangan berpikir seperti ini: kira-kira siapa lagi ya yang berkurban? Tahun ini di kampung daging yang dibagikan banyak enggak ya?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri 8 Ilustrasi Kocak yang Membuktikan Dunia Berubah ke Arah yang Lebih Buruk, Setuju?
BERITA TERKAIT
BACA JUGA