8 Alasan Kenapa Aremania Adalah Suporter Paling Keren di Indonesia

oleh Rizal
15:07 PM on Nov 23, 2015

Bukan tanpa alasan kenapa suporter sepak bola disebut pemain ke 12. Ya, kehadiran mereka juga memberikan nyawa dalam sebuah pertandingan. Sorakannya membuat klub yang didukung sangat bersemangat dan sang lawan menciut mentalnya. Bahkan tanpa kehadiran suporter nilai prestisius sebuah pertandingan hilang sama sekali. Ya, pertandingan tanpa suporter identik sebagai hukuman bagi klub-klub yang melakukan kesalahan.

Berbicara soal suporter di Indonesia, maka kita bisa membusungkan dada. Pasalnya, para suporter negeri ini memang keren dan hebat. Tak kalah jika dibandingkan dengan tifosi-tifosi luar negeri. Nah, di antara banyak suporter sepak bola Indonesia yang bisa dianggap paling fenomenal adalah Aremania, pendukung klub Arema.

Baca Juga
Inilah 4 Darah Indonesia di Luar Negeri yang “Menolak” Ajakan Timnas Membela Bumi Pertiwi
5 Tunas Muda Indonesia yang Sudah “Merumput” di Luar Negeri Namun Namanya Jarang Dikenali

Tentu ada alasannya kenapa Aremania jadi suporter yang paling jumawa di Indonesia. Nah, berikut adalah fakta-fakta Aremania yang bakal bikin kamu kagum.

1. Ke Mana Arema Bermain, Aremania Akan Selalu Ada

“Di mana pun berada, kami selalu ada, karena kami Aremania,” begitulah potongan lagu penyemangat yang seringkali dinyanyikan Aremania ketika klub kesayangannya bermain. Bukan cuma nyanyian, loyalitas Aremania dengan mendatangi Arema di mana pun mereka bermain memang benar.

Di mana pun Arema bermain, maka Aremania akan selalu ada [Image Source]
Di mana pun Arema bermain, maka Aremania akan selalu ada [Image Source]
Khususnya pada laga away Arema, Aremania akan selalu ikut serta. Bahkan jumlahnya bisa dibilang gila-gilaan. Uniknya, ketika Arema main di luar kandang, Aremania selalu auto pilot. Artinya tanpa dihimbau, mereka akan berinisiatif sendiri misalnya untuk menyewa bus, memikirkan akomodasi dan sebagainya. Ya, padahal ini hanya untuk 90 menit pertandingan. Namun, kita harus salut dengan loyalitas mereka.

2. Puja Pemain Seperti Idola

Menjadi pemain Arema, artinya harus siap-siap dielu-elukan bak seorang idola. Ya, siapa pun dia bagaimana kualitasnya maka Aremania akan memberikan dukungannya semaksimal mungkin. Bahkan kadang mereka juga menyanyikan nama-nama pemain dalam yel-yel selama pertandingan.

Para pemain Arema sudah seperti idola bagi Aremania [Image Source]
Para pemain Arema sudah seperti idola bagi Aremania [Image Source]
Makanya banyak pemain yang betah ketika bermain untuk Arema. Bukan hanya karena manajemen yang bagus, tapi juga suporter yang mendukung mereka gila-gilaan.

3. Aremania Kerap Sumbangkan Uang

Tak hanya hadir di lapangan dan mendukung Arema dengan nyanyian pembakar semangat, Aremania juga melakukan banyak sekali aksi nyata. Salah satunya adalah melakukan aksi sosial dengan mengumpulkan sumbangan-sumbangan untuk para korban bencana alam.

Aremania kerap melakukan aksi solidaritas seperti mengumpulkan sumbangan [Image Source]
Aremania kerap melakukan aksi solidaritas seperti mengumpulkan sumbangan [Image Source]
Tak hanya itu, mereka juga sering pula menggelar aksi solidaritas dengan menyumbangkan uang demi pengobatan rekan mereka yang mengalami kecelakaan. Pernah ada cerita jika Aremania berhasil mengumpulkan uang sebesar Rp 19 juta dari hasil sumbangan untuk diberikan kepada salah satu suporter yang mengalami kecelakaan. Salut!

4. Arema Degradasi Tetap Tak Kurang Dukungan Aremania

Arema mungkin sekarang besar dan jumawa, namun dulu mereka pernah mengalami masa-masa suram. Ya, dulu Arema pernah sangat terpuruk dengan pernah berada di zona degradasi dalam waktu yang sangat lama. Bahkan mereka juga pernah turun level kompetisi.

Pernah terdegradasi, Aremania tetap loyal kepada Arema [Image Source]
Pernah terdegradasi, Aremania tetap loyal kepada Arema [Image Source]
Namun bukti kesetiaan Aremania sangat nyata di sana. Tanpa peduli klub kesayangan tengah berada di masa sulit, mereka terus menyorakkan dukungan. Bisa dibilang kenapa Arema bisa sebesar sekarang salah satunya berkat konsistensi para Aremania yang selalu mendukung mereka.

5. Aremania Sangat Sinkron Dengan Klub dan Manajemen

Arema, manajemennya, serta suporter sudah seperti satu tubuh yang sangat sinkron. Ya, klub selalu mempercayai Aremania dan sebaliknya. Hal tersebut dibuktikan dengan dilibatkannya para perwakilan suporter dalam pengambilan keputusan di tim.

Protes beberapa waktu lalu bukti kekompakan Aremania dengan manajemen klub [Image Source]
Protes beberapa waktu lalu bukti kekompakan Aremania dengan manajemen klub [Image Source]
Salah satunya adalah ketika Arema melakukan protes kepada BOPI terkait pencekalan mereka di Liga Indonesia, pelatih Arema almarhum Suharno, dan manajemen mengajak para Aremania untuk turun ke jalan melakukan protes. Tanpa banyak tanya Aremania beramai-ramai turun karena ini adalah untuk kepentingan klub.

6. Aremania Selalu Menyempatkan Diri Menonton Pertandingan Arema

Arema bermain artinya kode untuk menghentikan semua aktivitas. Ya, inilah yang memang terjadi. Meskipun ada yang tak bisa ke stadion untuk mendukung, setidaknya mereka pasti menonton televisi. Jika tidak disiarkan, biasanya para Aremania beralih memutar radio-radio yang menyiarkan jalannya pertandingan.

Nobar juga cara Aremania ketika mereka tak sanggup pergi ke stadion [Image Source]
Nobar juga cara Aremania ketika mereka tak sanggup pergi ke stadion [Image Source]
Bahkan jika ini masih tidak sempat dilakukan, para Aremania biasanya selalu menanyakan live report. Entah lewat media sosial, broadcasting message, sampai tulisan artikel. Sebisa mungkin mereka tak ketinggalan momen pertandingan satu pun.

7. Arema Adalah Lifestyle

Bagi mereka yang tidak tinggal di Malang, mungkin akan menganggap suporter Arema sama seperti yang lain. Namun bagi Aremania, aktivitas mendukung klub sudah semacam lifestyle yang sudah mendarah daging. Dari yang kecil sampai kakek-kakek, serentak memakai jersey biru kebanggaan Arema begitu klub ini bermain.

Arema bukan sekedar klub bola, ia adalah lifestyle-nya orang Malang [Image Source]
Arema bukan sekedar klub bola, ia adalah lifestyle-nya orang Malang [Image Source]
Bahkan di level yang sudah sangat fanatis, hukumnya wajib untuk pergi ke stadion ketika sang klub kesayangan bermain. Terdengar sangat konyol memang mendukung bola sampai seperti ini. Namun Arema adalah aset yang kehadirannya mampu mempersatukan warga Malang.

8. Arema Adalah Suporter Terbaik

Loyalitas tanpa batas para Aremania ternyata berbuah manis. Ya, mereka seringkali dinobatkan sebagai suporter terbaik. Tak cuma di Indonesia tapi juga level Asia Tenggara bahkan Asia. Yel-yel kompak serta kreativitas membuat Aremania mampu mencapai prestasi seperti ini.

Berulang kali diganjar sebagai suporter terbaik adalah bukti nyata kehebatan Aremania [Image Source]
Berulang kali diganjar sebagai suporter terbaik adalah bukti nyata kehebatan Aremania [Image Source]
Tak hanya diakui dunia, Aremania juga mendapatkan hormat dari para pemain, khususnya pemain asing. Pernah suatu ketika Noh Alamsyah, pemain asal Singapura, sampai menangis gara-gara ia disambut sangat meriah ketika bermain. Pemain terbaru Arema, Kiko Insa sampai geleng-geleng melihat Arema yang sedemikian loyal terhadap klubnya. “Now I know why Aremania is best supporters in Asia,” begitu ungkap Kiko di Instagram-nya.

“Kami ini Aremania, kami selalu dukung Arema,” penggalan lirik ini akan membuatmu merinding ketika menonton pertandingan Arema di kandang mereka. Gemuruh semangat serta dukungan Aremania seperti sebuah angin energi bagi tim untuk bermain lebih keren. Aremania adalah contoh jika sepak bola bukan hanya tentang permainan antara 11 orang dalam 90 menit. Tapi, mengandung arti yang sangat dalam, tentang persaudaraan dan loyalitas.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA