5 Hal Memalukan ini Bisa Terjadi Jika Akun Pribadimu Dibobol Hacker!

oleh Adi Nugroho
12:00 PM on Aug 9, 2015

Belakangan ini beberapa akun media sosial seperti Facebook atau Twitter milik seseorang kerap diretas oleh oknum tak bertanggung jawab. Mereka membobol akun itu untuk tujuan-tujuan tertentu. Misal membuat orang itu malu, sok-sok bergaya karena pandai hacking, atau untuk mendapatkan informasi penting.

Ok, sekarang coba bayangkan jika akun sosial media anda dibobol. Hal-hal apa sajakah yang bisa membuat anda menjadi malu. Bahkan jika sampai muncul ke ranah publik nama baik anda jadi rusak. Yuk, coba kita pilah satu per satu kemaluan apa sajakah itu!

Baca Juga
4 Hal Negatif yang Mungkin Akan Dialami Masyarakat Jika Penggunaan KTP Sebagai Syarat SIM Card Terlaksana
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila “Janda” Dijamin Bikin Publik Melongo

1. Foto dan Video Seronok Diketahui Publik!

Well, nomor pertama dari daftar ini dimulai dengan hal seronok. Yaph, hal paling pribadi dari kita ini bakalan runyam jika diketahui publik. Terlebih jika kita merupakan orang penting. Foto atau video jenis ginian bakalan membuat kita tak mau hadir di muka publik. Bakalan bersembunyi di balik selimut hingga hype moment-nya lewat.

Foto dan Video Seronok Diketahui Publik! [image source]
Foto dan Video Seronok Diketahui Publik! [image source]
Saat foto atau video ini keluar dari sarang, kita akan disalahkan oleh banyak orang. Mulai dari pertanyaan retorikal: buat apa membuat video seperti itu. Kedua: kenapa membuat password yang gampang dibobol. Yah, sebenarnya foto atau video jenis itu dibuat dengan alasan tertentu, mungkin bagi pasangan yang LDR bisa digunakan untuk melepas rindu atau hal lain yang sifatnya pribadi. Jadi bakalan selalu salah jika benda pribadi ini dilempar hacker ke ranah publik. So, berhati-hatilah jika punya hal “nakal” kayak gini!

2. Ketahuan Selingkuh!

Yaph! Munculnya media sosial juga berdampak pada pola komunikasi sosial. Jika dulunya kita mengenal orang hanya karena bertemu atau sms-an. Sekarang kita bisa mengenal banyak orang dengan Facebook atau media sosial lainnya. Hal ini sangat rentan dengan namanya perselingkuhan. Jika anda kerap membaca berita di koran, tak sekali dua kali perceraian dan tindak kriminal terjadi akibat Facebook, pemicunya adalah keinginan untuk berselingkuh!

Ketahuan Selingkuh! [image source]
Ketahuan Selingkuh! [image source]
Jika akun sosial digunakan secara tidak benar, kita bisa mendapatkan “karma”! Saat hacker yang nakal membobol akun sosial anda. Mereka akan menemukan banyak percakapan yang mengindikasikan tindak perselingkuhan. Misal anda suka menggoda gadis-gadis dan mengajaknya ketemuan. Atau anda meminta nomor ponsel atau pin BB. Uhuk, jika hal itu di-screenshoot lalu dipajang? Kita bakalan mati kutu!

3. Ketahuan Suka Mengakses Situs Nggak Bener!

Beberapa akun sosial yang kita punya biasanya terhubung langsung dengan cloud. Jadi apa-apa yang kita lakukan bakalan tersimpan. Misal kita kerap melakukan pencarian konten panas. Maka secara langsung hal itu tersimpan. Hal ini sebenarnya memudahkan kita jika ingin mengakses situs ini di alat lain. Misal kita login dengan menggunakan laptop teman atau di warnet, data-data akan otomatis tersinkronasi.

Katahuan Suka Mengaakses Situs Nggak Bener! [image source]
Katahuan Suka Mengaakses Situs Nggak Bener! [image source]
Jika hacker membobol akun anda. Ia akan tahu jika anda sering membuka situs nakal. Nah jika hal ini dibocorkan ke teman anda bagaimana? Kalau cowok sih mungkin biasa. Kalau cewek? Bakalan hilang muka jika ketahuan suka melihat dan mengakses hal-hal berbau tidak benar itu. Harga diri bisa runtuh seketika!

4. Kebiasaan Aneh yang Terungkap!

Setiap orang memiliki kebiasaan yang aneh-aneh. Misal cowok yang harusnya senang hal berbau tantangan justru suka mengoleksi film Barbie. Atau cewek yang sudah tua tapi senangnya menggoda para cowok yang masih muda. Bahkan masih sekolah dan di bawah umur. Hal-hal semacam ini biasanya terekam oleh media sosial yang kita pakai.

Kebiasaan Aneh yang Terungkap! [image source]
Kebiasaan Aneh yang Terungkap! [image source]
Dan di saat yang tidak baik, atau kita lagi sial, hacker bakalan membobolnya. Data-data terkait kita suka melihat film Barbie atau mengoleksi pernak-pernik pink bakal meledak. Jika sudah seperti ini kita hanya bisa menyesalinya. Dan berharap waktu di putar ke belakang agar kita bisa membuat password panjang dan susah agar hacker tak bisa meretasnya.

5. Ketahuan Suka Bohong!

Akun sosial biasanya digunakan oleh orang-orang untuk melakukan kebohongan. Entah itu masalah foto, domisili, umur, hingga pekerjaan. Jika hal itu diretas oleh hacker dan dibuka ke teman-teman anda maka anda bakalan dicap pembohong. Banyak orang yang berakhir di penjara karena melakukan kebohongan di Facebook.

Berbohong [image source]
Berbohong [image source]
Sudah susah-susah merayu untuk mendapatkan pacar, eh dibobol. Gagal sudah semua usaha kebohongan yang dilakukan. Padahal sudah susah-susah mencomot gambar artis. Atau sudah mencari-cari alasan agar diakui masih muda padahal seorang duda beranak banyak. Well, kebohongan seperti ini bisa membuat anda malu tak terkira. So, jangan jadi pembohong!

Hayo, daripada malu dan kecolongan lebih baik gunakan akun media sosial untuk sesuatu yang berguna. Misal mencari komunitas atau pekerjaan. Kalau cuma buat senang-senang lebih baik pakai hal lain. Kalau sudah kebuka aibnya kan malu to the max!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA