6 Aktris Mandarin Cantik Era 90an yang Masih Mempesona Hingga Hari Ini

oleh Norman Duarte
10:15 AM on Jul 31, 2015

Jika kamu sering nonton ke bioskop di era 90an, kamu pasti sering nonton film-film mandarin seperti Once Upon A Time in China (Kungfu Master), Tricky Brains, Fight Back To School, dan masih banyak lagi judul-judul jadul yang keren dan sangat menghibur. Kamu juga pasti sering memperhatikan aktris-aktris pemerannya yang cantik-cantik.

Untuk mengenang masa-masa indah itu, kali ini redaksi akan membahas aktris-aktris cantik yang dulu pernah menghiasi layar perak bioskop-bioskop kita. Aktris-aktris ini sekarang sudah menginjak usia setengah baya, tapi mereka masih tetap cantik dan mempesona. Siapa saja mereka? Nih!

Baca Juga
4 Hal Negatif yang Mungkin Akan Dialami Masyarakat Jika Penggunaan KTP Sebagai Syarat SIM Card Terlaksana
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila “Janda” Dijamin Bikin Publik Melongo

1. Rosamund Kwan Che Lin

Nama asli Rosamund adalah Guan Zhi Lin, ia lahir pada tanggal 24 September 1962 di Hongkong. Wajahnya sangat cantik dan unik dengan mata yang lebar. Wajah uniknya ini mungkin didapatkan dari ayahnya yang merupakan keturunan suku Manchu (salah satu etnis di China). Ayahnya sendiri yang bernama Kwan Shan ini, adalah bintang film juga.

Rosamund Kwan Che Lin
Rosamund Kwan Che Lin [ImageSource]
Sejak kecil Rosamund adalah anak yang pendiam dan pemalu. Ia mendapat tawaran akting pertama kali untuk bermain di serial TV berjudul Agent 24. Setelah itu ia membintangi sebuah film bersama aktor Chow Yun Fat, berjudul The Head Hunter. Karirnya bersinar saat ia berperan sebagai ‘bibi ke 13’ di film Once Upon A Time in China (Kungfu Master) bersama Jet Li yang menghasilkan 5 sequel.

Saat ini Rosamund sudah berhenti dari dunia akting sejak film terakhirnya di 2004. Ia menikah secara rahasia dengan seorang milyuner tua asal Taiwan bernama Chen Tai Ming. Sepanjang karirnya, Rosamund membintangi lebih dari 70 film.

2. Sharla Cheung Man

Aktris yang lahir pada tanggal 7 Februari 1967 ini sering kita lihat tampil di film bersama Stephen Chow. Banyak sekali film yang dibuatnya bersama Stephen Chow, antara lain: All for the Winner, God of Gamblers II, Fist of Fury 1991, Fight Back to School, Royal Tramp, dan King of Beggars. Selain bersama Stephen Chow, Sharla juga sering main film bersama Andy Lau, antara lain: God of Gamblers, God of Gamblers II, dan Lee Rock.

Sharla Cheung Man
Sharla Cheung Man

Di akhir tahun 90an, Sharla mulai meninggalkan dunia akting dan mulai terjun sebagai produser film. Beberapa film buatannya gagal, dan Sharla akhirnya kembali ke dunia akting, namun hanya dalam serial TV. Sekarang karirnya meredup tapi ia masih terlihat cantik dan awet muda.

3. Maggie Cheung

Wanita berwajah babyface ini adalah aktris Asia pertama yang mendapat penghargaan di Cannes Film Festival. Ia memulai karirnya sebagai peserta kontes kecantikan Miss Hongkong dan meraih peringkat kedua.

Maggie Cheung
Maggie Cheung [ImageSource]
Karirnya di dunia perfilman mulai menanjak saat ia membintangi Police Story bersama Jacky Chan. Sejak saat itu Maggie membintangi banyak sekali film yang jumlahnya kurang lebih 70 film. Ia sempat tampil di film ‘Hero’ bersama Jet Li dan Tony Leung, yang sempat sukses juga di Hollywood. Dalam film Clean di tahun 2006, ia mendapat penghargaan sebagai aktris terbaik di festival film Cannes yang sangat prestisius bagi insan perfilman.

Sayangnya, setelah film Clean, aktris yang dibesarkan di Inggris ini kemudian meninggalkan akting dan lebih fokus ke aktivitas sosial. Ia menjadi duta UNICEF, dan kemudian mendapat penghargaan doktor honoris causa oleh Universitas Edinburgh.

4. Gong Li

Gong Li adalah aktris cantik yang dianggap sukses membawa perfilman China, dikenal di Eropa dan Amerika. Film-film yang dibuatnya bersama sutradara Zhang Yimou seperti Red Shorgoum dan Raise The Red Lantern semuanya dipuji sebagai film yang sangat berkualitas. Ia sendiri menjalin hubungan percintaan dengan Zhang Yimou sebelum akhirnya kandas di tahun 1995.

Gong Li
Gong Li

Artis yang lahir di tanggal 31 Desember 1965 lalu merambah perfilman internasional dengan bermain di film Memoirs of Geisha, Miami Vice, dan Hannibal Rising. Sampai sekarang ia masih aktif bermain film dan kecantikannya seolah-olah tak lekang oleh jaman.

5. Michelle Yeoh

Nama lengkap dari Michelle Yeoh adalah Tan Sri Michelle Yeoh Choo-Kheng. Ia lahir di Perak, Malaysia pada tanggal 6 Agustus 1962. Saat remaja, ia mengambil sekolah balet di London. Di usia 20 tahun ia memenangkan kontes kecantikan Miss Malaysia. Sebuah iklan yang dibintanginya bersama Jacky Chan membuat para produser film di Hongkong menawarinya untuk bermain film di sana.

Michelle Yeoh
Michelle Yeoh

Sejak itu karir perfilman Michelle mulai menanjak. Ia bermain bersama banyak bintang Hongkong seperti Jacky Chan dan Jet Li. Namanya mulai dikenal dunia internasional setelah ia berperan sebagai Wai Lin dalam film James Bond Tomorrow Never Dies. Di sini karirnya semakin cemerlang dan ia pun membintangi banyak film besar seperti Hidden Dragon Crouching Tiger dan The Lady.

Sampai sekarang Michelle masih aktif berakting, dan sedang mempersiapkan sequel dari Hidden Dragon Crouching Tiger. Kita tunggu saja penampilannya.

6. Brigette Lin

Brigette Lin adalah aktris legendaris yang sudah dianggap sebagai icon perfilman mandarin. Pada puncak karirnya, ia adalah aktris dengan bayaran paling mahal, dan paling dicari para produser film. Aktingnya terhitung sangat bagus. Bahkan kadang-kadang ia berperan sebagai laki-laki, atau wanita yang tomboy.

Brigette Lin
Brigette Lin [ImageSource]
Salah satu perannya yang paling dikenang orang adalah ketika ia berperan sebagai Lian Ni Chang di The Bride With White Hair. Aktingnya di film ini sangat dipuji, dan film ini pun sendiri sangat sukses. Aktris yang lahir pada tanggal 3 November 1954 ini pensiun dari dunia akting setelah membintangi lebih dari 100 film.

Bagaimana? Cantik-cantik kan? Siapa artis mandarin favorit kamu?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA