Sebelum Ramadan Berakhir, 5 Hal Remeh Ini Bikin Puasamu Nggak Ada Artinya

oleh Rizal
08:00 AM on Jun 27, 2016

Puasa itu nggak hanya tentang lapar dan haus saja, tapi juga soal menjaga diri dari hal yang membatalkan pahalanya. Memang susah untuk yang satu itu karena tanpa sadar kita sering melakukannya. Padahal cukup disayangkan kalau sampai terjadi. Karena usaha menahan susahnya berlapar dan berhaus ria pun nggak ada esensi alias pahalanya.

Seringkali hal-hal yang bikin puasa nggak ada artinya adalah dari hal-hal kecil dan remeh yang kita lakukan tanpa sadar. Misalnya emosi lihat ibu-ibu pakai matic yang  sein kanan tapi beloknya kiri, atau mungkin melihat sesuatu yang bikin kita tiba-tiba merasa panas, entah mbak-mbak cantik atau ibu-ibu lucu. Fix, meskipun kita nggak benar-benar sengaja, tapi hal-hal kecil macam begitu bisa bikin puasa nol pahalanya.

Baca Juga
7 Hal Ini Jadi Alasan Kenapa Wanita Jepang Ogah Menikah
Lolicon, Sindrom Ketertarikan Pada Gadis di Bawah Umur yang Ternyata ‘Berbeda’ dengan Pedophilia

Ada baiknya mulai sekarang kita selalu aware dengan hal-hal kecil di sekitar. Terutama yang berpotensi bikin puasa nggak ada pahalanya. Mungkin misalnya hal-hal kecil berikut.

1. Mainan Sosmed

Bersosmed ria bisa dibilang hal yang bagus untuk dilakukan ketika puasa. Saling tanya kabar alias silaturahmi virtual, diskusi hal-hal yang berbau Islam, atau saling share konten puasa. Sosmed memang ada manfaatnya, tapi kita juga harus selalu sadar kalau media sosial juga menawarkan banyak hal yang bikin puasa nggak ada pahalanya.

Facebookan [Image Source]
Facebookan [Image Source]
Ada banyak hal di sosmed yang berpotensi bikin puasa batal. Misal, ada postingan bernada sindiran, ada foto-foto atau kronologi yang memicu emosi, atau parahnya nggak sengaja melihat foto-foto seksi. Yang macam begitu susah sekali untuk tak dilihat. Makanya berhati-hati saja, atau kalau mau aman nggak usah main sosmed sampai sebulan ke depan.

2. Bermain Game

Main game adalah salah satu alternatif termudah yang bisa dilakukan saat berpuasa. Asyiknya main game bisa bikin lapar bisa sedikit dilupakan. Tapi, meskipun mengasyikkan dan bermanfaat, tapi di satu sisi game juga malah bisa bikin puasa nggak ada artinya.

Main game [Image Source]
Main game [Image Source]
Game bisa bikin puasa nol pahalanya. Misalnya saja game yang bisa memicu emosi sampai yang menampilkan gambar atau karakter-karakter tertentu. Game sih oke banget pas puasa, tapi pastikan kalau yang dimainkan itu nggak bikin pahala puasa raib.

3. Ngobrol

Yup, hal sesimple ngobrol ternyata berpotensi bikin puasa batal. Memang awalnya mungkin hanya saling bercakap-cakap biasa, tapi lama-kelamaan pasti akan meruncing ke bahasan tertentu. Mulai ngobrolin artis sampai temen sendiri. Kalau inspiratif sih nggak masalah, tapi kebanyakan obrolan yang semacam itu nggak ada isinya.

Bergosip ria [Image Source]
Bergosip ria [Image Source]
Bercengkrama dan bersosialisasi saat puasa itu penting juga, tapi jangan sampai hal tersebut bikin puasa kita nggak ada artinya. Nah, untuk mengatasi hal ini, kita bisa melakukan berbagai cara. Salah satunya ya membawa obrolan ke arah yang positif. Tapi jujur saja hal tersebut kadang memang sangat susah.

4. Internetan

Sambil nungguin buka, main internet adalah yang terbaik. Ya, lewat dunia maya kita bisa melakukan apa pun dan mencari segala hal yang kita ingin kan. Pokoknya segala hal yang bisa membunuh waktu bisa kita dapatkan.

Ilustrasi internetan [Image Source]
Ilustrasi internetan [Image Source]
Internet bisa menyajikan hal-hal yang positif dan membuat nilai pahala makin bertambah-tambah. Baca ulasan tausiah, nonton Youtube kajian para ustadz, atau mencari tahu tempat-tempat bersejarah Islam. Nah, sebaliknya, internet juga bisa membuat puasa ancur-ancuran. Kalau yang satu ini, mungkin kamu sudah cukup tahu apa maksudnya.

5. Nonton Televisi

Meskipun sekarang ini sudah jarang sekali anak-anak muda yang nonton TV, tapi tetep kalau puasa televisi lah sumber hiburan utama. Memang bener banget sih, televisi bisa bikin kita lupa sejenak akan rasa lapar. Tapi, meskipun demikian, nonton televisi pas Ramadhan bukan berarti seratus persen aman, meskipun sudah banyak tayangan yang disaring.

Ilustrasi nonton tv [Image Source]
Ilustrasi nonton tv [Image Source]
Meskipun iklan dan tayangan sudah syariah semua, tapi pasti ada satu dua scene atau gambar yang tidak patut dan lolos sensor. Yang macam begini bisa bikin puasa nol besar. Belum lagi acara-acara komedi live yang seringkali melempar guyonan-guyonan tak patut yang juga bisa bikin puasa nggak ada artinya.

Jangan anggap remeh aktivitas-aktivitas enteng yang menurut kita biasa-biasa. Pasalnya, itu justru berpotensi bikin puasa batal. Main games, sosmed, internet, nonton TV, mungkin hal sepele, tapi kalau kita nggak bisa maintain maka risikonya bikin puasa nol besar.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya 5 Bercandaan Presiden Soekarno yang Lebih Kocak Dari Stand Up Comedy Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri
BERITA TERKAIT
BACA JUGA