Inilah 4 Aksi Hebat Bobotoh yang Harusnya Ditiru Oleh Supporter Lain di Indonesia

Bukan hanya sebagai fans, bobotoh juga sangat peduli pada sesama

oleh Arief Dian
07:00 AM on Jul 28, 2017

Beberapa waktu yang lalu ada sebuah kabar mencengangkan yang terjadi pada dunia sepak bola Indonesia. Pasalnya, seorang bobotoh terpaksa harus meregang nyawa karena jadi amukan salah sasaran temannya sendiri. Kini duka itu harus ditanggung oleh fans bobotoh, mungkin juga dunia sepak bola di Indonesia.

Masih soal bobotoh, terlepas dari kecelakaan yang terjadi itu, supporter Persib Bandung ini telah memberikan banyak jasa bagi dunia sepak bola dan Indonesia. Mulai dari memberikan sumbangan kepada mereka yang membutuhkan hingga mengawal fans tim lain. Tidak percaya? Simak ulasan berikut.

Baca Juga
Bikin Salut! 5 Aktris Cantik Indonesia Ini Nggak Segan-Segan Turun Langsung Jadi Relawan Kegiatan Sosial
Kaya dan Terkemuka, 4 Pasangan Ini Tetapkan Mahar Murah Banget, Ada yang Cuma Rp 70 Ribu Lho

Bobotoh sering melakukan galang dana

Penggemar abadi tim Persib Bandung ini ternyata terkenal dengan aksi-aksi sosialnya. Tidak hanya saat terjadi musibah yang menimpa bobotoh lainnya, fans berat Persib ini juga siap mengorbankan harta dan tenaga jika salah satu daerah di Indonesia dilanda bencana. Salah satunya saat terjadi bencana kabut asap beberapa tahun yang lalu.

Galang dana [image source]
Walikota Bandung Ridwan Kamil bersama bobotoh saling turun ke jalan demi menggalang dana untuk membantu korban bencana yang ada di Sumatera itu. Diketahui dana yang terkumpul dari sumbangan para bobotoh itu sudah lebih dari Rp 200 juta. Mereka membuktikan kalau dirinya bukan hanya fans sepak bola biasa, namun penduduk Indonesia yang peduli sesama.

Bobotoh kawal suporter lain saat berlaga di Bandung

Sepertinya aura sportivitas milik bobotoh benar-benar kental terasa. Pasalnya pendukung setia Persib ini menunjukkan perilaku yang seharusnya dicontoh suporter lain. Bagaimana tidak, atas tandangnya PSM Makassar di Bandung, otomatis supporter setia dari tim tersebut harus ikut datang ke kota kembang.

Bobotoh dan fans PSM [image source]
Uniknya, banyak dari pasukan para bobotoh yang menetap di Bandung ini malah mengawal mereka dan memastikan “tamu” ini aman dan tidak salah jalan. Seolah dianggap tamu terhormat, para bobotoh ini juga siap menyediakan beberapa makanan ataupun minuman jika memang dibutuhkan. Salut dengan aksi para bobotoh yang satu ini.

Tidak hanya di Indonesia, bobotoh juga peduli pada Palestina

Sejak beberapa penyerangan Israel pada Palestina di jalur gaza beberapa waktu yang lalu, sepertinya juga mengetuk hati para bobotoh. Dikemukakan oleh ketua supporter Persib Bandung, kalau mereka mengutuk keras apa yang terjadi di jalur Gaza itu.

Peduli Palestina [image source]
Dan dengan segala cara mereka akan berusaha membantu saudara di Palestina entah itu harus mengalang dana, menyumbangkan baju dan obat-obatan dan lain-lain. Sepertinya hal itu bukan hanya sekedar wacana, pasalnya telah viral sebuah tagar di media sosial untuk mengajak seluruh fans Persib yang ada di seluruh Indonesia agar memberikan sedikit sumbangannya untuk mereka di jalur gaza.

Bobotoh menyerah 25 persen hadiah untuk seorang anak

Akibat ulah beberapa oknum tidak bertanggung jawab menyebabkan seorang bobotoh cilik harus jadi korban tabrak lari. Mendengar hal itu para supporter pun tidak mau tinggal diam. Alhasil mereka memutuskan untuk menyumbangkan 25 persen dari hadiah sebagai supporter terbaik untuk perawatan mulai masuk hingga keluar rumah sakit.

bobotoh [image source]
Ini bukti kalau bobotoh tidak hanya mementingkan bagaimana membuat mereka jadi lebih unggul dari supporter yang lain, namun juga peduli akan keadaan sekitar. Salut dengan aksi para bobotoh yang patut diacungi jempol. Kemudian sisa dari hadiah tersebut akan digunakan untuk keperluan bobotoh sendiri saat sedang berlaga.

Kepedulian dan sportivitas bobotoh ini memang patut diacungi jempol. Tidak hanya sebagai fans, bobotoh menunjukkan bagaimana seharusnya bertindak jika ada yang membutuhkan. Terlepas dari semua itu, semoga insiden salah sasaran yang terjadi beberapa waktu yang lalu tidak terulang kembali.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA