7 Negara yang Punya Aksen Sendiri Dalam Berbahasa Inggris

oleh Tetalogi
07:00 AM on Sep 2, 2015

Bahasa Inggris sudah menjadi bahasa internasional yang digunakan di hampir setiap negara di dunia. Jadi di setiap negara, bahasa Inggris akan diajarkan sebagai pelajaran bahasa asing agar mereka mudah berkomunikasi dengan orang dari negara lain dan agar bisa mendapatkan informasi dengan lebih cepat.

Meskipun sudah diajarkan bahasa Inggris sejak masih anak-anak, beda negara akan memiliki aksen bahasa Inggris yang berbeda pula. Nah, kali ini Boombastis akan mengajakmu mengintip bahasa Inggris dengan aksen yang berbeda-beda.

Baca Juga
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal

1. British

Aksen British digunakan di negara-negara UK atau United Kingdom. Aksen ini terkenal dengan aksennya yang indah dan hampir setiap orang di dunia ini kenal dengan aksen tersebut. Kerennya lagi, banyak orang begitu menyukai aksen ini sehingga tidak heran jika sekali dua kali orang-orang akan meniru mengucapkan beberapa kalimat dalam British English.

Ada kesan anggun ketika kita mendengarkan aksen British. Meskipun di UK sendiri ada banyak aksen yang berbeda-beda, namun tetap saja ada rasa menyenangkan saat kita mendengarkan aksen ini. Kalau kamu ingin memanjakan telinga dengan aksen British, kamu bisa menonton film Harry Potter yang aktor, dan setting filmnya adalah Inggris.

2. Jepang

Orang Jepang memiliki aksen yang berbeda pula saat berbicara dalam bahasa Inggris karena masih terpengaruh dengan bahasa ibu mereka. Selain itu, ada karakter pengucapan yang berbeda dalam bahasa Inggris dan bahasa Jepang yang mencolok. Misalnya, sistem vokal dalam bahasa Inggris yang lebih banyak dari Jepang, sistem konsonan yang berbeda, pengurangan vokal dalam pengucapan bahasa Inggris, akhiran kata, serta penekanan kata.

Video di atas menunjukkan bagaimana orang Jepang asli berbicara dalam bahasa Inggris. Tentu terdengar sangat berbeda dengan bahasa Inggris yang sering kita dengan di film Hollywood, bukan?

3. Singapura

Singlish atau Singaporean English adalah bahasa Inggris yang digunakan di Singapura. Meskipun bahasa Inggris adalah salah satu bahasa resmi Singapura, Singlish sering dianggap sebagai kurang bergengsi karena sudah bercampur antara bahasa Inggris dan Mandarin.

Tidak hanya aksen saja yang berbeda, beberapa kata didalamnya juga sudah bercampur dengan banyak bahasa lain. Beberapa diantaranya berasal dari bahasa Inggris, Melayu, Hokian, Teochew, Kanton, Tamil, India, Sino-Tibetan, serta beberapa elemen slang Amerika dan Australia.

4. India

Bahasa India banyak digunakan sebagai bahasa penghubung di India yang juga terdiri dari begitu banyak bahasa. Jadi, bahasa Inggris di India digunakan sebagai bagian dari para elit di bidang budaya dan politik serta memberikan keuntungan yang signifikan dalam hal ekonomi dan sosial bagi mereka yang mampu berbahasa Inggris dengan lancar.

Meskipun bahasa Inggris sekarang sudah menjadi salah satu dari 22 bahasa resmi India modern, hanya sedikit yang bisa berbicara dalam bahasa Inggris. Nah, dari sebagian yang sedikit ini, kamu akan bisa mengenali aksen khas India saat mereka berbicara dalam bahasa Inggris.

5. Indonesia

Di Indonesia, bahasa Inggris masih menjadi bahasa Internasional karena sudah ada bahasa daerah yang menjadi bahasa ibu dan bahasa Indonesia yang menjadi bahasa nasional atau bahasa kedua. Jadi, bahasa Inggris yang diucapkan orang Indonesia, biasanya masih bercampur dengan ‘ke-medok-an’ bahasa daerah atau bahasa Indonesia.

Dengan ‘medok’ bahasa daerah yang cukup kental, orang Indonesia biasanya juga akan punya kesulitan tersendiri saat mengucapkan kata-kata dalam bahasa Inggris. Terkadang, ada juga nada bicara yang masih muncul saat berbicara dalam bahasa Inggris.

6. Australia

Australia juga menggunakan bahasa Inggris yang cukup berbeda dan digunakan di seluruh wilayah Australia. Meskipun bahasa Inggris tidak memiliki status resmi di konstitusi, Inggris Australia adalah bahasa resmi dan merupakan bahasa pertama bagi mayoritas populasi Australia.

Bahasa Inggris Australia berasal dari Inggris British yang berubah setelah Inggris menemukan koloni New South Wales pada tahun 1788. Bahasa ini juga mulai dikenali sebagai bahasa yang berbeda dari Inggris British pada tahun 1820. Bahasa Inggris Australia berbeda dari bahasa Inggris lainnya dalam hal perbendaharaan kata, aksen, ejaan, pengucapan, tata bahasa, dan ejaan. Hugh Jackman adalah salah satu aktor yang berbicara dalam aksen Inggris Australia.

7. Swedia

Selain Singlish, ada juga yang disebut dengan Swenglish. Swenglish adalah bahasa Inggris yang diucapkan dengan aksen Swedia yang kental atau bahasa Inggris yang diucapkan dan ditulis dengan perbendaharaan kata, tata bahasa dan tata kalimat yang terpengaruh oleh bahasa Swedia.

Yang unik dari bahasa Swedia adalah tekanan kata yang kuat dan melodi pada frasa yang diucapkan. Dua hal ini tentu sangat berbeda dengan bahasa Inggris. Jadi, ketika seseorang berbicara dalam Swenglish, munculah bahasa Inggris yang terkesan berirama atau bermelodi.

Nah, itu tadi beberapa bahasa Inggris dalam beberapa aksen yang berbeda. Aksen mana sih yang paling kamu suka?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA